Home / Peristiwa

Minggu, 22 Agustus 2021 - 10:09 WIB

Kunjungi Klaten, Panglima TNI dan Kapolri Minta 3T Diperketat

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam paparannya saat kunjungan kerja di Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam paparannya saat kunjungan kerja di Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pendataan masyarakat yang terpapar virus Covid-19 dinilai menjadi kunci penanggulangan pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air dalam setahun ini. Karenanya upaya 3T atau testing, tracing, dan treatment perlu dilakukan secara masif.

Hal ini ditegaskan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto yang mengunjungi Kabupaten Klaten bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sabtu (21/8/2021).

Dalam kunjungan yang menjadi rangkaian perjalanan ke sejumlah daerah tersebut, Panglima memaparkan pentingnya 3T, khususnya testing dan tracing yang menjadi basis data penangan pandemi Covid-19 khususnya di daerah.

“Hasil testing dan tracing menjadi base data dalam menentukan level daerah. Maka dari itu, petugas yang menangani harus rajin untuk update data yang terintegrasi secara nasional,” ungkapnya.

Baca juga   Jateng Ekspor Daun Talas Beneng ke Australia

Menurutnya perbedaan data akan berpengaruh dalam upaya penanganan yang diberlakukan di daerah tersebut. Ia juga meminta Pemkab Klaten untuk memperketat upaya testing dan tracing, yaitu dengan melakukan tracing kepada 15 orang yang kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif pada saat testing, demikian seterusnya.

“Jika dari hasi tracing ternyata banyak yang positif, tentu akan mempengaruhi angka di daerah. Namun jangan khawatir, karena jika diketahui lebih cepat akan lebih baik. Pemerintah daerah dapat segera melakukan treatment kepada warga yang terkonfirmasi positif,” paparnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kapolri meminta Pemkab Klaten untuk segera melakukan isolasi kepada masyarakat yang hasil testing-nya positif. Isolasi yang dilakukan harus terpusat sesuai standar yang diberlakukan di daerah tersebut.

Baca juga   Gus Yasin Dorong Keterlibatan Perusahaan dalam Pemberdayaan Santri dan UMKM

“Kalau isolasi mandiri di rumah, mungkin yang bersangkutan tidak merasakan gejala apapun, tapi justru menularkan ke keluarganya. Ini yang harus dihindari, tujuannya isolasi terpusat agar penularannya tidak semakin luas,” kata Kapolri.

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan saat ini relaksasi pembatasan diberikan kepada pemerintah daerah agar menjamin kegiatan ekonomi masih berjalan di daerah. Namun yang perlu diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan upaya 3T secara masif.

“Jika dibatasi secara ketat, dikhawatirkan akan berdampak secara ekonomi masyarakat. Tapi gantinya dengan adanya 3T yang lebih masif dan pengawasan terhadap penerapan prokes,” katanya menjelaskan. (*)

Share :

Baca Juga

Dinas Sosial Kabupaten Temanggung. (Foto:Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Temanggung Data Anak yang Ortunya Meninggal Karena Covid-19
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sangat menyambut baik dengan adanya 6 unit charging station tersebut. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Mal Pelayanan Publik Pemkot Yogya Dilengkapi Charging Station
Vaksinasi yang dilaksanakan di Gerai Presisi Mapolres Magelang, Jumat (13/8/2021) berhasil menyuntikkan vaksin kepada 600 orang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gencar Vaksinasi, Sehari Layani 600 Orang
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur menyatakan jajarannya berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 31 paket narkoba jenis sabu-sabu, dan 40 butir psikotropika jenis dobel L ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tulungagung. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Konangan, Upaya Penyelundupan Narkoba di Lapas Tulungagung Terbongkar
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Kasus Melonjak, Wonosobo Terapkan PPKM Level 3
Gerakan “Kids Take Over” merupakan rangkaian peringatan Hari Anak se dunia yang jatuh pada 20 November. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

50 Anak Jateng “Rebut” Kursi Gubernur, Bupati dan Wali Kota
PLN berhasil memulihkan seluruh sistem kelistrikan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pascagempa bumi tektonik 7,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut. (Foto: Antara)

Peristiwa

PLN Pulihkan Jaringan Listrik di Flores Pascagempa M7,4
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat meninjau PRHSD di kawasan TKA, Dharmasraya, Rabu (12/1/22). Audy Joinaldy mengatakan, Harimau yang kini telah dinamai Puti Maua Agam itu sudah berada di PRHSD untuk di rehabilitasi sebelum dilepaskan kembali. (Foto: MC Prov Sumbar)

Peristiwa

Viral Harimau Tertangkap, Wagub Audy: Harimau Sudah di Pusat Rehabilitasi Dharmasraya