Home / Peristiwa

Sabtu, 19 Februari 2022 - 18:35 WIB

Kunjungi Wadas, Gus Yasin Dengarkan Aspirasi Warga Kontra

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengunjungi Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Sabtu (19/02/2022). Tanpa pengawalan, dia sengaja menyempatkan diri datang ke sana untuk mendengarkan keluhan warga terkait polemik di Wadas. (Foto: Humas Jateng)

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengunjungi Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Sabtu (19/02/2022). Tanpa pengawalan, dia sengaja menyempatkan diri datang ke sana untuk mendengarkan keluhan warga terkait polemik di Wadas. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Purworejo – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengunjungi Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Sabtu (19/02/2022).

Tanpa pengawalan, dia sengaja menyempatkan diri datang ke sana di sela kunjungan kerjanya, untuk mendengarkan keluhan warga terkait polemik di Wadas.

Setibanya di Masjid Nurul Huda Wadas, Gus Yasin, sapaan Wagub, disambut masyarakat dengan lagu Yalal Wathon. Dia juga tampak akrab menyapa anak-anak yang kebetulan diajak orang tuanya ke masjid.

“Saya pribadi menyampaikan prihatin, dengan adanya kejadian seperti kemarin. Alhamdulillah tadi saya lihat anak-anak sudah senang, sudah ceria. Masyarakatnya sudah mulai kembali aktivitasnya,” kata Gus Yasin, di hadapan warga Wadas.

Kepada warga, Wagub mengaku telah mendengarkan unek-unek warga melalui Gus Fuad selaku tokoh masyarakat di Wadas. Dia sudah mendapatkan gambaran mengenai polemik yang terjadi.

Baca juga   Pelaku Kejahatan Seksual Anak Ditangkap Polres Kulon Progo di Gresik, Bocah SD Jadi Korban

Menurut Gus Yasin, akar masalah sejak awal adalah persoalan komunikasi. Bagi dia, apabila komunikasi dibangun secara baik dan transparan sejak awal, maka tidak akan menimbulkan masalah besar.

“Saya lihat tadi komunikasi yang salah, ayo kita perbaiki bersama. Minimal kalau ada masalah, rembugan harus jelas dari awal, saya sampaikan supaya tahu semua. Namanya jual beli, ya harus tahu harganya ‘yang dibeli berapa, kelanjutannya gimana‘, harusnya kan gitu,” terangnya, diamini warga serentak.

Sebelumnya, Gus Fuad menyampaikan kronologi peristiwa dan penolakan sebagian warga terkait penambangan quarry Wadas, untuk pembangunan Bendungan Bener.

Menurutnya, tidak ada transparansi dan sosialisasi sejak awal dari pihak aparatur desa. Hal itu terus berlanjut sampai warga mencari tahu sendiri kejelasan rencana penambangan di Wadas.

“Warga resah, mau nanam juga tidak tenang. Akhirnya para sepuh mengirimkan surat ke kepala desa, tapi tidak ada balasan,” kata Gus Fuad.

Baca juga   Awali Kunker di Jawa Tengah, Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Baledono Purworejo

Dia mempertanyakan mengenai posisi Wadas yang dipakai sebagai situs penambangan. Padahal, secara lokasi, Wadas terpisah dari Bendungan Bener. Dia juga menyoroti soal appraisal pembebasan lahan yang dirasa tidak semestinya.

Hal itu membuat warga menjadi semakin resah. Gus Fuad menyebutkan warga merasa tidak ada keadilan yang seharusnya didapatkan.

“Kenapa kok Wadas ini kok masuk dalam PSN (proyek strategis nasional) sementara tempatnya terpisah yang mau diambil materinya. Artinya bukan lokasi proyek. Kedua, appraisal ini diumumkan setelah kita menyetujui semua. Jadi bukan kesepakatan dulu harganya berapa baru kita setuju, itu bukan. Itu yang tidak berperikeadilan dirasa warga itu itu. Tidak ada transparansi, sosialisasi,” terangnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Tersangka pencuri motor di rumah kos dihadirkan dalam jumpa pers yang digelar Polsek Umbulharjo. Foto: @polresjogja

Peristiwa

Maling Motor di Rumah Kos Diciduk Polisi Saat Hendak Pulang ke Purworejo
Foto: Humas Polda Jateng

Peristiwa

8 Kepala Desa di Demak Ditetapkan sebagai Tersangka Suap Seleksi Kadus dan Sekdes
Kegiatan HUT ke-41 Satpam ISI Surakarta ziarah ke makam pahlawan dan anjangsana menjenguk anggota Satpam ISI Surakarta yang sedang sakit di Papahan kemudian dilanjutkan aksi donor darah. (Foto: Dok. ISI Surakarta)

Peristiwa

Sambut HUT ke-41, Satpam ISI Surakarta Gelar Aksi Sosial
Menhub saat memimpin Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (12/12/2021). (Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Apel Siaga Nataru, Menhub Instruksikan Jaga Kelancaran Arus Penumpang dan Barang
Inovasi e-Kir relevan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. (Foto:Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Uji Kir di Sukoharjo Makin Mudah dengan e-Kir
Di lokasi ini operasi penyekatan dilakukan setiap hari. (Foto:nyatanya.com/Dishub Kulonprogo)

Peristiwa

Penyekatan di Perbatasan Kulon Progo, Puluhan Kendaraan Diminta Putar Balik
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslim menghadiri acara pembukaan bimbingan teknis tata laksana jenazah infeksius Covid-19 di Srimulyo. (Foto:nyatanya.com/Humas Bantul)

Peristiwa

Bimtek Tata Laksana Jenazah Infeksius Covid-19 di Srimulyo
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Antisipasi Kemarau, BPBD Magelang Siapkan 90 Tangki Air Bersih