Home / News

Rabu, 16 Juni 2021 - 21:28 WIB

Kunker ke Wonogiri, Ganjar Pranowo Diwaduli Beban Pasien Luar Provinsi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan ke RSUD Wonogiri. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan ke RSUD Wonogiri. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Wonogiri – Saat kunjungan kerja di Wonogiri, ada hal menarik yang diterima Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Saat meninjau RSUD dr Soediran Mangun Sumarso (SMS), Wonogiri, Rabu (16/6/2021), Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Adhi Dharma mengatakan siap menambah fasilitas kesehatan demi mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Wonogiri. Namun, letak wilayah yang berbatasan dengan dua provinsi, juga menambah beban pada BOR yang ada.

Namun demikian, menurut Adhi Dharma, “Izin bapak menyampaikan, melalui bapak mungkin bisa komunikasi dengan provinsi tetangga, terkait dengan beban rumah sakit juga bapak. Karena ini mempengaruhi beban rumah sakit kita,” kata Adhi Dharma.

Baca juga   Kapolres Magelang AKBP Sajarod Dorong Peningkatan Layanan Masyarakat

“Ini informasi bagus, tapi pokoke angger ke sini sing teka menungsa (asal yang datang manusia) ya dirawat. Aja mbok tekoni KTP-ne ngendi, aja mbok tekoni agamane, pokoke teka dirawat (Jangan ditanya KTP-nya mana, agamanya, pokoknya datang dirawat). Tapi ketika kemudian saya harus komunikasi, ya wis. Kabari saja kalau kemudian bebannya jadi tinggi, aku kabari,” jawab Ganjar.

Ganjar mengatakan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Gubernur Jatim Khofah Indar Parawansa dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, untuk menindaklanjuti laporan yang diterimanya.

“Ternyata di daerah perbatasan ini memang masyarakat akan mencoba mencari yang terdekat. Maka di daerah perbatasan penting untuk dilakukan komunikasi antardaerah,” ujarnya.

Baca juga   BPBD Ajak Masyarakat Waspada Bencana Hidrometeorologi, BMKG: Puncak Hujan hingga Januari 2023

Untuk itu, menurut Ganjar, masing-masing wilayah juga mesti terbuka. Misalnya jumlah pasien dari provinsi lain berapa yang dirawat di Jateng, dan sebaliknya.

“Kerja sama di level rumah sakit juga harus dilakukan. Tak hahya di Wonogiri, namun pemerintah daerah perbatasan juga turut meningkatkan fasilitas kesehatannya. Jadi kalau daerahnya sini zonanya katakan merah dan sebagainya, kita atur betul. Harus bekerja sama di level rumah sakit ya. Mari sama-sama meningkatkan tempat tidur, pelayanan, obat-obatan. Kita siapkan agar kemudian nanti tidak jadi persoalan di perbatasan,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: ANTARA

News

Mahasiswa IPB Korban Penipuan Penjualan Online Dapat Restrukturisasi Pinjaman
Buntut dari protes bupati/wali kota di Jateng, Ganjar Pranowo mengecek langsung data vaksinani ke lapangan. (Foto: Humas Jateng)

News

Sejumlah Bupati/Wali Kota di Jateng Protes Ketersediaan Vaksin
Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, memicu terjadinya luapan Sungai Cisunggalah, Rabu (10/11/2021) yang menyebabkan sebagian permukiman warga terendam banjir. (Foto: BPBD Kabupaten Bandung)

News

Bandung Banjir, Waspada! Hujan Lebat Masih Berpotensi Sampai Besok
Presiden Joko Widodo saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Minta Prosedur Mitigasi Disiapkan untuk Antisipasi Penyebaran Omicron
Polda Jawa Timur mengungkap kasus mafia tanah di tiga desa Kabupaten Sumenep. (Humas Polda Jatim)

News

Polda Jatim Bongkar Kasus Mafia Tanah di Sumenep, 3 Orang Jadi Tersangka
Sekretaris Daerah DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan untuk SD dan PAUD perlu perlakuan yang sangat hati-hati sebab siswa pada kedua jenjang tersebut belum memungkinkan untuk menerima vaksin. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Belum Memungkinkan Terima Vaksin, PTM SD dan PAUD Harus Diwaspadai
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Pemda DIY Realokasi Belanja Rp418,35 M untuk Tangani Covid-19
Ilustrasi, hunian tetap bagi warga korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, siap huni. Foto: Dok.Kementerian PUPR

News

Wapres Minta Korban Erupsi Gunung Semeru Merawat Huntap yang Diterima