Home / Peristiwa

Minggu, 28 November 2021 - 18:00 WIB

Kupas Aksara Nusantara, DKV ISI Surakarta Gelar Sunset Design Talks #04

Diikuti peserta sekitar 70an yang terdiri dari internal mahasiswa ISI  Surakarta, praktisi profesional, dan pegiat tipografi Indonesia, Sunset Design Talks #04 ini juga sebagai sarana bincang kreatif menjelang senja dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 27 November 2021 melalui Zoom meeting. (Foto: Dok DKV ISI Surakarta)

Diikuti peserta sekitar 70an yang terdiri dari internal mahasiswa ISI Surakarta, praktisi profesional, dan pegiat tipografi Indonesia, Sunset Design Talks #04 ini juga sebagai sarana bincang kreatif menjelang senja dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 27 November 2021 melalui Zoom meeting. (Foto: Dok DKV ISI Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Komitmen program studi untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal budaya nusantara terus dilakukan. Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta mengadakan bincang kreatif secara daring bertajuk Sunset Design Talks #04 dengan mengangkat tema Mendesain Aksara Tradisional Nusantara pada Sabtu (27/11/2021).

Dengan pemateri Aditiya Bayu Perdana @by.abay yang  berlatar belakang pedidikan Arsitektur, yang juga mendalami aksara nusantara dan juga seorang perancang huruf  (tipografer). Aditya Bayu Perdana yang saat ini sedang menempuh studi pascasarjana ini memaparkan pengalaman penelitian aksara nusantara yang ditelusur dari sumber lokal dan manca negara yang meliputi naskah naskah kuno keraton hingga perpustakaan di bergai belahan negara manca.

Baca juga   Sudah Lebihi Target, Kuota Vaksin di Surakarta akan Dialihkan ke Soloraya

Kegiatan webinar ini juga membahas mengenai proses alih wahana aksara nusantara yang mulanya dalam bentuk fisik naskah dan serat kuno menjadi bentuk digital yang telah dipublikasikan pada google fonts.

Ipung Kurniawan, selaku moderator yang juga dosen Prodi DKV ISI Surakarta ini menyebut, melalui kegiatan ini diharapkan memberikan wawasan dan memantik semangat mahasiswa dalam mengetahui kembali dan menyelami khasanah aksara nusantara yang sangat berpotensi untuk diteliti lebih dalam.

Diikuti peserta sekitar 70an yang terdiri dari internal mahasiswa ISI  Surakarta, praktisi profesional, dan pegiat tipografi Indonesia, Sunset Design Talks #04 ini juga sebagai sarana bincang kreatif menjelang senja dilaksanakan secara daring melalui Zoom meeting.

Baca juga   Ingin Jadi Andalan Masyarakat, Layanan KRL Jogja-Solo Bakal Dikembangkan

Menurut Asmoro Nurhadi Panindias selaku Kaprodi DKV menjelaskan bahwa sebagai bagian komitmen program studi ntuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal budaya nusantara.

“Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta mengadakan bincang kreatif secara daring secara rutin yang bertajuk Sunset Design Talks #04,” tutur Asmoro Nurhadi Panindias dalam rilis yang diterima nyatanya.com, Minggu (28/11/2021).

(Aja)

Share :

Baca Juga

UGM dan Pemkab Temanggung Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 di halaman Taman Bambu Runcing, Parakan, Temanggung, Sabtu (19/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

UGM dan Pemkab Temanggung Gelar Vaksinasi Massal Covid-19
Bupati Klaten Sri Mulyani menyapa para tukang becak dan memberikan bantuan paket sembako. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

Sapa Tukang Becak, Bupati Klaten Bantu Paket Sembako
Membantu percepatan pencapaian vaksinasi, DPRD Temanggung menggelar vaksinasi serupa pada warga satu minggu sekali, namun bila dibutuhkan akan digelar dua atau tiga hari sekali. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Bantu Percepatan, DPRD Temanggung Gelar Vaksinasi Massal
Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ayo Borong Produk UMKM Jateng di Pameran “Online” Rumah Kriya Asri
KGPAA Paku Alam X dan Prof. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D., Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa usai penandatanganan MoU pengembangan kebudayaan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Kadipaten Pakualaman dan UST Tandatangani Kerjasama Kembangkan Budaya DIY
Kwarda Pramuka Jawa Tengah memperingati Hari Pramuka ke-60 secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kwarda Jateng Peringati Hari Pramuka secara Virtual
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga, dalam sambutannya pada pertemuan kedua Women 20 (W20) Presidensi G20 Indonesia yang mengusung tema "UMKM Milik Perempuan: Kunci Pertumbuhan Inklusif" yang disiarkan secara daring pada Rabu (8/3/2022) bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Sedunia. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Agropolitan TV)

Peristiwa

W20 Indonesia 2022 Perkuat Akses Finansial bagi UMKM Perempuan
Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn yang juga dosen dan Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta menyampaikan materi seputar prospek dan potensi kuliah di Prodi DKV serta jenjang karier kedepannya. (Foto: Dok. ISI Surakarta)

Peristiwa

Kunjungi ISI Surakarta, Ratusan Siswa SMK Sumbangsih Jakarta Peroleh Materi Industri Kreatif