Home / Peristiwa

Minggu, 28 November 2021 - 18:00 WIB

Kupas Aksara Nusantara, DKV ISI Surakarta Gelar Sunset Design Talks #04

Diikuti peserta sekitar 70an yang terdiri dari internal mahasiswa ISI  Surakarta, praktisi profesional, dan pegiat tipografi Indonesia, Sunset Design Talks #04 ini juga sebagai sarana bincang kreatif menjelang senja dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 27 November 2021 melalui Zoom meeting. (Foto: Dok DKV ISI Surakarta)

Diikuti peserta sekitar 70an yang terdiri dari internal mahasiswa ISI Surakarta, praktisi profesional, dan pegiat tipografi Indonesia, Sunset Design Talks #04 ini juga sebagai sarana bincang kreatif menjelang senja dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu, 27 November 2021 melalui Zoom meeting. (Foto: Dok DKV ISI Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Komitmen program studi untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal budaya nusantara terus dilakukan. Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta mengadakan bincang kreatif secara daring bertajuk Sunset Design Talks #04 dengan mengangkat tema Mendesain Aksara Tradisional Nusantara pada Sabtu (27/11/2021).

Dengan pemateri Aditiya Bayu Perdana @by.abay yang  berlatar belakang pedidikan Arsitektur, yang juga mendalami aksara nusantara dan juga seorang perancang huruf  (tipografer). Aditya Bayu Perdana yang saat ini sedang menempuh studi pascasarjana ini memaparkan pengalaman penelitian aksara nusantara yang ditelusur dari sumber lokal dan manca negara yang meliputi naskah naskah kuno keraton hingga perpustakaan di bergai belahan negara manca.

Baca juga   Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta

Kegiatan webinar ini juga membahas mengenai proses alih wahana aksara nusantara yang mulanya dalam bentuk fisik naskah dan serat kuno menjadi bentuk digital yang telah dipublikasikan pada google fonts.

Ipung Kurniawan, selaku moderator yang juga dosen Prodi DKV ISI Surakarta ini menyebut, melalui kegiatan ini diharapkan memberikan wawasan dan memantik semangat mahasiswa dalam mengetahui kembali dan menyelami khasanah aksara nusantara yang sangat berpotensi untuk diteliti lebih dalam.

Diikuti peserta sekitar 70an yang terdiri dari internal mahasiswa ISI  Surakarta, praktisi profesional, dan pegiat tipografi Indonesia, Sunset Design Talks #04 ini juga sebagai sarana bincang kreatif menjelang senja dilaksanakan secara daring melalui Zoom meeting.

Baca juga   Baznas Siapkan Dana Pendidikan Anak Yatim Covid-19

Menurut Asmoro Nurhadi Panindias selaku Kaprodi DKV menjelaskan bahwa sebagai bagian komitmen program studi ntuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal budaya nusantara.

“Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta mengadakan bincang kreatif secara daring secara rutin yang bertajuk Sunset Design Talks #04,” tutur Asmoro Nurhadi Panindias dalam rilis yang diterima nyatanya.com, Minggu (28/11/2021).

(Aja)

Share :

Baca Juga

Bantuan APD dari BPBD Kabupaten Magelang disalurkan melalui perwakilan jajaran Polsek. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Ribuan APD dan Paket Beras
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten menggelar business matching dan promosi hasil produk pertanian unggulan Kabupaten Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Tingkatkan Nilai Produk Pertanian, DPKPP Klaten Gelar Business Matching
Pembudi daya bibit lele memberikan obat jamur di kolam yang terpapar abu vulkanik Merapi. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ribuan Lele Mati Akibat Abu Vulkanik Gunung Merapi
Acara dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Indonesia Bidik Raja Industri Halal". (Foto: Tangkapan Layar Youtube FMB9)

Peristiwa

Indonesia Harus Menjadi Raja Industri Halal Dunia
Pemkab Temanggung kejar target vaksinasi. Sampai kini baru terealisasi 15% dari target vaksinasi sebanyak 554.126 orang. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Dikebut! Vaksinasi di Temanggung Baru 15% dari Target 554.126 orang
Pelatihan gabungan Water Rescue (penyelamatan di air) untuk mengantisipasi jika ada kecelakaan di laut pada musim penghujan di Pantai Sigandu Kabupaten Batang, Senin (15/11/2021). (Foto: MC Kab Batang)

Peristiwa

Antisipasi Fenomena La Nina, BPBD Batang Gelar Latihan Gabungan Water Rescue
Pelaku pertembakauan Temanggung terima vaksin. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jelang Panen, 1.114 Petani dan Pedagang Tembakau Sudah Divaksin
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Kodim 0710/Pekalongan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Serbuan Vaksinasi TNI di Pekalongan, Hari Ini Sasar 1.000 Orang