Home / Peristiwa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 06:28 WIB

Kwarda Jateng Peringati Hari Pramuka secara Virtual

Kwarda Pramuka Jawa Tengah memperingati Hari Pramuka ke-60 secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

Kwarda Pramuka Jawa Tengah memperingati Hari Pramuka ke-60 secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Tengah memperingati Hari Pramuka ke-60 secara virtual, Jumat (13/8/2021) malam dengan mengusung tema Berbakti Tanpa Henti, kegiatan Renungan dan Ulang Janji diikuti seluruh anggota se-Jawa Tengah.

Ketua Kwarda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. Kendati diadakan dengan virtual, namun tidak mengurangi rasa khidmatnya acara.

“Insyaallah, tidak mengurangi hikmahnya, karena masih dalam suasana pandemi Covid. Apalagi sekarang masih PPKM. Tentu semua kegiatan harus benar-benar disiplin protokol kesehatan,” ujar Atikoh.

Menurutnya, dalam kegitan itu, para anggota mengulang janji Pramuka, mengucapkan janji Tri Satya, sebagai wujud komitmen sebagai anggota Pramuka. Janji itu bukan sekadar janji, tetapi mengandung komitmen atas kewajiban kepada Tuhan, negara, masyarakat, serta mengamalkan Dasa Darma Pramuka.

Ditambahkan, janji Pramuka diulang setiap tahun, untuk menguatkan komitmen. Harapannya, janji itu bisa diimplementasikan untuk memajukan gerakan pramuka, baik gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, maupun di kwarda.

Baca juga   Keluarga Garda Terdepan Wujudkan DIY Bebas Stunting

“Semoga dengan janji yang kita ulang ini, menjadikan semangat dan komitmen baru untuk mengabdi dalam kehidupan bakti di gerakan pramuka, serta mengabdi tanpa henti untuk masyarakat dan negara,” ucapnya.

Atikoh berpesan, dalam menghadapi bencana Covid, anggota pramuka harus selalu memberi edukasi dan literasi kepada masyarakat. Termasuk eling lang ngelingke atau saling mengingatkan,  mulai diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Dia juga mengapresiasi banyaknya anggota pramuka yang menjadi relawan untuk pemakaman jenazah, serta ada pula yang berjibaku menangani Covid-19. Atikoh mengingatkan agar mereka tetap memperhatikan kesehatan diri sendiri, serta disiplin prokes.

“Karena gotong royong itulah kita bisa keluar dari bencana ini. Setelah lebih dari setahun, kita semua bisa beradaptasi dengan pandemi,” imbuh isteri Ganjar Pranowo.

Atikoh menilai, anggota pramuka mudah beradaptasi dengan kondisi apapun. Baik di kondisi geografis, kondisi lapangan, tapi juga pada kondisi kedaruratan seperti sekarang. Sehingga, banyak sekali inovasi dan kreativitas yang telah dilakukan.

Baca juga   Namanya Dicatut Akun FB Palsu, Gus Yasin Imbau Masyarakat Hati-hati

Untuk itu, kata dia, tidak ada pilihan lain selain terus berinovasi dan berkreasi, agar anggota pramuka muda bisa tetap bergembira, melakukan kegiatan menarik, menantang, dan menyenangkan. Karena pekerjaan rumah ke depan nanti menjaga kesehatan mental (mental illness). Selain itu juga masalah ekonomi, kesehatan jasmani.

Mental illness untuk anak-anak juga harus kita perhatikan,” lanjutnya.

Dengan kegiatan positif, maka kesehatan mental anak-anak bisa terjaga. Sebab sekarang ini banyak anak yang mengalami kebosanan di rumah selama hampir dua tahun. Mereka tidak bersama teman, pembelajaran tetap jarak jauh, dan lainnya.

“Jadi perlu penguatan dari kita semua yang ada di pramuka, agar adik-adik kesehatan mentalnya terjaga,” jelasnya.

Atikoh kembali mengingatkan anggota pramuka, untuk menjadi duta perubahan perilaku. Sehingga diharapkan bisa menjadi contoh mengubah perilaku masyarakat luas, untuk hidup lebih sehat, disiplin, dan bisa membantu tetangga (Jogo Tonggo), dan bermanfaat untuk masyarakat banyak. (*)

Share :

Baca Juga

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanam tanaman hias pucuk merah bersama pengurus Rotary Club Solo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Ajak Masyarakat Hijaukan Solo
Rumah Pembinaan Carolus Borromeus (RPCB) Syantikara. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Suster CB Peduli, Syantikara Jadi Shelter Isolasi Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19 bagi ibu hamil. (Foto:dokumentasi/humas kab bantul)

Peristiwa

1.100 Ibu Hamil Jadi Sasaran Vaksin Pemkot Yogya
Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021). (Foto:Diskominfo Kab.Temanggung)

Peristiwa

PMI dan Relawan Gedor Lakon Jaring Pendonor Plasma Konvalesen
Direktur PT Ndayu Alam Asri Sragen, Untung Wibowo Sukowati menyerahkan unit mobil bantuan operasional Satgas Covid-19 kepada Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Pemkab Sragen Terima Bantuan Mobil Operasional Satgas Covid-19
Sekda Jateng, Prasetyo Aribowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemprov Jateng)

Peristiwa

Pemprov Jateng Segera Turun Tangan Bantu Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener
Bupati Klaten, Sri Mulyani bersama Forkopimda dan sejumlah kepala OPD melakukan pengecekan ke GOR Gelarsena. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

GOR Gelarsena Klaten Siapkan 101 Bilik untuk OTG Laki-Laki
Satpol PP Kota Yogya bagikan bantuan beras kepada PKL di Wirobrajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Aksi Humanis Satpol PP, Berikan Bantuan Beras untuk PKL Wirobrajan