Home / News

Kamis, 2 September 2021 - 22:50 WIB

Lampaui Target 50 Persen, Kulonprogo Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris daerah Drs Jazil Ambar Was'an beserta jajaran melakukan peninjaunan vaksinasi Covid-19. (Foto: Humas Kulonprogo)

Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris daerah Drs Jazil Ambar Was'an beserta jajaran melakukan peninjaunan vaksinasi Covid-19. (Foto: Humas Kulonprogo)

NYATANYA.COM, Kulonprogo – Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian bagi masyarakat, tenaga kesehatan, dan relawan vaksinasi, Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris daerah Drs Jazil Ambar Was’an beserta jajaran melakukan peninjaunan vaksinasi Covid-19 di Kapanewon Nanggulan, Girimulyo dan Kalibawang, Rabu (1/8/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo telah melampaui capaian angka persentase yang ditargetkan pada akhir Agustus yakni sebesar 50 persen. Hal tersebut karena antusiasme seluruh warga masyarakat Kulonprogo untuk mengikuti kegiatan vaksinasi baik yang diselenggarakan di Rumah Sakit, Puskesmas, maupun kegiatan vaksinasi masal di kantor pemerintahan.

Baca juga   Kodim 0734/Kota Yogyakarta Gelar Vaksinasi untuk Pelajar di SMK N 3

Bupati Sutedjo menjelaskan pada akhir Agustus kemarin, capaian vaksinnya 53,49 persen untuk dosis pertama dan dosis ke dua telah mencapai angka sebesar 12,4 persen. Diharapkan September target menajdi 75%, dan Oktober 100%.

“Angka persentase tersebut bukanlah angka dari jumlah penduduk secara total melainkan angka dari penduduk sebagai sasaran vaksin,” ujarnya.

Jumlah warga Kulonprogo jika di total adalah sebanyak 440 ribu jiwa, namun untuk jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 masyarakat Kulon Progo adalah sebanyak 342 ribu jiwa. Angka tersebut diakumulasikan dengan menyisihkan warga Kulonprogo yang masih berumur dibawah 12 tahun karena anak dibawah umur 12 tahun sistem kekebalan tubuhnya belum mengalami kematangan yang sempurna untuk menerima dosis vaksin Covid-19.

Baca juga   BEM Surabaya Nyatakan Tak Ikut Aksi Demonstrasi 11 April 2022

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo juga ikuti oleh siswa/i pelajar dari SD,SMP, hingga SMA/K. vaksinasi bagi pelajar Kulon Progo juga digencarkan sebagai langkah persiapan menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mengingat perkembangan PPKM yang semakin baik, kasus harian yang mulai menurun, persentase Bed Occupancy Rate (BOR) yang rendah, angka kesembuhan yang semakin tinggi, berkurangnya angka kematian, dan vaksinasi yang terus digenjot, sehingga herd imunity di Kulonprogo pun terus tumbuh. (*)

Share :

Baca Juga

Menko PMK Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa pemerintah belum membahas terkait aturan mudik lebaran pada 2022. Menko Muhadjir meminta masyarakat berjaga-jaga untuk segera melengkapi vaksin hingga dosis kedua bahkan booster. (Foto: Kemenko PMK)

News

Menko PMK: Belum Ada Pembahasan Aturan Mudik Lebaran
Seorang Suster mengucapkan selamat Idulfitri kepada salah satu warga muslim, usai Salat Idulfitri di halaman Gereja Kayutangan, Malang. (Foto: MC Kota Malang)

News

Rawat Toleransi dalam Kebhinekaan, Gereja Katolik Kayutangan Jadi Tempat Salat Idulfitri
Puan Maharani hingga sekarang tetap berkomitmen berpihak pada buruh. (Foto: Istimewa)

News

Peringati Hari Buruh, Keberpihakan Puan Pada Buruh Tak Pernah Luntur
Pemerintah memutuskan mengisolasi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran hingga tujuh hari ke depan. (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

News

Petugas Terinfeksi Omicron, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Diisolasi 7 Hari
Warga melakukan donor darah mandiri di UDD PMI Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

News

Masa Pandemi, Stok Kantong Darah PMI Magelang Masih Aman
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan Layar BPMI Setpres)

News

Presiden: Indonesia Berhasil Redam Penyebaran Covid-19
(Ilustrasi: nyatanya.com/istimewa)

News

Kasus Corona Melonjak, Pemda DIY Tambah Pasokan Oksigen
Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT

News

Mendes PDTT Minta Evaluasi Kondisi Gedung Kemendes PDTT yang Terbakar