Home / Peristiwa

Sabtu, 17 Juli 2021 - 13:16 WIB

Langgar Perda Miras, 10 Orang Didenda Rp3 Juta

Para pelanggar Perda Miras saat diajukan ke persidangan.(Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

Para pelanggar Perda Miras saat diajukan ke persidangan.(Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Pengadilan Negeri Wonosobo menjatuhkan vonis hukuman denda sebesar 3 Juta Rupiah kepada 10 orang tersangka pelanggar peraturan daerah (Perda) tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol, Jumat (9/7) lalu. Sepuluh tersangka tersebut, dikenakan pasal 7 ayat 2 Jo Pasal 13, setelah terjaring Operasi Penegakan perda dan Protokol Kesehatan yang digelar Tim Gabungan Satpol PP beserta TNI-Polri pada 17 Juni 2021 lalu.

“Mereka kita amankan pada saat mengonsumsi minuman beralkohol di salah satu tempat hiburan di Wonosobo, sekitar pukul 23.00 WIB”, terang Kasatpol PP Haryono melalui Kepala Bidang Penegakan Perda, Sunarso, saat ditemui di Dinas Kominfo, Senin (12/7/2021).

Baca juga   Sungai Batang Hari Leko Meluap, 390 Rumah di Musi Banyuasin Terendam Banjir

Sesuai dengan Perda Nomor 21 Tahun 2008, Sunarso menyebut pelanggaran bagi pengguna, pengedar, penjual minuman beralkohol memang ada sanksi yang berbeda, dan khusus terhadap pelanggaran karena mengonsumsi miras, vonisnya berupa denda uang sebesar Rp 300.000,- per orang.

“Khusus untuk para tersangka ini, kami mengamankan mereka saat berada di salah satu tempat hiburan dan di dalamnya kami temukan pula beberapa botol minuman beralkohol sehingga sudah bisa dikategorikan pada pelanggaran perda”, ungkap Sunarso.

Kepada para tersangka yang rata-rata masih berusia sekitar 20 sampai 30 tahun itu, Sunarso menyebut petugas kemudian menekankan bahwa pelanggaran yang telah dilakukan berkonsekuensi hukum, yaitu harus diajukan ke persidangan untuk mendapatkan putusan jenis hukuman yang harus diterima.

Baca juga   Viral Video Jaksa di Sumsel Joget dan Nyawer, Kejagung Turun Tangan

“Dalam masa PPKM darurat ini, kami mengimbau agar seluruh masyarakat lebih mengutamakan untuk menjaga kesehatan, sehingga kasus seperti ini tidak lagi terulang, karena selain berpotensi merugikan diri sendiri karena harus berurusan dengan aparat, juga berisiko tinggi terhadap paparan virus korona yang saat ini sangat cepat menular”, tegas Sunarso.(*)

Share :

Baca Juga

Sosialisasi penyusunan proposal PPK Ormawa di ruang rapat Gedung Jurusan Desain, lantai II, Kampus Mojosongo, Kamis (7/4/2022). Foto: Dok.HIMA DKV ISI Surakarta

Peristiwa

HIMA DKV ISI Surakarta Sosialisasi Penyusunan Proposal PPK Ormawa 2022
Ganjar Pranowo melihat langsung KRI dr Soeharso sandar di Semarang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Jateng Dapat Pasokan Oksigen dari KRI dr Soeharso
Pasar Sore Ramadan 2022 digelar mulai 2 – 24 April 2024 di Jalan Kemasan, Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Belanja di Pasar Sore Ramadan Kelurahan Purbayan, Bayar Pakai QRIS
Belasan bendera merah putih dikibarkan di kawasan objek wisata lereng merapi New Selo, Desa Lencoh Kecamatan Selo, Senin (1/8/2022). Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali

Peristiwa

Jelang HUT RI, Belasan Bendera Merah Putih Berkibar di Lereng Merapi
Vaksinasi hewan ternak digelar di Desa Karangturi, Gantiwarno, Senin (7/3/2022). Dalam pelaksanaannya, sebanyak 300 ekor domba/kambing milik peternak divaksin antraks. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Antisipasi Antraks, Hewan Ternak di Perbatasan Klaten Divaksin
Wagub DIY KGPAA Paku Alam X dengan didampingi Kadinkes DIY drg. Pembajun Setyaningastutie meninjau kick off booster vaksinasi, Kamis (13/1/2022) di JEC, Bantul. Secara serentak, kick off ini juga diikuti oleh kabupaten/kota di seluruh DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sebanyak 472.800 Lansia DIY Ditargetkan Mendapat Booster Vaksinasi Covid -19
BPBD setempat terus melakukan upaya-upaya penanganan kebencanaan banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Pekalongan sejak Kamis (20/1/2022) dini hari. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Ratusan Warga Mengungsi, Sejumlah Wilayah di Kota Pekalongan Direndam Banjir
Sri Sultan saat meresmikan Balai Budaya Panggungharjo, Bantul pada Senin 20 September 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Dibiayai Danais, Balai Budaya Panggungharjo Diresmikan Sri Sultan