Home / News

Kamis, 1 Desember 2022 - 13:50 WIB

Lansia di Kota Yogya Mulai Dapat Vaksin Booster Kedua, Syaratnya Gampang lho

Akumulatif capaian vaksinasi booster di DIY baru sekitar 43 persen. Vaksinasi booster tinggi di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Foto: Humas Pemkot Yogya

Akumulatif capaian vaksinasi booster di DIY baru sekitar 43 persen. Vaksinasi booster tinggi di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Terhitung di bulan November tahun 2022, jumlah vaksinasi Covid-19 dosis booster pertama di Kota Yogyakarta sudah mencapai 120 persen dari sekitar 400 ribu jumlah penduduk.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, capaian vaksinasi Covid-19 dosis booster pertama dihitung tanpa membedakan status kependudukan.

Karena ada sekitar 80 ribu penduduk yang ber-KTP luar Kota Yogya, mengakses layanan vaksinasi di puskesmas wilayah Kota Yogya.

“Kota Yogya kan punya sekitar 40 ribuan penduduk, artinya 120 persen capaian vaksinasi booster pertama itu ditambah sekitar 80 ribu orang yang mendapat vaksinasi tapi bukan ber-KTP kota. Sampai sekarang, ketersediaan vaksin booster pertama masih ada di setiap puskesmas wilayah,” jelasnya sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya, Kamis (1/12/2022).

Sementara berkaitan dengan vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua, menurut keterangan Emma, Kota Yogya diperkirakan segera akan memulainya pada pertengahan Desember.

Baca juga   Interval Waktu Vaksin Booster untuk Lansia Dipercepat, Jadi 3 Bulan Setelah Vaksin Kedua

Dengan sasaran utama para lanjut usia atau lansia yang telah memenuhi syarat untuk mendapat vaksinasi booster kedua. 

“Untuk saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, untuk mendata jumlah lansia di 14 Kemantren yang sudah memenuhi syarat mendapatkan vaksinasi booster kedua. Jadi vaksin yang didistribusikan dari pusat itu jumlahnya jelas, supaya tidak ada vaksin yang terbuang, karena masa simpannya itu ada batas waktunya,” tambahnya.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Kedua bagi Kelompok Lanjut Usia, disebutkan vaksinasi tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan, bahkan kematian akibat Covid-19.

Syarat vaksin Covid-19 booster dosis kedua bagi lansia antara lain, sudah mendapat vaksin Covid-19 booster dosis pertama minimal 6 bulan sebelumnya, berusia di atas 60 tahun, dan dalam kondisi sehat.

Baca juga   Penerimaan PBB Kota Yogyakarta Tahun 2022 Lampaui Target, Jumlahnya Fantastis

Emma juga menambahkan, sembari mendata lansia Kota Yogya yang memenuhi syarat untuk mendapat vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan setiap puskesmas di Kemantren untuk menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) yang nantinya akan melayani vaksinasi.

“Tenaga kesehatan di setiap puskesmas juga kami siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik, kemungkinan pertengahan Desember nanti akan dimulai dan pelaksanaannya secara massal. Jadi dalam satu hari kurang lebih bisa melayani seribu orang,” ujarnya.

Selain vaksin, Emma juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap taat menjalankan protokol kesehatan selama beraktivitas.

Terlebih menjelang libur akhir tahun, di mana Kota Yogya akan dibanjiri oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Kami siapkan warga Kota Yogya itu sudah vaksin booster pertama. Meski kasus Covid-19 di Kota Yogya cenderung menurun, gejalanya juga ringan, tapi taat protokol kesehatan itu nomor satu,” tegasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Heroe Poerwadi saat peringatan hari zakat nasional di Masjid Pangeran Diponegoro Balai Kota Yogyakarta, Sabtu (30/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Wawali Yogya Dorong Pemberdayaan Zakat untuk Entaskan Kemiskinan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:nyatanya.com/YouTube Kemenag RI)

News

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 H, 20 Juli 2021
Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021), diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB. (Foto: Dokumentasi/MC Diskominfo Prov Jatim)

News

PVMBG Jelaskan Kronologis Erupsi Gunung Semeru
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Humas Kementerian BUMN)

News

Siap-siap! Dua Tahun Kedepan Jumlah BUMN Bakal Dikurangi Lagi
Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu menyatakan, Indonesia direncanakan akan menerima sebanyak 10 juta dosis vaksin jadi Covid-19 merek Covovax. (Foto: Amiriyandi/ InfoPublik).

News

Izin EUA Keluar, Indonesia Direncanakan Terima 10 Juta Vaksin Covovax
Ilustrasi: nyatanya.com

News

204 Warga Magelang Sembuh dari Covid-19
Foto: Kemenkes

News

Banyak Dikeluhkan Masyarakat, Kemenkes Sederhanakan Exit Test PCR
Ilustrasi kedatangan vaksin. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/InfoPublik)

News

Besok, Pasokan Vaksin Covid-19 Sebanyak 4.677.430 Dosis Tiba di Tanah Air