Home / Plus

Senin, 2 Mei 2022 - 09:00 WIB

Lawan Disentri dengan Kemangi, Begini Resep dan Caranya

Daun kemangi punya aroma khas dan berkhasiat. (Foto: Istimewa)

Daun kemangi punya aroma khas dan berkhasiat. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM – Tanaman kemangi mempunyai beberapa ciri khas, terutama bagian daun-daunnya diyakini memiliki khasiat kesehatan.

Daun tanaman ini mampu menebarkan aroma cukup khas. Pemanfaatannya antara lain  sebagai lalapan suatu masakan seperti lele, nila dan gurami goreng.

Selain itu juga dapat dicampurkan saat membuat trancam, gudangan, karedok, pecel dan beberapa jenis masakan lain.

Sedangkan manfaat atau khasiat daun kemangi, antara lain dapat menghindarkan maupun  mempercepat sembuhnya serangan sariawan. Tak ketinggalan, dapat membantu melawan disentri, panas dalam dan perut terasa mual-mual.

Cara sederhana pemanfaatannya selain dijadikan lalapan, bisa juga diproses menjadi suatu ramuan alami. Jika dibuat ramuan alami, misalnya membutuhkan sekitar 50 helai daun kemangi dicuci bersih lalu dikunyah sampai halus selama kisaran tiga menit.

Selanjutnya ditelan dan segera minum air hangat. Cara seperti ini dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari. Lain halnya jika digunakan sebagai musuh bau badan/keringat antara lain bisa diperoleh cukup dengan rutin membiasakan mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan.

Baca juga   Modal Rp1 Juta, Pemuda Desa Keling Bangun TPS Modern

Cara pemanfaatan lainnya, yaitu cukup menggunakan satu sendok makan daun kemangi yang sudah dikeringkan. Bahan ini cukup diseduh dengan setengah cangkir air panas lalu diminum saat keadaan masih hangat.

Sebelum diminum bisa juga ditambah madu asli sebagai pemanis. Bahkan dapat juga ditambah perasan jeruk nipis atau lemon. Cara ini pun tak jauh beda ketika membuat minuman teh tubruk maupun lemon tea.

Adapun jenis bahan alami yang biasa dijadikan lalapan serta memiliki manfaat atau khasiat kesehatan, misalnya mentimun. Bahan alami ini  antara lain bisa dijadikan sebagai musuh tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca juga   Makna dan Simbol Tradisi Lebaran Ketupat dalam Masyarakat Jawa

Selain dengan rutin mengkonsumsi mentimun, bisa juga dengan memarut mentimun lalu diperas airnya dan diminum dua sampai tiga kali dalam sehari.

Ketika terserang sariawan, diusahakan setiap hari makan buah mentimun dan dilakukan secara rutin agar bisa lekas sembuh.

Sebagai pembersih organ ginjal, bisa menerapkan resep yaitu cukup memarut mentimun dan airnya diperas.

Hasilnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun. Dengan resep alami ini diharapkan mampu mendukung kesehatan ginjal secara alami.

Ada lagi tomat yang dipercaya bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu tomat juga diyakini kaya kandungan vitamin C dan A, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh, tanpa perlu menggunakan produk suplemen yang menggunakan bahan kimia. (*)

Share :

Baca Juga

Event pergelaran busana tahunan AIRA Fashion On The Spot (AFOTS) akan digelar di Jogja City Mall Yogyakarta, 17-20 November 2022. Foto: Ist

Plus

AIRA Fashion on The Spot Digelar di JCM, 17 – 20 November 2022
Foto: Kominfo Rembang

Plus

Tembakau Rembang Raih 2 Penghargaan di Soropadan Agro Festival
Miftahudin Nur Ihsan dan batik bertema Covid-19 produksinya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Miftahudin Ciptakan Batik Bertema Vaksin Covid-19
Kafilah atau kontingen Kota Yogyakarta mewakili DIY di MTQ Nasional ke-29 pada 10 hingga 19 Oktober 2022 mendatang di Kalimantan Selatan (Kalsel). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kota Yogyakarta Wakili DIY di Ajang MTQ Nasional ke-29 di Kalsel
Berada di Kampung Wisata Batik Kauman, Ganjar seakan melihat kembali kejayaan kerajinan dan industri batik di Solo. Foto: Humas Jateng

Plus

Lihat Kejayaan Batik di Solo, Ganjar Dorong Pengembangan Kampung Wisata Batik Kauman
Tom Liwafa. (Foto: Instagram @tomliwafa)

Plus

Tom Liwafa, Crazy Rich Surabaya yang Berniat Rawat Anak Vanessa Angel Sampai Sukses
Co founder Komunikotavisual, Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds yang juga dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta saat memberikan materi seputar branding dan packaging. Foto: Ist

Plus

Dosen DKV ISI Surakarta Dampingi UMKM Program Smeska Beri Materi Seputar Branding dan Packaging
Kegiatan PKM yang diselenggarakan UGM di Desa Pakunden, Ngluwar, Magelang. Dok.UGM/Tasya Sekaranti Anjani

Plus

Perkuat Ketahanan Masyarakat, UGM Laksanakan Program PKM di Ngluwar Magelang