Home / Olga

Jumat, 22 Oktober 2021 - 22:58 WIB

Lestarikan Olahraga Tradisional, Potradnas 2021 Resmi Dibuka

Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021 resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Jumat (22/10/2021) pagi, di Pantai Wisata Tanjung Pendam Kabupaten Belitung. (Foto:(Foto:dok/deputi3/kemenpora.go.id)

Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021 resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Jumat (22/10/2021) pagi, di Pantai Wisata Tanjung Pendam Kabupaten Belitung. (Foto:(Foto:dok/deputi3/kemenpora.go.id)

NYATANYA.COM, Belitung – Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021 resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Jumat (22/10/2021) pagi, di Pantai Wisata Tanjung Pendam Kabupaten Belitung.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan lesung oleh jajaran pemerintah daerah dan Kemenpora. Dengan mengusung tema “Lestarikan Olahraga Tradisional untuk Indonesia Sehat dan Bugar”, acara pembukaan dimulai dengan parade devile atlet yang bertanding.

Jumlah peserta yaitu 374 orang dari 21 kontingen yang terdiri dari 18 provinsi dan 3 kabupaten/kota. Potradnas 2021 akan dilaksanakan hingga 24 Oktober dengan mempertandingkan 5 cabang olahraga tradisional yaitu egrang, ketapel, lari balok, panahan, dan sumpitan di Stadion Pangkal Lalang.

Baca juga   Leani Ratri dan 'Ritual' Bendera Merah Putih yang Selalu Dibawanya

Potradnas menurut Deputi Bidang pembudayaan Olahraga Raden Isnanta harus membawa kegembiraan. Karena bergembira adalah bagian dari pembudayaan olahraga.

“Mari kita canangkan pada momentum ini semboyan 3-B untuk melawan Covid-19, yaitu Bergerak-Bergembira-Berjemur. Saya ingin masyarakat Belitung untuk melestarikan olahraga tradisional dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga karena telah melirik dan memberikan kesempatan kepada Kabupaten Belitung untuk melaksanakan Potradnas VIII Tahun 2021.

“Saat ini olahraga tradisional tergeser dan mulai tergerus oleh olahraga terbarukan. Keberadaan kita disini saat ini adalah untuk melestarikan olahraga tradisional tersebut”, ucapnya.

Baca juga   Juara Grup M, Gregoria Tantang Ratchanok Intanon di 16 Besar

Sekda Belitung, Hendra Caya dalam laporanya menyampaikan bahwa trofi dan medali akan diberikan untuk kontingen peringkat 1-4 pada masing-masing cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan untuk juara umum diberikan 1 tropi juara umum.

Sementara Bupati Belitung, Sahani Soleh dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga Negeri Laskar Pelangi dipercaya menjadi tuan rumah Potradnas di masa pandemi Covid-19.

“Ini untuk membangkitkan kembali kunjungan wisatawan ke Belitung. Olahraga Tradisional mengandung nilai filosofis, hak cipta nenek moyang kita yang harus kita lestarikan”, tambahnya. (*)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. (Foto:Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden/kemenpora.go.id)

Olga

Sumbang 3 Medali di Paralimpiade, Presiden Jokowi: Tak Ada yang Bisa Hentikan Leani Ratri Oktila
Atlet 110 Meter Gawang Putra 304 RIO MAHOLTRA (BIRU) asal Sumatera Selatan berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 14.11 mengungguli Hirzan Rahmadon (14.33) diposisi 2. 304 RIO MAHOLTRA (BIRU) berhasil meraih medali emas di lari 110 meter gawang putra. Timika. (Foto: Humas PPM/ Fernando Rahawarin)

Olga

Rio Maholtra Pecahkan Rekor Lari Gawang 110 Meter
Sudartatik persembahkan medali emas untuk DIY. (Foto Eko Budiono/InfoPublik)

Olga

Tiga Tahun Latihan, Sudartatik Sumbang Emas Peparnas untuk DIY
Atlet paralimpik Kabupaten Semarang dilepas untuk mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua 2021. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Olga

Atlet Paralimpik Semarang Optimis Raih Medali Emas Peparnas Papua
Kepulangan atlet paragames yang dijemput langsung Menpora Amali ini mendapat sorotan dari masyarakat terutama warganet di media sosial. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Sambut Leani Ratri Oktila Dkk, Tagar #MenporaSambutPahlawan Trending Topik
Pebalap Orelac Racing Verd Natura Raffaele De Rosa (tengah) bersama pebalap Ten Kate Racing Yamaha Dominique Aegerter (kiri) dan pebalap VFT Racing Federico Caricasulo (kanan) melakukan selebrasi kemenangan di atas podium balap World Super Sport (WSSP) di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (20/11/2021). Raffaele De Rosa (Orelac Racing Verdnatura) berhasil memimpin jalannya race pertama WSSP Mandalika 2021 disusul posisi kedua pebalap Dominique Aegerter (Ten Kate Racing Yamaha) dan di posisi ketiga pebalap Federico Caricasulo (VFT Racing). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc/) - Sumber: InfoPublik.id

Olga

Foto Pemenang Race Pertama WSSP Mandalika

Olga

Siapkan 36 Medali Emas, Hari Ini 12 Cabor Laga Final
Gambar desain penataan Lapangan Karang Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Rampung Desember 2021, Lapangan Karang Kotagede Jadi Stadion Mini