Home / Panggung

Rabu, 5 Januari 2022 - 16:26 WIB

Lewat ‘Musik Tanpa Batas’, iKonser Jaring Musisi Baru Menuju iKonser Fest

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Perkembangan teknologi digital yang melaju cepat dalam satu dekade terakhir tak pelak juga berpengaruh besar terhadap industri musik di seluruh dunia, tidak terkecuali di negeri kita.

Lewat berbagai platform musik digital, para musisi semakin mudah untuk memasarkan karyanya secara luas. Digitalisasi teknologi ini pun menjadi sumbu yang memicu munculnya musisi-musisi baru yang tidak terbilang jumlahnya.

Menyambut gairah perkembangan industri musik digital yang tak terelakkan itu, iKonser sebagai media hiburan yang menayangkan konser musik dan hal yang terkait, turut berkontribusi secara nyata dalam perkembangan tersebut.

iKonser selain mempunyai channel televisi kabel juga mengkreasi platform digital berupa aplikasi iKonser untuk menjangkau khalayak pencinta musik yang lebih luas, khususnya generasi millenial yang hidup di dunia digital, terutama untuk semakin memudahkan mereka mengakses konten-konten baru seputar konser
musik.

Salah satu konten musik yang sukses dikreasi oleh iKonser adalah ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Festival 2021’, sebuah aktivasi pencarian bakat-bakat baru di Kalimantan untuk tampil panggung besar Prambanan Jazz Festival.

Program ini faktanya bisa menjadi jembatan penghubung bagi musisi-musisi yang selama ini masih minim publikasi. Lewat platform digital yang dimiliki iKonser, mereka bisa menunjukkan karyanya kepada khalayak yang lebih luas.

Musik Tanpa Batas; Ajang Pencarian Musisi Baru dan Rekam Skena di Jateng dan DIY

Terkini, iKonser menginisiasi ajang pencarian bakat-bakat baru di dunia musik yang aktivasinya meliputi pencarian bakat dan pendokumentasian skena musik dengan pendekatan dokumenter dari Wilayah Jateng dan DIY.

Aktivasi bertajuk “Musik Tanpa Batas: Ajang Pencarian Musisi Baru dan pendokumentasian skena musik dari Jateng dan DIY ini diselenggarakan atas kerjasama antara iKonser, Metranet, dan Telkom Regional 4 yang meliputi wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketiga pihak tersebut secara bersama-sama telah bertekad untuk ikut terlibat secara langsung dalam perkembangan musik di tanah air.

Baca juga   Ini Dia Pemenang Festival Film Antikorupsi 2021, Siapa Tau Kamu Salah Satunya

Adapun tahapan-tahapan aktivasi pencarian bakat musisi baru tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tahap pertama, band/musisi melakukan registrasi sebagai peserta aktivasi ‘Musik Tanpa Batas; Ajang Pencarian Musisi Baru dan Rekam Skena’ di Wilayah Jateng dan DIY melalui website www.ikonser.id dengan cara mengumpulkan data administrasi beserta 2 (dua) karya video live session dan 1 (satu) video greeting dan profile band/musisi pendaftar.
  • Tahap kedua, semua video peserta yang lolos seleksi administrasi akan diunggah ke kanal Youtube iKonser oleh tim iKonser Channel secara bertahap. Dari video-video yang telah diunggah tersebut akan diseleksi untuk mencari 20 band/musisi yang akan lolos untuk tahap selanjutnya. Penilaian pada tahap ini adalah berdasarkan viewers YouTube dan penilaian juri independen yang terdiri dari individu-individu yang qualified di bidang musik (15 band/musisi akan ditentukan berdasarkan viewers YouTube, dan 5 band/musisi berdasar penilaian juri).
  • Tahap ketiga, 20 (dua puluh) band/musisi yang terpilih pada seleksi babak kedua akan ditayangkan di ikonser channel useeTV Ch. 459 SD/959 HD dengan jadwal tayang yang telah ditentukan. Dari tayangan di channel televisi iKonser tersebut, kemudian akan diseleksi dan dipilih 10 besar band/musisi yang akan ikut pada babak grand final. Penilaian pada babak ini adalah berdasarkan viewers tertinggi di channel televisi iKonser dan voting tertinggi pada
    aplikasi iKonser yang saat ini dapat di download di Playstore.
  • Tahap keempat: 10 band/musisi yang berhasil lolos sampai Grand Final 10 akan tampil secara offline untuk menentukan empat pemenang yang akan ditentukan langsung oleh beberapa juri yang qualified di bidang musik. Komposisi juri tersebut terdiri dari musisi dan pihak iKonser sebagai penyelenggara.
  • Tahap kelima, pemenang utama akan mendapatkan sejumlah uang tunai dan berkesempatan menjadi salah satu guest star pada Jogjarockarta 2022 atau Prambanan Jazz 2022 (sesuai dengan genre) dan bersama dengan 3 pemenang lainnya akan tampil pada panggung yang sama dengan musisi nasional pada iKonser Fest 2022 yang rencana nya akan diadakan pada Sabtu, 26 Maret 2022 secara offline dan akan disiarkan langsung di iKonser Channel, applikasi iKonser, dan juga akan mendapatkan hadiah uang tunai.
Baca juga   Dicecar 35 Pertanyaan Selama 8 Jam, Rachel Vennya Terancam 1 Tahun Penjara

Musik Tanpa Batas; Rekam Skena di Jateng dan DIY

Selain itu pada kesempatan ini diadakan juga “Rekam Skena” yaitu program untuk para scenester yang memiliki minat untuk belajar membuat dokumenter musik di kotanya sendiri.

Diharapkan “Rekam Skena” dapat menjadi sarana para pengiat musik yang memiliki minat pada pendokumentasian musik, yang nantinya juga dapat turut berkontribusi pada aktivasi pengarsipan pergerakan musik Indonesia yang masih minim. Dokumenter “Rekam Skena” akan berdurasi 15 – 20 menit.

  • Tahap pertama, via submit email ke registrasiikonser@gmail.com dengan mengumpulkan data administrasi, 1 ide dan konsep dalam format teks (PDF)
  • Tahap kedua, semua peserta yang lolos seleksi administrasi akan mempresentasikan ide dan konsepnya yang akan diseleksi oleh juri.
  • Tahap ketiga, pendampingan proses produksi oleh tim fasilitator sampai ada hasil video teaser yang akan diunggah di kanal YouTube iKonser.
  • Tahap keempat , peserta akan diberikan sesi screening dan diskusi offline bersama para juri dan fasilitator.
  • Tahap kelima, diambil 3 pemenang yang berhak untuk menerima hadiah penghargaan dan karya akan ditayangkan online pada program iKonser dan offline saat pelaksanaan iKonser Fest.

Dalam Press Conference Musik Tanpa Batas yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu (5/1/2022), Ahmad Sobirin selaku CEO iKonser Channel berharap, “Semoga lewat ajang ‘Musik Tanpa Batas; Ajang Pencarian Musisi Baru dan Rekam Skena di Jateng dan DIY’ ini, ekosistem musik lokal akan semakin bergairah dengan munculnya talenta-talenta baru dan terciptanya arsip skena musik yang merata”.

(Aja)

Share :

Baca Juga

(Foto: Instagram @penyalincahaya)

Panggung

Pecahkan Rekor, Film “Penyalin Cahaya” Raih 12 Piala Citra FFI 2021

Panggung

Digelar Daring, Biennale Jogja XVI Suguhkan Puluhan Program
Godod Sutejo. (Foto: Dok Pribadi)

Panggung

Godod Sutejo: Dhapur Keris dalam Estetika Seni Rupa
Salah satu karya instalasi yang dipamerkan di Sumonar 2021. (Foto: Dok.Sumonar2021)

Panggung

Melihat Relasi Cahaya Hari Ini Melalui “Spectrum Optica” di Sumonar 2021
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE mengapresiasi karya dalam pameran bertajuk "Owah Gingsir". (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Pameran Seni Rupa “Owah Gingsir” Tandai Pembukaan Leman Art House
Warkop DKI. (Foto: Instagram @indrowarkop_asli)

Panggung

Ini 5 Sikap Warkop DKI Soal Warkopi, Poin 4 Bikin Nyesek
Dalang muda Ki Arman Nur Arifin didampingi Eko Sunyoto saat menerima penghargaan dari Balai Pelestari Nilai Budaya. (Foto:Humas/beritamagelang)

Panggung

World Wayang Way Digelar Sederhana Sebagai Investasi Budaya Masa Depan
Wakil Walikota Heroe Poerwadi usai membuka silaturahmi nasional budayawan dan seniman Muhammadiyah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Saatnya Budayawan dan Seniman Manfaatkan Medsos untuk Berekspresi