Home / Peristiwa

Senin, 16 Agustus 2021 - 23:18 WIB

Lewat Program Aku Sedulurmu, Polres Temanggung Bantu Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Melalui program 'Aku Sedulurmu', 4 anak di Temanggung mendapat beasiswa karena orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Foto:Humas Temanggung)

Melalui program 'Aku Sedulurmu', 4 anak di Temanggung mendapat beasiswa karena orang tuanya meninggal karena Covid-19. (Foto:Humas Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Polres Temanggung menjalankan program ‘Aku Sedulurmu’ yang digagas Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi, untuk membantu anak yatim piatu, yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. Bantuan berupa beasiswa pendidikan dan akan ada prioritas masuk Polri.

Program ini sendiri dilaunching secara langsung oleh Ketua Bhayangkari Pusat Diana Listyo Sigit Prabowo di Semarang, Senin (16/8/2021) dan diikuti secara daring oleh jajaran Polres se-Jawa Tengah.

Diana Listyo Sigit Prabowo dalam pidatonya mengatakan, ‘Aku Sedulurmu’ bermakna aku saudaramu. Akibat pandemi Covid-19 banyak anak menjadi yatim piatu, sehingga membutuhkan perhatian khusus.

“Sebagai Ketua Umum Bhayangkari saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolda Jateng beserta jajaran, para donatur. Program ini baru pertama kali digulirkan sebagai bentuk kepedulian kepada yatim piatu yang kesulitan biaya pendidikan dan berharap bisa berkelanjutan dan menginspirasi, agar anak-anak ini tetap bisa mengejar mimpi masa depan,” katanya.

Baca juga   Jelang Imlek, Bakpao Legendaris Boldy Laris Manis

Di Temanggung, acara dipimpin Kapolres AKBP Burhanuudin, diikuti secara daring dari Aula Sindoro-Sumbing Mapolres Temanggung. Hadir dalam acara ini, Bupati HM Al Khadziq, Kajari I Wayan Eka Miarta, Dandim Letkol CZi Kurniawan Hartanto dan pejabat lainnya.

“Di Temanggung ada 4 anak yang mendapat beasiswa yang orang tuanya meninggal, karena Covid dan sakit lainnya, dia yatim piatu. Untuk anak tingkat SD beasiswa senilai Rp4,6 juta, tingkat SMP sebesar Rp5,8 juta, tingkat SMA sebesar Rp7 juta,” ujar Kapolres Temanggung, Senin (16/8/2021).

Empat anak ini, yaitu Muhammad Hesanta Abdilah siswa SMP N 6 Temanggung, Admira Syahada Muhammad Firdaus dan Wijanarka Raka Wahyu, siswa SD Al Kautsar Temanggung.

Salah satu siswa penerima beasiswa program ‘Aku Sedulurmu’, Muhammad Hesanta Abdilah (14), mengaku sangat senang mendapat beasiswa ini. Ibu dan bapak Hesanta sudah meninggal dunia, sehingga kini dia tinggal bersama kakek dan neneknya.

“Saya senang mendapat bantuan beasiswa ini, karena dapat meringankan beban. Ibu meninggal sebulan lalu, karena Covid, kalau ayah sudah meninggal sembilan tahun lalu. Cita-cita saya jadi guru,” katanya.

Baca juga   Alhamdulillah, Bantuan Terus Mengalir untuk Penanganan Pandemi di Jateng

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi menyampaikan, bahwa program ‘Aku Sedulurmu’ merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari Polda Jateng untuk membantu anak-anak yatim piatu dampak pandemi Covid-19.

Tercatat sudah ada 333 anak yatim piatu yang dibantu. Lebih lanjut, Kapolda menjelaskan, selain bantuan pendidikan, pihaknya juga akan membantu pengadaan seragam dan juga sepatu sekolah. Termasuk, pengadaan buku dan biaya yang ditimbulkan dari kegiatan sekolah.

“Kita kasih biaya pendidikan SD, SMP dan SMA. Kami mengimbau kepada masyarakat, jika ada saudara atau tetangga yang terdapat anak yatim piatu, karena orang tuanya meninggal akibat Covid-19 bisa mendaftar ke Polres di wilayahnya. Semoga, bantuan ini bisa meringankan beban mereka untuk tetap melanjutkan pendidikan,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya pada diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertajuk "Expo 2020 Dubai: Etalase Indonesia di Kancah Dunia" secara virtual, Kamis 7 Oktober 2021. (Foto:infopublik)

Peristiwa

Dubai Expo 2020 Dongkrak Sektor Pariwisata Indonesia
(Foto: InfoPublik.id/Yudi Rahmat)

Peristiwa

LPSK Siap Lindungi Keluarga Balita Korban Pembunuhan di Demak

Peristiwa

Bocah 6 Tahun di Surabaya Tewas Dianiaya Ibu Kandung, Ternyata Dilakukan Bersama Pasangan Sesama Jenisnya
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa bersama sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sleman menerima vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau lanjutan (booster) di RSUD Sleman, Senin (24/1/2022). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Wakil Bupati Sleman Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga
Para pelanggar Perda Miras saat diajukan ke persidangan.(Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Langgar Perda Miras, 10 Orang Didenda Rp3 Juta
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungan kerjanya di Yogyakarta, Jumat (16/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Shelter Covid-19 Inisiatif UGM, Alternatif Kurangi Beban Rumah Sakit
Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM di depan driver ojol yang melakukan unjuk rasa di depan gedung DPRD DIY. Foto: Ist

Peristiwa

Ojol Demo Kenaikan BBM, Dr R Stevanus: Kenaikan BBM Memberatkan, Perlu UU yang Pro Driver Online
Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit cek ruang sel tahanan guna pastikan tahanan dalam kondisi aman dan sehat. (Foto: Dokumen Polres Sukoharjo)

Peristiwa

Sidak Ruang Tahanan, Kapolres Sukoharjo Pastikan Para Tahanan Aman dan Sehat