Home / News

Senin, 2 Mei 2022 - 21:17 WIB

Libur Lebaran, Puskesmas di Jalur Utama Temanggung Siaga 24 Jam

Kepala DKK Temanggung, dr Intan Pandanwangi. (Foto: MC.TMG)

Kepala DKK Temanggung, dr Intan Pandanwangi. (Foto: MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Temanggung menyiagakan Puskesmas selama 24 jam untuk memberikan pelayanan pada masyarakat, tidak terkecuali pemudik, selama masa libur Lebaran 2022.

Kepala DKK Temanggung dr Intan Pandanwangi mengatakan, pihaknya menerapkan siaga bagi seluruh Puskesmas untuk pelayanan mudik di masa libur Lebaran.

“Siaga Puskesmas ini terutama Puskesmas yang ada di jalur mudik,” katanya seperti dikutip dari portal resmi Provinsi Jateng, Senin (2/5/2022).

Intan mengatakan, siaga mudik di Puskesmas ini untuk memberikan pelayanan yang bersifat darurat pada warga yang biasanya terjadi di masa liburan Lebaran.

Baca juga   Pemkot Yogya Tuntaskan Vaksinasi Berbasis Wilayah

Kejadian itu, disampaikannya, di antaranya kecelakaan lalu lintas, diare dan keracunan. Kecelakaan lalu lintas didominasi pemudik, sedangkan diare dan keracunan biasanya dialami oleh warga sekitar akibat salah mengonsumsi makanan.

“Penanganan medis yang tepat dan sesegera mungkin harus dilakukan untuk keselamatan pasien. Puskesmas juga siaga untuk penanganan persalinan,” katanya.

Disampaikan olehnya, di Puskesmas disiagakan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan didukung dengan fasilitas kesehatan serta mobil ambulan.

Baca juga   Ini Lima Obat Sirup yang Diduga Mengandung Bahan EG dan DEG, Salah Satunya Brand Kondang

Ia mengemukakan, petugas kesehatan di Puskesmas juga terlibat untuk operasi kemanusiaan Ketupat Candi 2022. Mereka sebagian berada di pos pengamanan arus mudik.

“Khusus di pos pengamanan juga disediakan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

Intan menerangkan, Temanggung mempunyai 25 Puskesmas, namun tidak semuanya berada di jalur mudik, seperti Selopampang, Tepusen, Bansari, Wonoboyo, Gemawang dan Kandangan. Puskesmas yang tidak berada di jalur mudik diperbantukan untuk bertugas di pos pengamanan.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Penampakan visual awan panas guguran Gunung Merapi yang terjadi pukul 20.21 WIB. (nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran ke Arah Tenggara
(Foto: Diskominfo Wonosobo)

News

Harga Minyak Goreng Belum Stabil, Pemkab Wonosobo Kembali Gelar Operasi Pasar
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyerahkan kenang-kenangan pada narasumber Indo Smart City Forum & Expo. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota se-Indonesia Hadiri Indo Smart City Forum & Expo di Yogya
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Hari Ini Yogya Tambah 783 Kasus, Total Menjadi 56.246 Kasus
Foto: Istimewa

News

Siaran Televisi Analog Resmi Dihentikan, Tahap Pertama di 222 Titik
Warga korban tsunami melintas di depan rumah barunya di Gampong Ulee Lheu, Meuraxa, Banda Aceh. Masyarakat dunia kagum dengan Indonesia kala harus membangun kembali kawasan yang terdampak Tsunami. ANTARA FOTO

News

Indonesia Jadi Rujukan Belajar Penanganan Bencana
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Kembali Rekor, Positif Covid-19 DIY 675 Kasus
Bank Indonesia (BI) mencabut dan menarik Uang Rupiah Khusus Peringatan 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun Emisi 1995 (URK TE 1995) dari peredaran. Foto: Ist

News

Bank Indonesia Tarik Peredaran Uang Rupiah Khusus Emisi 1995, Begini Ketentuan Penukarannya