Home / News

Jumat, 25 Maret 2022 - 14:23 WIB

Likuiditas Perekonomian Tumbuh Positif, Begini Penjelasaan BI

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2022 tetap tumbuh positif. Posisi M2 pada Februari 2022 tercatat sebesar Rp7.672,4 triliun atau tumbuh 12,5 persen (year on year/yoy).

“Tetap kuat dibandingkan dengan pertumbuhan pada Januari 2022 sebesar 12,8 persen (yoy),” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono pada Kamis (24/3/2022).

Erwin menambahkan, perkembangan tersebut terutama dipengaruhi oleh pertumbuhan uang beredar dalam arti sempit (M1) sebesar 18,3 persen (yoy) dan uang kuasi sebesar 5,9 persen (yoy).

Baca juga   Terkendalinya Penanganan Covid-19 Jadi Faktor Pendorong Pemulihan Ekonomi

Perkembangan M2 pada Februari 2022 sejalan dengan berlanjutnya akselerasi penyaluran kredit di tengah perlambatan ekspansi keuangan pemerintah dan aktiva luar negeri bersih.

Erwin menjelaskan, penyaluran kredit tumbuh sebesar 5,9 persen (yoy), meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 5,4 persen (yoy).

Baca juga   Ramai-ramai Perusahaan Obat Sirup Klaim Produknya Bebas Bahan Berbahaya Penyebab Gagal Ginjal Akut

Sementara itu, ekspansi keuangan pemerintah yang tercermin dari tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat tumbuh sebesar 42,7 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan Januari 2022 sebesar 48,1 persen (yoy).

“Di sisi lain, aktiva luar negeri bersih tumbuh 1,4 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tumbuh 1,8 persen (yoy),” pungkas Erwin.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Persiapkan PTM, Sri Sultan Targetkan Seluruh Guru dan Murid Divaksinasi
Foto: mypertamina.id

News

Resmi! Pertamina Kembali Naikkan Pertamax Turbo, Dexlite, Dan Pertamina Dex
Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu dengan para pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20, di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada Sabtu (1/4/2023). Foto: BPMI Setpres

News

Datangi Latihan, Presiden Beri Semangat Langsung ke Timnas Sepakbola U-20
Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak KemenPPPA, Erni Agustina. (Foto: Kemen PPP)

News

Tingginya Angka Perkawinan Usia Anak, Kemen PPPA Segera Sahkan Panduan Dispensasi Kawin
Ilustrasi. Kementerian Kesehatan menambah jumlah imunisasi rutin wajib di Indonesia yang merupakan program pemerintah, dari 11 vaksin menjadi 14 vaksin. (Foto: Kemenkes)

News

Kemenkes Tambah Jumlah Imunisasi Rutin, dari 11 Menjadi 14 Vaksin, Apa Saja Ya?
Pengurus Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Wewengkon Kota Yogya masa bakti 2022-2025 dikukuhkan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pengurus Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Wewengkon Kota Yogya Dikukuhkan
anjir yang melanda Kota Semarang dipicu oleh hujan berintensitas tinggi sehingga debit air Sungai Plumbon meluap dan jebolnya tanggul Parapet di wilayah Mangkang Kulon. (Foto: BPBD Provinsi Jawa Tengah)

News

Banjir Kota Semarang Telah Surut, 15 Kecamatan Masuk Wilayah Bahaya
Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Dalam Sehari Sudah 13 Kali Gempa Guncang Banten