Home / Panggung

Sabtu, 9 Juli 2022 - 15:28 WIB

Limanjawi Art House Borobudur Gelar Pameran Seni Lukis ‘Titik Balik’

Pengunjung menikmati lukisan yang dipamerkan di Limanjawi Art House. Foto: Ist/beritamagelang

Pengunjung menikmati lukisan yang dipamerkan di Limanjawi Art House. Foto: Ist/beritamagelang

NYATANYA.COM, Magelang – Sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19, dunia seni lukis di Kabupaten Magelang mulai menggeliat dengan pameran di Galeri Limanjawi Art House Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Pengelola Galeri Limanjawi Art House Umar Chusaini mengatakan pameran lukisan bertajuk ‘Titik Balik’ ini melibatkan 18 perupa dari berbagai daerah.

“Pamera bertema Titik Balik ini menjadi ruang ekspesi, mencoba menormalkan kembali seni budaya dan wisata sekitar Candi Borobudur setelah pandemi,” kata Umar.

Pameran ini, lanjut Umar, sebagai gerakan keinginan bersama para seniman untuk memulai dan merealisi keinginan yang selama dua tahun terpendam.

Jadi, lukisan yang dipamerkan merupakan ekspresi visual hasil perenungan dan pemikiran para seniman saat berada para titik nadir pandemi Covid-19.

Baca juga   Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sawangan

Dengan digelarnya pameran ini juga merupakan ungkapan doa harapan bersama agar pandemi segera berakhir dan kehidupan masyarakat dapat kembali normal.

“Kita juga yakin apapun cobaan dari Tuhan ada akhirnya. Pameran ini wujud rasa syukur kebersamaan dari kebutuhan interaksi sosial setelah dua tahun terpisah oleh Covid-19,” jelasnya.

Sebanyak 28 karya dipamerkan sejak 3 Juli 2022 dan akan berlangsung hingga 3 Agustus 2022 mendatang. Terdiri dari 25 lukisan dan 3 patung.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husein sangat mengapresiasi upaya para seniman dalam mengisi ruang kosong kegiatan seni budaya di wilayah Kabupaten Magelang saat ini.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi stimulus teman-teman yang lain untuk mengadakan kegiatan semacam ini ke depan,” ujarnya.

Baca juga   Baznas Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Korban Covid-19 Magelang

Menurutnya, pameran lukisan tentu akan berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan di Kabupaten Magelang khusunya pasca Pandemi Covid-19 yang saat ini juga mulai menggeliat.

Namun demikain belum signifikan seperti sebelum pandemi yakni baru sekitar 70 persen dari kapasitas normal sebelum pandemi.

Menurutnya, momentum pameran ini diharapkan menjadi awal kebangkitan ekonomi di semua sektor ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Magelang. Karena beberapa pelukis berasal dari luar daerah yang tentu akan menarik bagi wisatawan.

“Teman-teman luar daerah sudah mau masuk ke Borobudur demikian juga wisatawan mancanegara. Tentunya ini akan menarik ke depannya,” harap Husein.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Salah satu karya Hendra Priyadhani dalam Warehouse Art Project. Foto: Ist

Panggung

The Ratan Pertemukan Perupa Swiss dan Yogya dalam Pameran ‘Warehouse Art Project’
Band pop punk asal Kulonprogo, Karnamereka akhirnya merilis single 'Titik Nadir' yang jadi preambule album keempat mereka. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Band Asal Kulonprogo Karnamereka Rilis Single ‘Titik Nadir’ yang Jadi Preambule Album ke-4
The Dance Company. (nyatanya.com/nagaswara)

Panggung

The Dance Company Rilis Single ‘Ayo Kawin!’
Foto: Dok.FKY 2022

Panggung

Laku Tari Petani Semin Gunungkidul, Sebuah Catatan Dokumenter FKY 2022
Ilustrasi jadwal bioskop CGV Jwalk Mall Yogyakarta. (Istimewa)

Panggung

Jadwal Bioskop CGV Jwalk Mall Yogyakarta Senin 25 Maret 2024, Inshallah A Boy
Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat melalui Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa pun selalu berpartisipasi dalam perayaan Hari Tari Dunia yang rutin digelar oleh ISI Surakarta dengan tajuk acara 24 Jam Menari. (Foto: mc.kratonjogja)

Panggung

Peringati Hari Tari Dunia dengan 24 Jam Menari, Keraton Yogyakarta Hadirkan Beksan Ajisaka
Nella Kharisma. Foto: nyatanya.com/ Instagram

Panggung

Nella Kharisma Kuat-kuatan Ati dengan Dory Harsa
Artwork Single digarap Louise Mercy Eunice dan Daneswara. (Foto: Istimewa)

Panggung

Dyani Dee Rilis Single “Cintamu Bukan Untukku”