Home / Peristiwa

Rabu, 7 Juni 2023 - 10:10 WIB

Logo dan Maskot KJI 2023 Dilaunching

Prosesi launching logo dan maskot Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 di Gedung AR Fachruddin (A) kompleks UMY.  (Foto:istimewa)

Prosesi launching logo dan maskot Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 di Gedung AR Fachruddin (A) kompleks UMY. (Foto:istimewa)

NYATANYA.COM, Bantul– Persiapan untuk pelaksanaan Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus dilaksanakan. Launching logo dan maskot Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 pun telah dilaunching di Gedung AR Fachruddin (A) kompleks UMY, Selasa (6/6) lalu.

Sebelum prosesi launching logo dan maskot Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023, Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Faris Al-Fadhat MA PhD mengungkapkan, merasa bersyukur UMY dipercaya menjadi tuan rumah kompetisi bergengsi tersebut.

“KJI bukanlah kompetisi nasional pertama yang diselenggarakan oleh UMY. Beberapa tahun terakhir ini pun, UMY pernah menjadi tuan rumah kompetisi-kompetisi tingkat nasional seperti kontes robot, balon atmosfer dan muatan roket,” paparnya.

Tak kalah menarik, sebut Faris, KJI termasuk perlombaan sangat kompetitif, sebab digelar secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat universitas, wilayah hingga ke final di tingkat nasional.

Baca juga   GKPY Wujudkan Mimpi Warji Miliki Rumah Sendiri

Sedangkan Dr apt Rifki Febriansah SFarm MSc sebagai Ketua Panitia KJI 2023 menjelaskan, logo dan maskot yang dilaunching pada kesempatan tersebut memiliki filosofi tersendiri.

“Logo yang dibuat oleh panitia menggambarkan kompetisi ini secara umum, misalnya ada tulisan KJI dan gambar jembatan yang merepresentasikan, kompetisinya terkait dengan perancangan jembatan,” jelas Rifki.

Logo KJI sendiri, sebutnya, menggunakan dua warna, yaitu kuning dan biru. Warna kuning memberi makna mencerahkan dan memberikan inspirasi, serta merujuk kepada hal-hal positif.

Sedangkan warna biru merupakan simbol dari kepercayaan, loyalitas, tanggung jawab, dan keamanan. Lain halnya dengan karakter Lombok Abang dipilih sebagai maskot dari KJI 2023.

Dalam prajurit Kraton Yogyakarta, Lombok abang melambangkan keberanian dan semangat pantang menyerah. Adapun safety helmet dan safety boots yang digunakan merupakan properti wajib.

Artinya juga termasuk properti wajib yang digunakan oleh praktisi teknik sipil sebagai cabang ilmu teknik yang merancang dan membangun infrastruktur.

Baca juga   Dinilai Abaikan Pengelolaan Sampah, Warga Selokaton Blokade Jalan Dusun

Sementara itu Ketua Dewan Juri dari Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023, Dr Fauzri Fahimuddin mengungkapkan, adanya pakaian rompi, safety helmet maupun sepatu boots termasuk bagian dari penerapan K3 dalam suatu pembangunan.

“Yaitu keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja. Pokoknya logo dan maskot KJI 2023 ini keren banget. Layaknya juga menjadi logo dan maskot KJI tahun-tahun berikutnya,” jelas Fauzri.

Subkoor Vokasi dan Kewirausahaan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sukirno SE MM menambahkan, kepanitiaan KJI 2023 merupakan gabungan antara UMY dengan BPTI.

“UMY lebih fokus untuk persiapan dan penyelenggaraan KJI, seperti

persiapan lokasi, pemberian konsumsi hingga penyediaan aneka fasilitas. Lalu dari BPTI memiliki fungsi untuk mempersiapkan panduan lomba, teknis penjurian hingga penilaian akhir KJI 2023,” urainya.(*)

Share :

Baca Juga

Petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi Kota juga melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mendapatkan konstruksi kejadian secara lengkap. Foto: Ist/Antara

Peristiwa

Kecelakaan Maut di Cibubur Akibatkan 11 Orang Meninggal, Polisi Tutup Jalur Arah Cileungsi
Tersangka pelaku aborsi tujuh janin di Makassar diperiksa polisi. Foto: Ist

Peristiwa

Heboh Wanita Aborsi Tujuh Janin di Makassar, Sang Pacar Mengaku Cuma Empat
Setelah petugas berjibaku dengan api selama 25 jam, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh berhasil memadamkan api yang membakar Suzuya Mal, Selasa (5/4/2022). Foto: MC.Banda Aceh

Peristiwa

Setelah Berjibaku Selama 25 Jam, Damkar Berhasil Padamkan Kebakaran Suzuya Mal Banda Aceh
Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan menjelaskan, sebanyak 26 terduga teroris diamankan Densus 88 sepanjang Desember 2022 di lima wilayah di Indonesia. Foto: dok. Divhumas Polri

Peristiwa

Densus 88 Amankan 26 Terduga Teroris Sepanjang Desember 2022, Jaringan JI dan JAD
Rapat koordinasi program nikah massal di ruang rapat RMP Sosrokartono, Rabu (26/1/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Antusias, 100 Pasang Calon Pengantin Ikut Nikah Massal Gratis di Jepara
Penandatanganan Nota Kesepakatan kerjasama dalam hal sosialisasi pengawasan partisipatif, Bawaslu Sleman dengan STIE SBI Yogyakarta. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Bawaslu Sleman Jalin Kemitraan Pangawasan Partisipatif di Lingkungan Kampus
Guna mengantisipasi bencana alam di berbagai daerah rawan di Tanah Air, Kemensos mendirikan 854 Kampung Siaga Bencana (KSB) dan 208 lumbung sosial. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Antisipasi Bencana, Kemensos Dirikan 854 KSB dan 208 Lumbung Sosial
Petugas berusaha memadamkan api. Foto: selalu.id

Peristiwa

Gara-gara Bakar Dupa, Balai RW di Surabaya Hangus Terbakar