Home / Peristiwa

Selasa, 3 Agustus 2021 - 10:36 WIB

Lokasi Pembangunan Jalur Ganda KA Solo-Semarang Fase 1 Ditetapkan

Pembangunan jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 Kota Surakarta adalah untuk mengakomodasi dan mengantisipasi pergerakan lalu lintas penumpang. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Pembangunan jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 Kota Surakarta adalah untuk mengakomodasi dan mengantisipasi pergerakan lalu lintas penumpang. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Lokasi pembangunan untuk jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 sudah ditetapkan. Hal ini berdasarkan Keputusan Walikota Surakarta Nomor 551/62 Tahun 2021 tanggal 23 Juli 2021 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Untuk Jalur Ganda Solo – Semarang Fase 1 (Solo Balapan – Kadipiro) Kota Surakarta.

“Maksud dari pembangunan jalur ganda Solo-Semarang Fase 1(Balapan-Kadipiro) Kota Surakarta adalah untuk mengakomodasi dan mengantisipasi pergerakan lalu lintas penumpang,” demikian keterangan resmi Pemkot Surakarta dalam situsnya, Senin (2/8/2021).

Adapun tujuan dari pembangunan Jalur Ganda Solo Semarang Fase 1 (Solo Balapan – Kadipiro) Kota Surakarta adalah Meningkatkan kapasitas lintas kereta api, mengurangi waktu tempuh perjalanan kereta api, meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Baca juga   Tren Covid-19 Membaik, Ganjar Sampaikan Apresiasi kepada Kabupaten/ Kota

Rencana lokasi dan luas tanah yang akan digunakan untuk pembangunan Jalur Ganda Solo – Semarang Fase 1 ( Solo Balapan – Kadipiro ) di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah seluas 6.081,789 m2, dengan rincian: Kelurahan Gilingan seluas 1.625,664 m2; Kelurahan Nusukan seluas 1.767,185 m2; Kelurahan Joglo seluas 1.230,989 m2; dan Kelurahan Banjarsari seluas 1.457,951 m2.

Baca juga   Naik Satu Peringkat, Sragen Raih Predikat KLA Kategori Madya

Perkiraan jangka waktu pelaksanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Jalur Ganda Solo – Semarang Fase 1 (Solo Balapan – Kadipiro) Kota Surakarta adalah 476 Hari Kerja setelah Pengumuman Penetapan Lokasi.

Adapun jangka waktu pelaksanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Jalur Ganda Solo – Semarang Fase 1 (Solo Balapan – Kadipiro) Kota Surakarta adalah 18 Bulan setelah Pelaksanaan Pengadaan Tanah selesai dilaksanakan. (*)

Share :

Baca Juga

Selain terus memberikan edukasi akan pentingnya prokes, Pemkab Wonosobo juga memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat. (Foto: Humas Wonosobo)

Peristiwa

Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat memantau jalannya vaksinasi. (Foto: Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Buruh Pabrik Jadi Sasaran Vaksin Pemkab Sragen
Wulan Purnama Sari dari PT Ndayu Alam Asri menyerahkan bantuan beras kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Sragen, Yuniarti. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

PT Ndayu Alam Asri Serahkan Bantuan Beras untuk Masyarakat Sragen Terdampak Pandemi
Lomba kampung juara diselenggarakan sebagai upaya mewujudkan kampung yang bersih, indah, hijau, tertib, dan berkelanjutan. (Foto: Diskominfo Demak)

Peristiwa

Kampung Pesona Pujatim Raih Juara I Lomba Kampung Juara 2021
PDAM Tirtamarta meluncurkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang dinamakan 'Ayo' Tirtamarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Tandai HUT ke-103, PDAM Tirtamarta Luncurkan AMDK ‘Ayo’ Tirtamarta
Pemkot Yogya berhasil meraih nilai tertinggi kategori Pemerintah Daerah Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak Tahun 2021. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan KPAI 2021
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gencarkan Pengawasan Protokol Kesehatan
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Hari Keempat PPKM Darurat, Walikota Yogya Sidak ke Pasar Kranggan