Home / News

Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:01 WIB

Loloskan Calon Bupati Warga Negara AS, Ketua KPU Sabu Raijua Dicopot

Ketua Majelis Alfitra Salamm pada sidang DKPP menyatakan, dalam amar perkara nomor 165-PKE-DKPP/IX/2021, DKPP menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada Ketua KPU Kabupaten Sabu Raijua, Kirenius Pajdi. (Foto: DKPP)

Ketua Majelis Alfitra Salamm pada sidang DKPP menyatakan, dalam amar perkara nomor 165-PKE-DKPP/IX/2021, DKPP menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada Ketua KPU Kabupaten Sabu Raijua, Kirenius Pajdi. (Foto: DKPP)

NYATANYA.COM, Jakarta – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian dari jabatan pada dua Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sabu Raijua, Kirenius Pajdi di putusan perkara nomor 165-PKE-DKPP/IX/2021.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021), Ketua Majelis Alfitra Salamm pada sidang DKPP menyatakan, dalam amar perkara nomor 165-PKE-DKPP/IX/2021, DKPP menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada Ketua KPU Kabupaten Sabu Raijua, Kirenius Pajdi.

“Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada teradu I, Kirenius Pajdi selaku Ketua merangkap Anggota KPU Kabupaten Sabu Raijua sejak putusan ini dibacakan,” kata Alfitra Salamm.

Baca juga   Ngebut Vaksinasi, Jateng Ajukan Tambahan 2,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Per Minggu

Dalam perkara yang sama, DKPP juga menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua divisi kepada Anggota KPU Kabupaten Sabu Raijua Sussana V Edon.

Sementara tiga Anggota KPU Kabupaten Sabu Raijua lainnya yang menjadi teradu dalam perkara ini, yaitu Agustinus V Mone, Daud Pau, dan Alpius P Saba, masing-masing dijatuhi sanksi peringatan keras.

“Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua divisi teknis penyelenggaraan kepada teradu V, Susanna V Edon selaku Anggota KPU Kabupaten Sabu Raijua sejak putusan ini dibacakan,” ujar Alfitra.

Baca juga   Penuhi Kebutuhan Pasien, Pemkab Bantul Luncurkan Generator Oksigen

Untuk diketahui, kelima nama di atas diadukan oleh Erben K A Riwu Ratu. Ketua dan empat Anggota KPU Kabupaten Sabu Raijua tersebut didalilkan tidak teliti, tidak jujur, tidak cermat bahkan lalai dalam menjalankan tugas dan kewenangan.

Hal itu terjadi dalam proses tahapan verifikasi, sehingga meloloskan calon bupati Kabupaten Sabu Raijua nomor urut 2 yakni Orient Patriot Riwu Kore yang masih berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Talkshow Pembukaan Pekan HUT ke-265 Kota Yogya, di Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Tanggap Tanggon Tuwuh, Tema HUT Ke-265 Kota Yogya yang Penuh dengan Doa, Harapan, dan Optimisme
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Positif Covid-19 di DIY Tambah 850 Kasus, Sembuh 390 Orang
(ilustrasi:nyatanya.com/istimewa)

News

Bantul Akan Bangun Instalasi Produksi Oksigen
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan BST di Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Utama Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

1085 Keluarga Penerima Manfaat dari 14 Kemantren Terima BST
Grebeg Vaksin di Desa Bendo, hampir seluruh kelompok lansia telah tervaksin Covid-19. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

News

Grebeg Vaksin Desa Bendo Sasar 1.753 orang
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Rekor Tertinggi DIY, Hari ini Positif Covid-19 Tambah 2.731 Kasus
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di DIY Hari Ini 94,02%
Tim Gabungan menjemput warga yang belum vaksin. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

News

Tim Gabungan Jemput Bola Warga Kacangan yang Belum Vaksin