Home / Plus

Jumat, 3 Desember 2021 - 22:01 WIB

Lomba Melukis Tas Pandan Warnai Peringatan Hari Ibu

Lomba melukis tas pandan ini merupakan sebuah kegiatan untuk mengajak keluarga terutama para ibu dan anak-anak, untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif, inovatif dan juga mandiri. (Foto: Humas Pemda DIY)

Lomba melukis tas pandan ini merupakan sebuah kegiatan untuk mengajak keluarga terutama para ibu dan anak-anak, untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif, inovatif dan juga mandiri. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hari Ibu merupakan buah dari perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang ditandai dengan digelarnya Kongres Perempuan pertama tahun 1928 di Yogyakarta.

Semangat itu hingga kini masih memberikan gelora bagi perempuan-perempuan Indonesia untuk terus menerus terlibat membangun Indonesia yang lebih baik.

Dalam memperingati Hari Ibu, organisasi Dharma Wanita Persatuan DIY melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2021. Lomba melukis tas pandan, merupakan satu dari berbagai rangkaian acara yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Ibu.

“Lomba melukis tas pandan ini sekaligus sebagai wujud keterlibatan dalam melestarikan tas pandan, yang akhir-akhir ini hampir punah,” imbuh Ibu Sri Endah Pujiastuti Kadarmanta Baskoro Aji selaku Ketua Pelaksana rangkaian acara Hari Ibu DIY 2021.

Baca juga   Menteri Luhut Targetkan Sleman Vaksin 15.000 Orang Perhari

Lomba melukis tas pandan ini diikuti oleh 5 komponen Organisasi Wanita, yang tiap organisasi mengirimkan 20 peserta. Secara keseluruhan peserta lomba melukis tas pandan ini diikuti 100 orang termasuk dari pihak masyarakat.

Melalui lomba melukis tas pandan ini diharapkan dapat memberikan semangat kebersamaan dan kemajuan terutama di tengah-tengah keluarga selama pandemi.

Lomba melukis tas pandan ini juga dinilai secara profesional oleh tiga orang dewan juri yaitu dari Dinas Kebudayaan yang diwakili Yani Sapto Hudoyo, Eni Widarti, S.Sn, guru SMK dan Ag. Hartono, M.Sn, dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Akan dipilih Juara 1, 2, 3 dan Juara Harapan 1 ,2, 3 serta 7 Nominasi.

“Agenda kami selama beberapa minggu ini, kami sudah melaksanakan kegiatan donor darah, pembagian sembako dan vaksinasi. Nantinya kegiatan kami ini akan berpuncak pada 22 Desember 2021, dan rencananya akan dipusatkan disini (Yogyakarta) secara nasional, di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama,” imbuhnya.

Baca juga   Target 1.000 Orang/hari, Vaksinasi Kulonprogo Rampung Oktober

Lomba melukis tas pandan ini merupakan sebuah kegiatan untuk mengajak keluarga terutama para ibu dan anak-anak, untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif, inovatif dan juga mandiri.

“Pesan saya kepada masyarakat, kepada ibu-ibu semua agar kita terus menerus berkarya, dan bersemangat. Ibu-ibu harus mampu untuk maju dan mandiri,” katanya.

Akhirnya, dewan juri memutuskan pemenang lomba melukis tas pandan, Juara 1 dimenangkan oleh Peserta dari Badan Kerjasama Organisasi Wanita, Juara 2 dan 3 masing-masing dimenangkan oleh peserta dari Dharma Pertiwi dan Dharma Wanita. Para pemenang berhak atas hadiah uang pembinaan, tropi dan piagam.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Usaha sablon kaos milik Rudi Ningrat di Desa Temuroso RT 2 RW 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak ini nyaris gulung tikar, sebelum akhirnya bangkit setelah mempromosikan di #Lapak Ganjar. (Foto: Diskominfo Jateng)

Plus

Nyaris Gulung Tikar, Usaha Sablon Kaos Ini Bangkit Usai Ikut Lapak Ganjar
Suasana pada sebuah warung Hik. Sebanyak 51 budaya asal Jawa Tengah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), salah satunya adalah warung Hik. (Foto:Diskominfo Jateng)

Plus

Mendoan, Sate Kere hingga Warung Hik, Jadi Warisan Budaya Tak Benda
Kelompok Tani Winongo Asri berada di RW 07 Kelurahan Patangpuluhan. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Plus

Klomtan Winongo Asri Perkuat Ketahanan Pangan Lewat Kampung Sayur
KRTI yang berlangsung hingga 20 November 2021 ini dipusatkan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah sebagai tuan rumah dan dibuka secara resmi pada Senin, (15/11/2021). (Foto: Kemendikbudristek)

Plus

Rebutkan Piala Emas, Kontes Robot Terbang Indonesia Digelar Daring
(Foto:kratonjogja.id)

Plus

Yuk, Kenali Macam Wadah Sesaji Daun Pisang dalam Upacara Tradisi Keraton
Danar dan Pipit menjadi Super Hero agar anak-anak senang dan terhibur di tengah pandemi. (Foto: dokumentasi pribadi)

Plus

Super Hero Beri Bantuan dan Hibur Anak-anak yang Isoman
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat mengunjungi Eyang Soegijo Saputro di kediamannya di Gondokusuman Yogyakarta Minggu (14/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Plus

Eyang Soegijo Saputro, Saksi Hidup Lahirnya Hari Kesehatan Nasional
Launcing Indikasi Geografis Gebyar Batik Nitik DIY bertempat di Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Bantul (23/11/2021). (Foto: Humas Bantul)

Plus

Launching Indikasi Geografis Gebyar Batik Nitik DIY