Home / Olga

Selasa, 28 September 2021 - 22:41 WIB

Lomba Olahraga Tradisional Warnai Haornas di Sleman

Lomba pacuan kuda kepang, salah satu agenda Pemkab Sleman dalam rangka Hari Olahraga Nasional. (Foto:Humas Sleman)

Lomba pacuan kuda kepang, salah satu agenda Pemkab Sleman dalam rangka Hari Olahraga Nasional. (Foto:Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXVIII, Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar serangkaian lomba permainan olahraga tradisional, Selasa (28/9/2021).

Lomba meliputi senam kreasi yang diikuti 13 komunitas senam, lomba pacuan kuda kepang yang diikuti 10 kelompok seni komunitas kuda kepang, serta lomba hadang (gobag sodor) yang diikuti oleh 8 Organisasi Perangkat Daerah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Agung Armawanta menjelaskan lomba ini diadakan di tiga tempat berbeda, yaitu Senam kreasi diadakan di Gedung Serbaguna, Denggung, Pacuan Kuda Kepang di Lapangan Pemda Sleman dan lomba hadang di adakan di GOR Pangukan.

Baca juga   Klasemen Sementara PON XX, Pertarungan Seru di Papan Tengah

Menurutnya, diadakannya lomba ini juga bertujuan untuk memasyarakatkan dan menjaga tradisi olahraga nasional agar tetap lestari. “Selain itu juga untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” kata Agung.

Agung menambahkan lomba ini juga sebagai sarana untuk memberikan wahana dan ruang berkreasi dan rekreasi bagi masyarakat dan karyawan karyawati di lingkungan Pemkab Sleman.

“Kegiatan ini juga diharapkan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi yang sekaligus untuk melestarikan budaya dan kesenian agar bisa membumi,” tambahnya.

Baca juga   Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa Serahkan Kursi Roda untuk Suranti

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik diadakannya lomba olahraga tradisional ini. Kegiatan ini menurutnya dapat memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu tubuh menjadi sehat serta dapat melestarikan olahraga tradisional.

“Tentunya dalam pelaksanaannya saya menghimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai tujuan utamanya, melestarikan tradisi dan kesenian sekaligus menjadikan tubuh tetap bugar,” kata Kustini saat membuka lomba permainan olahraga tradisional di Gedung Serbaguna. (*)

Share :

Baca Juga

Tim Sepak Taraw Putri membawa pulang medali emas usai menang di laga final melawan Jawa Barat. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Tim Sepak Takraw Putri Jateng Raih Medali Emas PON XX
Menpora Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Kapolri Keluarkan Izin Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2
Menpora Amali saat menjadi narasumber pada acara live dialog Indonesia Bicara, TVRI. (Foto:nyatanya.com/Kemenpora)

Olga

Indonesia Akan Bangun Trainning Camp Olahraga Berstandar Internasional
Hary Susanto/Leani Ratri Oktila berhasil meraih medali emas usai mengalahkan pasangan Perancis Lucaz Mazur/Faustine Noel. (Foto: dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Pasangan Hary Susanto/Leani Ratri Persembahkan Emas Kedua Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020
Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah, mewakili Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menerima pataka Pekan Olahraga Nasional (PON) pada acara penutupan PON Papua 2021. (Foto:PBPONPapua)

Olga

PON Papua Usai, Aceh-Sumut Siap Jadi Tuan Rumah PON 2024
Windy Cantika Aisah sukes pada penampilan perdana pada cabang olahraga angkat besi Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Tampil Tenang, Kunci Cantika Raih Medali Pertama Olimpiade Tokyo 2020
Atlet asal Sumatera Selatan, Rio Maholtra yang memecahkan rekor lari gawang 110 meter putra di PON XX Papua. (Foto:PB PON XX Papua/Rommy Pujianto)

Olga

PON XX Papua Lahirkan Tujuh Rekor Baru
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengawal langsung keberangkatan kontingen PON Jawa Tengah ke Papua. (Foto:Humas Jateng)

Olga

Ganjar Kawal Langsung Atlet PON XX Jateng ke Papua