Home / Peristiwa

Minggu, 20 Februari 2022 - 23:35 WIB

Maaf Lur, Bakso Balungan Pak Granat Mungkid Ditutup Gegara Tak Bayar Pajak

Petugas Satpol PP Kabupaten Magelang memasang segel penutupan di Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat di jalan Raya Magelang - Yogyakarta, Mungkid, Sabtu (19//2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Petugas Satpol PP Kabupaten Magelang memasang segel penutupan di Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat di jalan Raya Magelang - Yogyakarta, Mungkid, Sabtu (19//2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Setelah menerima beberapa kali teguran karena tidak taat pajak, Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat di jalan Raya Magelang – Yogyakarta, Mungkid akhirnya ditutup sementara oleh Tim Gabungan Pemkab Magelang.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang, Farnia Berliani menjelaskan, dari awal BPPKAD sudah melakukan langkah pendekatan sejak 2020 serta memberikan sebanyak tiga kali teguran kepada wajib pajak yaitu Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat tersebut. Serta perlu diketahui bahwa hal ini juga di bawah pengawasan KPK.

“Sudah kita layangkan surat teguran 1, 2, dan 3 tetapi juga tetap tidak diindahkan. Terakhir kita juga telah memasang tanda peringatan bahwa wajib pajak ini (Bakso Balungan Pak Granat) tidak memenuhi ketentuan pembayaran pajak,” jelas Farnia usai menutup sementara Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat bersama Tim Gabungan, Sabtu (19//2/2022).

Baca juga   Momentum Gelorakan Pers Pancasila, Pengurus PWI DIY Ziarah ke Makam Tokoh Pers Nasional

Lebih lanjut, Farnia menerangkan pada 10 Februari 2022, pemilik Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat sudah diundang dan dihadirkan di Kantor BPPKAD untuk melakukan mediasi. Namun demikian, upaya mediasi tersebut tidak menemukan titik temu.

“Dari pengelola dan pemilik Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat tetap menolak untuk dipasang alat tapping box (alat perekam data transaksi) dengan alasan akan mengganggu operasional. Artinya, pemilik ini belum menerapkan pajak 10 persen kepada konsumen,” terang Farnia.

Menurutnya, dari 49 Rumah Makan wajib pajak yang dipasang alat tapping box, hanya Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat yang tidak mau memasang, bahkan melepas alat tersebut.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Magelang, Margono mengatakan, tindakan penutupan sementara ini sebelumnya sudah melalui beberapa tahapan.

Baca juga   KA Lodaya Sambar Truk Dump yang Mogok di Perlintasan KA di Gamping Sleman

Pihaknya juga telah melakukan mediasi pada 17 Februari 2022 bersama pihak Bakso Balungan Pak Granat yang disaksikan oleh Kapolsek Mungkid, serta Danramil.

“Sebenarnya dari Satpol juga tidak berharap sampai ada penutupan seperti ini. Namun kemarin dari pengelola menyampaikan bahwa jalan tengahnya tutup sementara. Dan dari Owner bersedia untuk ikut menjaga ketertiban terkait dengan pelaksanaan penutupan sementara,” kata Margono.

Margono berharap, akan ada solusi karena pajak merupakan kewajiban bersama yang berlaku untuk semuanya.

“Ke depan apabila dari pihak Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat mau dan bersedia memasang alat tapping box, ya nanti bisa langsung buka kembali. Karena intinya kita menyampaikan ke masyarakat atau pengusaha untuk taat pajak, itu saja,” pungkas Margono.

(N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, meresmikan Balai Budaya Padukuhan Kadirojo II, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Minggu (13/3/2022). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Danang Maharsa Resmikan Balai Budaya Padukuhan Kadirojo II
Launching Sistem Informasi Pariwisata Kota Wali (SIPARTALI) di Panggung Kesenian Tembiring Demak, Kamis (18/11/21). (Foto:Kominfo/put/ist)

Peristiwa

Demak Berpeluang Masuk ke Jejaring Indonesia Creative City Network
Mensos Tri Rismaharini, memantau langsung perbaikan areal makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. (Foto: Kementerian Sosial)

Peristiwa

Mensos Tri Rismaharini Pantau Perbaikan Makam Bung Karno
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menggunting pita, menandai peresmian Jembatan Hijau dan Jalan Gus Dur di Pajangan. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Resmikan Jembatan Hijau dan Jalan Gus Dur di Pajangan
Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (Rapimnas Kadin) 2021 di Kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Jumat (3/12/2021). (Foto: AYH/Humas Kominfo)

Peristiwa

Agar Setara Jepang, Indonesia Butuh Tambahan Infrastruktur Cloud 10 Kali Lipat
Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Kampung Sayur Guyub Rukun Warga Tingkatkan Pendapatan Keluarga
nyatanya.com

Peristiwa

Empat Remaja Dibacok Saat Lagi Makan Bakso di Sleman, Polisi Buru Pelaku
Tim Rescue Respon Cepat (TRRC) SKW II BKSDA Pangkalan Bun Kalimantan Tengah bersama OFI telah berhasil melakukan evakuasi Orangutan di Desa Sungai Bedaun Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (26/2/2022). (Foto: Mitra Diskominfo Kalteng)

Peristiwa

Orangutan yang Nyasar di Perkampungan di Kotawaringin Barat Berhasil Dievakuasi