Home / Panggung

Rabu, 3 Juli 2024 - 19:08 WIB

Mahasiswa Arsitektur UTY Gelar Pameran Texture 2024 di Pendhapa Art Space

Karya sketsa hasil lomba mahasiswa arsitektur yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY dipamerkan di Pendhapa Art Space. (Foto: Agoes Jumianto)

Karya sketsa hasil lomba mahasiswa arsitektur yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY dipamerkan di Pendhapa Art Space. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Bantul – Puluhan sketsa, desain dan maket arsitektur, karya instalasi dan sejumlah karya tugas akhir mahasiswa Arsitektur Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dipamerkan dalam pameran bertajuk Textur 2024 di Pendhapa Art Space, Tegal Krapyak Ring Road Selatan Bantul Yogyakarta.

Pameran dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Endang Setyawati, M.T selaku Kaprodi Arsitektur, dan Adi Setia Budi Bawono S.T M.T selaku wakil dekan fakultas sains & teknologi UTY, Rabu 3 Juli 2024 dan akan berlangsung hingga Sabtu 6 Juli 2024.

“Pameran ini mengundang beberapa himpunan mahasiswa arsitektur di Yogyakarta untuk ikut berpartisipasi. Sebelumnya kami menggelar lomba sketsa yang hasilnya ikut dipamerkan,” ujar Adel, Ketua Panitia Pameran.

Dijelaskan Adel, pameran yang mengangkat tema Texture ini berawal dari persoalan sampah yang masih menjadi isu besar di Yogyakarta.

“Karya-karya yang dipamerkan kali ini pun banyak yang dihasilkan dari pengolahan limbah sampah. Bahkan partisi yang digunakan pun menggunakan kerdus bekas,” imbuh Adel.

Baca juga   "Mendung Tanpo Udan" Bawa Ndarboy Genk Penyanyi Ambyar Pria Terbaik MNCTV

Berangkat dari isu besar soal TPA Piyungan yang ditutup hingga menimbulkan persoalan sampah yang melimpah di Yogyakarta, kemudian berkembang dan dirumuskan dalam sayembara lomba desain rumah tinggal hingga desain furniture yang menggunakan limbah barang bekas.

Texture sendiri mengambil tema ricycle dan pamerannya sendiri mempunyai tagline A Piece of Trash is a Masterpiece of Art.

“Kami pengin teman-teman yang ada di luar sana melihat sampah bukan hanya sekadar sampah, tapi bisa diolah dijadikan barang yang lebih bermanfaat dan ada nilai estetikanya,” beber Adel.

Selain karya lomba yang dipamerkan, Pameran Texture juga menghadirkan karya mahasiswa dari semester 1 sampai tugas akhir.

Sementara itu Adi Setia Budi Bawono S.T M.T selaku wakil dekan fakultas sains & teknologi UTY menjelaskan, persoalan sampah dan dampaknya terhadap lingkungan memang luar biasa.

Dengan adanya kegiatan pameran mahasiswa Arsitektur ini sebagai salah satu cara untuk memotivasi mahasiswa dan peran universitas untuk melihat bahwa ada sisi lain dari sampah yang bisa diolah menjadi sesuatu yang berharga.

Baca juga   Polisi Gerebek Dua Rumah di Pajangan Bantul yang Dijadikan Tempat Membuat Mercon

“Tidak semua sampah itu merupakan barang sisa atau membuat pencemaran, tetapi dengan adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa segala sesuatu itu pasti ada manfaatnya. Asal kita bisa memilih dan memilah mana yang baik dan kemudian merecycle kembali menjadi barang yang memberi manfaat baru,” ujar Setia Budi.

Sementara itu Direktur Pendhapa Art Space (PAS), Ganes Setya Aji mengungkapkan rasa senangnya dimana untuk kesekian kalinya Pendhapa Art Space memberi suport kepada para mahasiswa untuk berpameran, dan kali ini para mahasiswa arsitektur dalam pameran Texture 2024.

“Kami sangat mendukung setiap aktivitas seni budaya, bukan saja para perupa tetapi juga kalangan pendidikan untuk berunjuk diri melalui karya-karyanya, sebagaimana juga dilakukan para maha-siswa Arsitektur UTY ini,” ujar Ganes. (N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo mengunjungi pameran lukisan Pesona Budaya Nusantara di Gedung Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta, Jumat (3/6/2022). Foto: Humas Jateng

Panggung

Kunjungi Pameran Lukisan, Ganjar: Wajah Seniman “Mrenges” Lagi
Fia, Haizofers yang mengagumi kemampuan akting Haizof. Foto: Ist

Panggung

Haizofers Punya Alasan Kagumi Haizof, Salah Satunya karena Memiliki Hal Ini
Pentas perdana Royal Orchestra Keraton Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo DIY)

Panggung

Pentas Royal Orchestra, Sukses Tebarkan Indahnya Nada
Nugie dan Endah Sharaswati rilis single 'Sakit Rindu' milik sang maestro campursari Manthous. (Foto: Istimewa)

Panggung

Duet Endah Sharaswati dan Nugie, Ganda Campuran yang ‘Sakit Rindu’
Mario Zwinkle. (Foto: Istimewa)

Panggung

Mario Zwinkle Rilis Single Baru Sapu Jagat, yang Sekaligus Jadi Judul Album Kedua
Foto: Humas Pemkot Yogya

Panggung

Gebyar Pameran Foto Angkat Pesona Wisata Yogya Dari Masa ke Masa
Eni menjelaskan karya-karyanya kepada pengunjung seusai pembukaan. Foto: Ist

Panggung

Eni Takahashi Pameran Fotografi “Oleh-oleh dari Kyoto” di Beteng Vredeburg
Foto: Instagram @jihanaudy123_real

Panggung

Sambut Ramadan, Jihan Audy Siapkan Single Karya Anton Obama ‘Lentera Ramadan’