Home / Plus

Kamis, 4 April 2024 - 10:28 WIB

Mahasiswa DKV ISI Surakarta Gelar Aksi Mural Keberagam dan Toleransi di Joglo Banjarsari

Mahasiswa DKV ISI Surakarta melukis mural bertema keberagaman dan toleransi di Kelurahan Joglo, Banjarsari Solo. (Foto: Dok.DKV ISI)

Mahasiswa DKV ISI Surakarta melukis mural bertema keberagaman dan toleransi di Kelurahan Joglo, Banjarsari Solo. (Foto: Dok.DKV ISI)

NYATANYA.COM, Solo – Puluhan mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar aksi mural bertema keberagaman dan toleransi.

Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari kerjasama HIMA DKV FSRD ISI Surakarta dengan pemerintah Kelurahan Joglo, Banjarsari Solo melalui pengabdian pada masyarakat.

Kegiatan digelar selama 3 (tiga) hari, Sabtu hingga Senin, 23 – 25 Maret 2024.

Mural yang menghiasi dinding tembok ruang publik ini dalam rangka untuk mengikuti Lomba Desa tahun 2024 tingkat Kota Surakarta.

Warga dan mahasiswa bersama-sama merancang mural ini dari tahap awal sampai eksekusinya yang memuat berisi pesan kebhinekaan dam toleransi antar bangsa Indonesia.

Baca juga   Nyadran dan Apeman, Tradisi Masyarakat Jelang Puasa Ramadan

Para mahasiswa DKV ISI Surakarta yang tergabung dalam kelompok aksi mural di Joglo Banjarsari. (Foto: Dok. DKV ISI)

Puluhan mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang berasal dari angkatan 2022 dan 2023 terlihat sangat antusias dalam mengerjakan mural di kawasan Kelurahan Joglo, Banjarsari, Surakarta dengan beragam karakter dan warna menghiasi dinding mural.

Aliek Budiarta, S.STP. M.SI selaku Lurah Joglo Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, berharap ke depan dengan pelibatan mahasiswa DKV ISI Surakarta ini dapat terus terjalin silaturahmi.

Atiek juga berharap kegiatan ini memberikan apresiasi dari mahasiswa yang sudah membantu berkolaborasi dalam pembuatan mural.

Baca juga   Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

“Aksinya sangat menginspirasi masyarakat sekitar dan yang pasti mendatangkan kemanfaatan,” ujarnya dalam rilis diterima Kamis (4/4/2024).

Selain itu kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi antar semua unsur lembaga, baik masyarakat, RT, RW, LPMK, dan ASN Kelurahan Joglo.

Menurut Ipung Kurniawan Yunianto, M.Sn selaku Dosen Pembimbing HIMA DKV menyatakan bahwa tujuan kegiatan mural ini untuk menyampaikan pesan sinergi dalam bertoleransi keberagaman.

Sementara menurut koordinator mahasiswa, Rasya Malik Maulana menjelaskan bahwa kegiatan ini bagian dari bentuk kontribusi mahasiswa untuk membantu masyarakat, khususnya di lingkungan Joglo. (N1)

Share :

Baca Juga

Forum dialog bersama anak-anak di RW 24 Mergangsan menjadi salah satu upaya mewujudkan Kampung Semanak. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kampung Semanak Mergangsan Kidul Wujudkan Lingkungan Nyaman Huni dan Pertebal Toleransi
SMPN 1 Ungaran kini memiliki museum. Ada tiga galeri di tiga ruang terpisah, yang menyimpan aneka benda kuno. Diantaranya, mesin ketik, pesawat telepon, sepeda ontel, dan bangku siswa. Foto: Diskominfo Kab Semarang

Plus

Museum SMPN 1 Ungaran Diresmikan, Pajang Koleksi Mesin Ketik Kuno
Prosesi ruwatan Popo Sakkelir. (Foto: istimewa)

Plus

Masyarakat Penghayat Kepercayaan Lakukan Ruwatan Popo Sakkalir 
Talkshow keamanan siber di SMKN 3 Yogyakarta pada Jumat (22/7/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

BSSN dan Pemkot Yogya Ajak Pelajar Jaga Keamanan Ruang Siber
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Ryadhy/InfoPublik)

Plus

UMKM Lokal Diproyeksikan Raup Keuntungan Rp500 Miliar di MotoGP 2022
Sarasehan forum bank sampah Kemantren Pakualaman, Rabu (7/12/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Bebas Sampah Anorganik di 2023, Pemkot Yogya Dorong Penambahan Bank Sampah di Wilayah
Babinsa Sertu Aris. (Foto: istimewa)

Plus

Sambat Babinsa Alami Buta Warna, Lulus Tentara Usai Terapi di Klinik Banyu Urip
Foto: Diskominfo Jateng

Plus

UMKM Asal Malang Ini pun Dapat Berkah dari Lapak Ganjar