Home / Wisata

Jumat, 16 Juli 2021 - 10:26 WIB

Makam Para Wali Gunungpring Masih Ditutup untuk Peziarah

Tempat makam para Wali yang sehari-harinya didatangi ribuan peziarah dari berbagai kota di nusantara ini masih ditutup total. (Foto:nyatanya.com/Humas Kab. Magelang)

Tempat makam para Wali yang sehari-harinya didatangi ribuan peziarah dari berbagai kota di nusantara ini masih ditutup total. (Foto:nyatanya.com/Humas Kab. Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Meningkatnya penyebaran Covid-19 memaksa dilakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di banyak sektor salah satunya wisata religi di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

Tempat makam para Wali yang sehari-harinya didatangi ribuan peziarah dari berbagai kota di nusantara ini masih ditutup total.

“Penutupan dilakukan mulai tgl 3 sampai dengan 20 Juli 2021 sesuai intruksi dari Pemerintah,” kata Kades Gunungpring Ilham Abadi, Kamis (15/7/2021).

Pemerintah Desa Gunungpring juga memasang sejumlah baner pengumuman penutupan itu di sejumlah titik dan pintu gerbang masuk makam.

Baca juga   Candi Borobudur, Pawon dan Mendut Terdampak Abu Vulkanik Gunung Merapi

Kondisi juga terlihat lengang, mulai dari area parkir, ratusan kios souvenir hingga penginapan. Semua tempat itu merupakan tempat usaha milik warga.

“Kita tutup total dari pintu gerbang utama untuk kegiatan para peziarah,” imbuh Ilham.

Wisata religi Gunungpring ini terdapat makam sejumlah wali yang sangat terkenal diantaranya Kyai Haji Raden Santri, Kyai Jogorekso dan Kyai Haji Dalhar.

Ilham berharap, kondisi pandemi segera berahir, dan masyarakat Indonesia sehat semua terhindar dari wabah Covid-19.

Salah satu pemilik penginapan sekitar, Linda mengaku sebelum pandemi tempat wisata religi Gunungpring tak pernah sepi. Ribuan peziarah datang silih berganti dan itu menjadi sumber ekonomi warga setempat.

Baca juga   Pelaku Wisata di Bukit Cinta Terima Bantuan Sembako

Linda menyadari penutupan ini sebagai upaya memutus penularan Covid-19 mengingat para peziarah biasanya datang secara rombongan menggunakan bus.

Tidak hanya dari kota-kota di wilayah Jawa Tengah, peziarah yang datang mengunjungi makam para wali di Kabupaten Magelang ini juga banyak yang berasal dari luar daerah.

“Pengunjung sepi. Semoga ini Covid-19 cepat berakhir sehingga aktivitas kita kembali normal,” harapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Indonesian Gastronomy Community (IGC) menyelenggarakan serangkaian acara Gastronosia Borobudur 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 29 – 31 Oktober 2021 di Magelang dan Yogyakarta. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

“Perjamuan Shima” Pungkasi Acara Gastronosia Borobudur 2021
Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq meluncurkan Pasar Kopen dan Sekolah Kopi Gemawang. (Foto: MC Kab Temanggung)

Wisata

Bupati Temanggung Resmikan Wisata Baru, Pasar Kopen dan Sekolah Kopi Gemawang
Sekelompok penyiar radio di Magelang naik skuter listrik sekaligus promosi batik dan wisata seputaran Candi Borobudur. (Foto:Humas/beritamagelang)

Wisata

Naik Skuter Berpakaian Batik, Penyiar Radio Promosikan Wisata Borobudur
Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara PT Gambaran Brand dengan Universitas Tidar (Untidar) di gedung Fakultas Teknik Untidar, Rabu (10/11/2021). Kerja sama itu menyepakati objek wisata Nepal Van Java menjadi wisata berbasis smart tourism. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Obwis Nepal Van Java akan Dikembangkan dengan Konsep Smart Tourism
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelaku wisata di Goa Selarong. (Foto: Humas Kab. Bantul)

Wisata

Giliran Pelaku Wisata Goa Selarong Disasar Vaksin Covid-19
Pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi dan melakukan scan barcode. Bagi yang tidak memiliki smartphone, maka bisa menggunakan kartu vaksin yang akan disesuaikan dengan identitas pemilik. Mereka juga harus dicek suhu tubuhnya. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Wajib Check In Aplikasi PeduliLindungi, Ketep Pass Mulai Dikunjungi Wisatawan
Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, hotel bintang lima yang mengusung kearifan lokal Nusa Tenggara Timur. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

Hotel Meruorah Komodo Siap Dukung G20 dan Asean Summit 2023
Para pelaku dan pegiat pariwisata saat mencoba sepeda elektrik dan scooter, dengan latar belakang Candi Pawon. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Sepeda Elektrik dan Scooter Ramaikan Wisata Malam Candi Borobudur