Home / News

Jumat, 18 Juni 2021 - 22:12 WIB

Makin Tingginya Kasus Covid-19, Tempat Keramaian di Yogya Tutup

Ilustrasi:nyatanya.com

Ilustrasi:nyatanya.com

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Yogyakarta benar-benar darurat Covid-19. Semakin tingginya penambahan kasus positif Covid-19 di DIY selama sepekan terakhir membuat semua pihak musti berpikir realistis. Tetap membuka ruang bagi berkumpulnya banyak orang atau tutup.

Jumat (18/6/2021) siang, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyatakan untuk mempertimbangkan lockdown total di wilayah DIY. Sri Sultan mengutarakan bahwa selama ini kontrol mobilitas masyarakat telah dilakukan pada tingkatan terendah yakni RT/RW.

“Kontrol di RT RW, kalau gagal, arep ngopo meneh (mau apa lagi). Kita belum tentu bisa cari jalan keluar, satu-satunya cara ya lockdown, totally. Kita pemerintah juga sulit kalau masyarakat tidak mengapresiasi diri sendiri untuk bisa disiplin,” jelas Sri Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Baca juga   Dukung Pemilu dan Pilkada, Pemkot Yogya Gelar Sekolah Demokrasi

Sampai Kamis (17/6/2021), kasus Covid-19 DIY secara kumulatif mencapai 50.746 kasus. Sementara kasus sembuh mencapai 44.843 kasus dan meninggal sebanyak 1.330 kasus. Untuk kasus aktif mencapai 4.573 kasus. Melihat kenyataan ini, Pemerintah Kabupaten/ Kota di DIY pun mengeluarkan surat edaran tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis bikro untuk pencegahan Covid-19.

Pengumuman ditutupnya Taman Wisata Candi Prambanan. (Foto:nyatanya.com/Instagram media_twc)

Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, dalam Instagram resminya, Jumat (18/6/2021) sore, sudah menindaklanjuti imbauan Pemkab dengan mengumumkan menutup sementara Taman Wisata Candi Prambanan mulai 19-20 Juni 2021.

“Penutupan ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah,” tulis media_twc.

Baca juga   Banjir Bandang Kota Batu, 2 Meninggal Dunia 6 Orang Dilaporkan Hilang

Di Bantul, sesuai instruksi Bupati Bantul No.15/Inst/2021, destinasi kawasan Parangtritis, Kawasan pantai wilayah barat (Samas, Pandansari, Gua Cemara, Cangkring, Kuwaru, Baru, dan Pandansimo), Gua Selarong dan Gua Cerme juga ditutup untuk wisatawan setiap hari Sabtu dan Minggu, 15-28 Juni 2021.

Sementara itu, Panggung Alpha Bravo yang setiap malamnya menggelar pentas musik dangdut di kompleks Pyramid, Jalan Parangtritis Yogyakarta, juga mengumumkan untuk tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Orkes dan penyanyi yang sedianya akan tampil menghibur malam ini pun batal dimainkan. Pengelola Panggung Alpha Bravo mengeluarkan pengumumannya itu, Jumat (18/6/2021) sore melalui Instagram dan pesan WA, sebagaimana diterima nyatanya.com. (N1)

Share :

Baca Juga

Kehadiran Vaksin Keliling diharapkan mendongkrak capaian vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Sudah Layani 1.453 Orang, “Bus Vaccine Mobile” Pemprov Jateng Terus Bergerak
(Foto: Istimewa)

News

KAI Berlakukan Ketentuan Baru Pemesanan Tiket KA Jarak Jauh
Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X melihat unit mobil ambulans bantuan hibah dari BNPB. Pemda DIY menerima bantuan penanganan Covid-19 berupa 1 unit mobil ambulans dan 1 unit mobil jenazah. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Dukung Peningkatan Layanan Pasien, Pemda DIY Terima Hibah Ambulans
Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi sekaligus menjadi vaksinator. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Dukung PTM, Pemkab Sragen Mulai Vaksinasi Pelajar
Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe, yang terletak di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/2021). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

News

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan pers usai gelar rapat tertutup terkait PPKM Darurat. (Foto: nyatanya.com/Prastyawan)

News

Tindaklanjuti PPKM Darurat Jawa-Bali, Sri Sultan HB X Gelar Rapat Tertutup
(Foto: InfoPublik)

News

Siang ini Tahap 111 dan 112 Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Mendarat di Bandara Soetta
Tim gabungan BPBD Kota Batu bersama unsur TNI berupaya membersihkan puing potongan kayu yang terbawa banjir bandang di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

News

Update! Banjir Bandang Kota Batu, Tujuh Warga Meninggal Dunia