Home / Peristiwa

Kamis, 1 Juli 2021 - 08:27 WIB

Mal Pelayanan Publik, One Stop Services-nya Pemkot Yogya

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meresmikan Mal Pelayanan Publik di kompleks Balaikota. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meresmikan Mal Pelayanan Publik di kompleks Balaikota. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta kini memilikk fasilitas publik yang mengintegrasikan beragam pelayanan untuk masyarakat bernama Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP berlokasi di sisi selatan komplek Balaikota Yogyakarta dengan menerapkan satu pintu akses bagi pelayanan, yakni melalui petugas front office.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan penyelenggaraan pelayanan publik merupakan tugas utama yang diemban oleh Pemerintah sebagai perwujudan kewajiban sebagai abdi masyarakat.

“Sebagai entitas yang menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan tugas ini, Pemerintah saat ini sepatutnya memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima dengan menjunjung nilai kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisiensi, adil dan merata, serta tepat waktu,” katanya saat soft launching MPP Kota Yogyakarta, Rabu, (30/6/2021).

Haryadi menjelaskan, hadirnya MPP yang juga merupakan amanat dari Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan MPP Mal Pelayanan Publik, selain itu hadirnya MPP ini juga merupakan salah satu perwujudan komitmen Pemkot Yogya untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Baca juga   RS Respati Sleman Resmi Menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

“Pelayanan pada MPP diharapkan tak hanya mudah, cepat, serta memiliki prosedur jelas, tetapi juga merupakan one stop services atau satu tempat tujuan yang menyediakan berbagai layanan,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, masyarakat tidak perlu mobilitas tinggi untuk dapat menikmati berbagai layanan tetapi cukup pergi kesatu tempat saja.

“Selayaknya Mal yang biasa kita temui dalam aktivitas komersial, MPP Kota Yogyakarta yang menghadirkan 19 unit anjungan pelayanan, juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang mushala, minimarket, tempat bermain serta ruang laktasi yang bersih dan nyaman,” tandas orang nomor satu di Kota Yogyakarta ini.

Baca juga   Pemkot Yogya Kembali Salurkan BPUM Rp1,2 Juta bagi UMKM

Dengan adanya MPP ini pelayanan cetak dan rekam kartu tanda penduduk (KTP), layanan pajak dari KPP Pratama, Samsat, Polresta Yogyakarta, Kantor Kementerian Agama, Bea Cukai, BPOM, Imigrasi, serta layanan dari sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta terpusat dalam satu tempat.

Sebelum diwujudkan dalam bentuk fisik Mal Pelayanan Publik ini, sejak tahun 2018, Pemkot Yogyakarta juga telah memiliki Mall Layanan Publik secara ”virtual” yang diwujudkan dalam sebuah aplikasi bernama Jogja Smart Service (JSS).

“Layanan ini mengusung prinsip single window, single sign on, dan single ID serta dapat di-akses baik melalui perangkat komputer maupun handphone berbasis android dan IoS,” imbuhnya. (*)

Share :

Baca Juga

Paguyuban Pinsar Petelur Nasional Kabupaten Magelang memberikan bantuan sebanyak 650 kg telur bagi tenaga kesehatan. (Foto: Humas Kab. Magelang)

Peristiwa

Tambah Imun Nakes, PPN Magelang Bantu 650 Kg Telur
Ilustrasi vaksin Covid-19 bagi ibu hamil. (Foto:dokumentasi/humas kab bantul)

Peristiwa

1.100 Ibu Hamil Jadi Sasaran Vaksin Pemkot Yogya
Petugas kesehatan Puskesmas Dharmarini Temanggung saat melayani vaksinasi guru dan karyawan sekolah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Guru di Temanggung Selesaikan Vaksinasi Tahap Kedua
Bupati Kudus saat menerima bantuan APD dari anggota Komisi XI DPR RI Musthofa. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Semangat! Pemkab Kudus Terima Bantuan APD
Pelaksanaan vaksinasi di Graha Bhumi Phala Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Temanggung Gelar Vaksinasi Serentak Tahap 2
PDAM Tirtamarta meluncurkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang dinamakan 'Ayo' Tirtamarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Tandai HUT ke-103, PDAM Tirtamarta Luncurkan AMDK ‘Ayo’ Tirtamarta
Bidan Sri Susilowati sedang memeriksa dan memberikan bantuan terhadap pasien Covid-19 tanpa gejala yang lakukan isoman di Dukuh Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Bidan Desa Door to Door Pantau Pasien Covid-19
Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho menyerahkan cinderamata kepada Ketua PWI DIY Hudono. (Foto: Dokumentasi PWI DIY)

Peristiwa

PWI dan Pertamina Bersinergi Dukung Pengembangan Kualitas Wartawan