Home / News

Sabtu, 8 Januari 2022 - 14:26 WIB

Malam Ini, 3.182.400 Dosis Vaksin AstraZeneca Dijadwalkan Tiba di Bandara Soetta

Ilustrasi. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

Ilustrasi. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah kembali akan menerima kedatangan sebanyak 3.182.400 dosis Vaksin AstraZeneca (tahap ke-190 dan 192) yang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten pada Sabtu (8/1/2022) pukul 22.15 WIB.

Vaksin AstraZeneca tersebut merupakan donasi dari Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) Facility.

Secara rinci, jutaan dosis Vaksin AstraZeneca diangkut menggunakan Maskapai Emirates EK358 dengan masing-masing tahap berjumlah 1.852.800 dosis dan 1.329.600 dosis.

Vaksin Covid-19 berbagai merek terus menerus datang beriringan dengan langkah pemerintah meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah yang diharapkan menjadi salah satu perlindungan utama bagi rakyat Indonesia dari penularan virus Covid-19.

Kedatangan vaksin ini juga diharapkan mempercepat terbentuknya herd immunity serta terpenuhinya capaian target vaksinasi 208,2 juta penduduk Indonesia pada Maret-April 2022 atau dua bulan ke depan.

Baca juga   Indonesia Masuk Lima Negara yang Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, mengatakan untuk mencapai target tersebut, pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi pada berbagai kelompok usia dan segera memulai pemberian vaksinasi penguat atau booster.

“Diharapkan pada Maret atau April nanti, target sasaran vaksinasi 208,2 juta penduduk akan terselesaikan,” ujar Menkominfo di Jakarta, Jumat (7/1/2022).

Menurutnya, dengan vaksinasi yang masif, kekebalan komunal bisa tercapai sehingga masyarakat lebih terlindungi, terutama sebagai antisipasi varian mutasi baru Omicron.

“Meski saat ini cakupan vaksinasi Indonesia terbilang tinggi, namun target masih harus dikejar,” imbuh Menkominfo.

Berdasarkan data per 6 Januari 2022, 80 persen sasaran vaksinasi telah mendapatkan suntikan dosis pertama dan lebih dari 55 persen telah mendapatkan vaksinasi lengkap dua dosis.

Untuk meningkatkan sasaran tersebut, pemerintah telah memulai vaksinasi untuk anak 6-11 tahun sejak Desember 2021 lalu dan akan menerapkan vaksin booster mulai 12 Januari mendatang.

Baca juga   Ketatnya Prokes Covid-19 PON Papua Klaster Mimika

“Ini adalah kerja besar melibatkan perjuangan dan dukungan berbagai pihak dari pusat hingga daerah, termasuk para pembuat opini publik seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan akademisi. Yang terpenting, peran aktif masyarakat. Kita sudah sampai sejauh ini, harus tetap dipertahankan,” ujar Menkominfo.

Kerja sama yang baik telah berhasil membuat Indonesia menjadi sebagai salah satu negara dengan cakupan vaksinasi terbanyak di dunia, mengikuti Tiongkok, India, dan Amerika Serikat (AS), dengan catatan cakupan vaksinasi sebanyak 166,67 juta sasaran.

“Capaian seperti ini harus kita jadikan motivasi untuk tetap bergerak. Jangan lengah, karena perkembangan Covid-19 masih sangat dinamis. Terlebih dengan masuknya Omicron ke Indonesia dan telah terjadi transmisi lokal,” kata Menkominfo.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bambang Susantono dan Donny Rahajoe. (Foto: Istimewa)

News

Sore Ini Presiden Lantik Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, Berikut Profilnya
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Ekon)

News

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 200 Kabupaten/ Kota PPKM Level 3
Kemenkes) meminta semua pihak terkait untuk mempercepat vaksinasi guna mencegah peyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya untuk lanjut usia (lansia) karena sangat rawan untuk masuk rumah sakit (RS) dan meninggal. (Foto: Kemenkes)

News

Cegah Penyebaran Covid-19, Kemenkes Minta Vaksinasi Dipercepat
Foto: BPMI Setpres

News

Ini Instruksi Presiden atas Kasus Obat Penyebab Gagal Ginjal Akut
Jaksa Agung Burhanuddin dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (24/2/2022). (Foto: Tangkapan Layar Video Kejagung)

News

Kejagung Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi di PT Garuda Indonesia
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Sekolah Gelar PTM 100 Persen, Ganjar : Pastikan Prokes Berjalan dan Kontrol Tiap Hari
Foto: Dok.Puspenkum

News

Kejagung Kembalikan Berkas Perkara Ferdy Sambo dan Lainnya ke Bareskrim Polri, Ini Alasannya
(Foto: Kemenkes)

News

Kebutuhan Obat-obatan dan Oksigen Pasien Covid-19 Masih Aman dan Mencukupi