Home / Olga

Jumat, 5 November 2021 - 21:18 WIB

Manfaatkan Teknologi Drone ‘Pesta Cahaya’ di Pembukaan Peparnas Papua

Penampilan Drone Light yang membentuk Peta Indonesia di Opening Ceremony Peparnas XVI Papua 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (05/11/2021) malam. (Foto: PB.Peparnas XVI Papua/Ronaldy Irfak)

Penampilan Drone Light yang membentuk Peta Indonesia di Opening Ceremony Peparnas XVI Papua 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (05/11/2021) malam. (Foto: PB.Peparnas XVI Papua/Ronaldy Irfak)

NYATANYA.COM, Jayapura – Ada beragam cara kreatif memanfaatkan teknologi, salah satunya dalam memeriahkan sebuah event. Seperti 500 drone yang menambah kemeriahan di acara Opening Ceremony Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, Jumat (5/11/2021) malam.

Ratusan drone melayang-layang di atas Stadion Mandala Jayapura membentuk konfigurasi cahaya warna-warni. Mulai bentuk peta Nusantara, Burung Cenderawasih, maskot Peparnas Hara dan Wara serta ditutup dengan formasi kalimat “Selamat Datang”.

Pesta kekayaan warna cahaya dari lampu dibalut percikan cahaya kembang api ini memanjakan mata masyarakat Jayapura baik yang menonton langsung di Stadion Mandala, maupun yang menyaksikan melalui layar televisi atau gadget.

Ketua Opening and Closing Ceremony (OCC) Peparnas Papua, Toton Hutomi, mengatakan ratusan drone tersebut didatangkan dari California dan Dubai. Sementara pilotnya didatangkan dari Eropa dan Singapura.

Menurut dia, niat awal menampilkan kemegahan pembukaan Peparnas agar sekelas dengan Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020.

Perhelatan semakin gebyar ketika penyanyi Anggun C Sasmi melantunkan lagu hitsnya “Mimpi” bersama 50 orang paduan suara dari tribun penonton. “Melambung jauh terbang tinggi, bersama mimpi, terlelap dalam lautan emosi. Setelah aku sadar diri, kau tlah jauh pergi. Tinggalkan mimpi yang tiada bertepi”.

Baca juga   Penyanyi Anggun dan Addie MS Kunjungi SLB Pembina Jayapura

Penyanyi Papua jebolan Indonesia Idol, Nowella dan DJ Sammy menutup Pembukaan Peparnas XVI Papua 2021. Meninggalkan kesan cahaya kemenangan dan kesetaraan dari ufuk timur Papua. Agar mimpi kemajuan Papua dan Indonesia kian terwujud.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun secara resmi membuka Peparnas XVI Papua. Wapres Ma’ruf didampingi Wury Estu Handayani mengenakan jaket olahraga bernuansa biru dan mengenakan hiasan kepala khas Papua.

Untuk menandai dimulainya acara, lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan dipimpin oleh Anggun dan 150 anak-anak Papua.

Kehadiran Wapres dalam pembukaan Peparnas XVI menggantikan Presiden Joko Widodo yang sedang melakukan karantina usai kunjungan kerja di Italia, Inggris, Abu Dhabi dan Dubai.

“Dalam hal ini, Presiden meminta saya untuk membuka Peparnas ini dan Presiden sendiri yang nanti akan menutupnya. Pada PON yang lalu, Presiden membuka acara dan saya yang menutup. Sebaliknya, pada acara ini saya yang membuka dan Presiden yang nanti akan menutupnya,” ujar Wapres.

Wapres pun memberikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin amali, Gubernur Papua Lukas Enembe serta berbagai pihak yang berkontribusi dalam kerja kerak menyukseskan Peparnas XVI.

Baca juga   Bamkala - APMM Evakuasi 60 TKI Korban Kapal Karam di Perairan Johor

“Secara khusus saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara saya, sa pu sodara Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Papua selaku Panitia Besar (PB) Peparnas-2021 ini,” katanya.

Sebelumnya, melalui rekaman video, Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Papua dan seluruh kontingen Peparnas XVI karena tidak dapat menghadiri upacara pembukaan.

Presiden mengatakan bisa membuka Peparnas XVI secara virtual, namun dia memilih datang langsung ke Papua pada penutupan Peparnas XVI nanti.

“Sebenarnya pada 5 November 2021 pagi saya sudah tiba di Tanah Air dan bisa membuka Peparnas secara virtual dari Jakarta. Tapi, saya lebih memilih hadir di acara penutupan nantinya di Jayapura, karena Papua selalu di hati saya,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga berterima kasih kepada Wapres karena hadir di Papua untuk membuka Peparnas XVI secara langsung di Stadion Mandala, Jayapura.

“Terima kasih kepada Bapak Wapres yang telah hadir untuk membuka Peparnas XVI. Saya yakin Peparnas di Papua akan sukses, penuh dengan prestasi dan meriah,” kata Presiden Jokowi. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Tim kriket putri Papua akhirnya berhasil meraih medali emas pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di nomor super sixes, setelah mengalahkan tim kuat Bali dengan skor 45-44 di laga final yang berlangsung di arena kriket Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Minggu (26/9/2021) sore. (Foto:Rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Tim Kriket Putri Papua Sukses Sumbangkan Medali Emas Pertama PON XX
Kekuatan ganda putra kini bertumpu di pundak pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (Foto: kemepora/nocindonesia)

Olga

Melaju ke Semifinal, ‘The Daddies’ Jadi Tumpuan Sektor Ganda Putra
Lomba pacuan kuda kepang, salah satu agenda Pemkab Sleman dalam rangka Hari Olahraga Nasional. (Foto:Humas Sleman)

Olga

Lomba Olahraga Tradisional Warnai Haornas di Sleman
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Disebut Tak Mau Temui Pengprov Pertina Papua, Gus Yasin: Tidak Ada yang Konfirmasi ke Saya
Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto, berfoto bersama para Atlet Peraih Medali pada Cabang Olahraga Renang Nomor 100M GAya Bebas Putra S7 di Akuatik Stadium Lukas Enembe, Selasa (9/11/2021). (Foto: PB Peparnas Papua/Ronaldy Irfak)

Olga

Klasemen Peparnas, Papua Makin Tinggalkan Jabar di Perolehan Medali
Kontingen PON XX Jawa Tengah asal Pekalongan saat pamitan Wali Kota. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Olga

10 Atlet Pekalongan Perkuat Kontingen Jateng di PON XX
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi secara simbolis memberikan tali asih kepada atlet PON Papua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Pemkot Yogya Beri Tambahan Uang Saku Atlet dan Pelatih PON Papua
Kustini Sri Purnomo dan jajaran manajemen PS Sleman usai pertemuan untuk memastikan homebase PSS tetap di Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Olga

Bupati Kustini: Homebase PSS Tetap di Sleman