Home / News

Kamis, 3 November 2022 - 13:05 WIB

Masuk Nominasi Lomba Kelurahan Tingkat Nasional, Tim Lakukan Verifikasi di Jebres Surakarta

Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa Bali Kemendagri, Tiyar Cahya Kusuma dan Simon Makarios Aruan, serta tim Balai Pemdes di Yogya, melakukan verifikasi lapangan, Selasa (1/11/2022). Foto: MC Pemkot Surakarta

Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa Bali Kemendagri, Tiyar Cahya Kusuma dan Simon Makarios Aruan, serta tim Balai Pemdes di Yogya, melakukan verifikasi lapangan, Selasa (1/11/2022). Foto: MC Pemkot Surakarta

NYATANYA.COM, Surakarta – Kelurahan Jebres, Kota Surakarta, masuk nominasi Lomba Kelurahan Tingkat Nasional 2022.

Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa Bali Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tiyar Cahya Kusuma dan Simon Makarios Aruan, serta tim Balai Pemdes di Yogya, melakukan verifikasi lapangan, Selasa (1/11/2022).

Mengawali kegiatan, tim diterima oleh Wakil Wali Kota dan Ketua DPRD beserta jajaran OPD Kota Surakarta di Loji Gandrung.

Selanjutnya tim berangkat menuju Kelurahan Jebres dengan menaiki Kendaraan Wisata Listrik Bebas Polusi milik Pemkot Surakarta.

Foto: MC Pemkot Surakarta

Di sana mereka melihat aktivitas dan fasilitas pelayanan, dokumen administrasi pemerintahan, termasuk stan pelayanan sejumlah perangkat daerah Kota Solo.

Selain itu, tim juga berdiskusi dengan beberapa aparatur kelurahan dan lembaga masyarakat Jebres, terkait keunggulan yang mereka miliki.

Selanjutnya tim melihat Taman Cerdas Soekarno-Hatta Kelurahan Jebres bersama Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming. Nampak berbagai aktivitas warga pagi itu, antara lain pembelajaran hukum untuk keluarga melalui metode ular tangga, yang dilakukan Kader PKK Kelurahan Jebres.

Tim juga membuktikan Kelurahan Jebres sebagai Kelurahan Ramah Anak, dengan melihat langsung kegiatan rutin anak-anak yang belajar menari dan menabuh gamelan, serta bermain.

Foto: MC Pemkot Surakarta

Di samping itu, tim juga mewawancarai beberapa mahasiswa yang sedang belajar kelompok di tempat yang disediakan pada Taman Cerdas tersebut.

Kepada tim, mereka menyatakan senang bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis dan cepat, untuk belajar dan mencari informasi. Bahkan mereka merasa taman tersebut sebagai tempat belajar yang nyaman.

Baca juga   Gandeng 40 Kepala SMA Swasta se-Kabupaten Gresik, FSRD ISI Surakarta Sepakati Kerjasama

Selain fasilitas tersebut, tim juga mengunjungi fasilitas lain yang dimiliki Taman Cerdas, yakni ruang teater terbuka dan tertutup, ruang teknologi informasi, perpustakaan, radio anak, serta ruang Puspaga atau Pusat Pembelajaran Keluarga.

Tim juga melihat beberapa relief transformasi kehidupan yang dibuat sebagai tempat swafoto bagi masyarakat yang berkunjung.

Kunjungan tim penilai lomba kelurahan tingkat nasional itu dilanjutkan ke Gedung Serbaguna RW 19 Kelurahan Jebres, Solo. Tim melihat kegiatan posyandu, pos lansia, posyandu remaja, dan kegiatan IVA test.

Lokasi terakhir pada klarifikasi lapangan merupakan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, dan recycle (TPS3R) Jebres.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka tampak terus mendampingi tim penilai dari Kemendagri tersebut.

Pimpinan Tim, Tiyar Cahya Kusuma menjelaskan, pihaknya telah melakukan proses evaluasi di tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, kota, penilaian administrasi, pemaparan Kelurahan Jebres. Untuk memperkuat penilaian, selanjutnya mereka turun melakukan klarifikasi lapangan.

“Kota Solo melalui Provinsi Jateng mengusulkan Jebres mewakili provinsi untuk lomba pada tingkat regional Jawa-Bali. Kelurahan Jebres mewakili Jateng,” katanya.

Tiyar menjelaskan sebelum ke Solo, tim penilai lomba kelurahan tingkat nasional sudah melakukan klarifikasi lapangan ke Provinsi Banten, Yogyakarta, Bali, Jatim, dan Jabar. Provinsi Banten tersisih pada tahapan seleksi administrasi sehingga menyisakan lima provinsi.

Baca juga   Kembali Terdeteksi di Jawa Timur, 7 Pasien Konfirmasi Omicron

“Kelurahan Jebres termasuk wilayah yang besar di Kota Solo. Suasana dari perangkat dari aparat-aparatnya seperti Babinsa dan Babinkamtibmas guyub,” jelasnya.

Tiyar menjelaskan ada beberapa instrumen penilaian lomba desa dan kelurahan, antara lain pemerintahan, kewilayahan, dan pengembangan masyarakat. Ketiga instrumen itu meliputi sejumlah program yang dijalankan pemerintah kelurahan.

Di antaranya, apakah kelurahan telah membuat anggaran berkaitan infrastruktur, sarana, dan prasarana dari dana kelurahan, yang sesuai dengan regulasi.

Selanjutnya apakah kelurahan sudah membuat peta batas kota, serta kegiatan pelestarian seni budaya.

Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo, menjelaskan, Kelurahan Jebres sampai pada tahapan klarifikasi lapangan lomba desa dan kelurahan mewakili Jateng berkat dukungan warga setempat.

“Kami harap Jebres bisa menjadi juara, setelah pada 2013 masuk urutan lima besar lomba desa dan kelurahan tingkat nasional,” kata Ari.

Pada lomba kali ini, Jebres yang mengusung tema ‘Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh’ harus bersaing dengan Kelurahan Bintara (Bekasi), Kelurahan Suryatmajan (Yogyakarta), Kelurahan Kanigoro (Madiun) dan Kelurahan Karangasem (Kabupaten Karangasem), untuk menjadi kelurahan terbaik se-Jawa dan Bali.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menilai Jebres berpotensi menjadi pemenang lomba tersebut berdasarkan skor sementara penilaian yang dilakukan tim.

“Kami optimistis,” ucap wali kota. (*/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Bupati Banjarnegara Ditangkap KPK, Ganjar Bakal Temui Wabup
Foto: mypertamina.id

News

Beberapa Jam Lagi Harga BBM Naik! Pertamina Mengimbau Masyarakat Tak Perlu Panik
Polda DIY memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2022 di halaman Mapolda DIY, Jumat (22/4/2022) sore. (Foto: Penrem 072/Pmk)

News

Pemudik Lebaran 2022 Diprediksi Mencapai 85 Juta Orang
Foto: ANTARA

News

OJK Terbitkan POJK bagi Lembaga Jasa Keuangan Nonbank
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden: Jangan Ganggu Investasi yang Masuk ke Indonesia
Kondisi Tangki 36 T-102 di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah, yang terbakar pada Sabtu (13/11/2021), pukul 19.10 WIB, saat hujan lebat yang disertai petir, dan baru berhasil dipadamkan pada Minggu (14/11/2021) pukul 07.45 WIB. (Foto: ANTARA)

News

Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan Elpiji untuk Masyarakat Tetap Aman
Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke tiga negara yang menjadi mitra kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi Berangkat Kunjungan Kerja ke Tiga Negara Mitra ASEAN
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam sambutannya di acara Diseminasi Upah Minimum Kota Yogyakarta Tahun 2022 di Hotel Burza Yogyakarta, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Kenaikan UMK Kota Yogya Tahun 2022, Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat