Home / Peristiwa

Minggu, 3 Oktober 2021 - 00:13 WIB

Masuk Rekor MURI, Dharma Pertiwi Gelar Membatik Serentak Sedunia

Para anggota Dharma Pertiwi membatik bersama secara serentak menandai peringatan Hari Batik Nasional 2021. (Foto: Puspen TNI)

Para anggota Dharma Pertiwi membatik bersama secara serentak menandai peringatan Hari Batik Nasional 2021. (Foto: Puspen TNI)

NYATANYA.COM, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2021, Dharma Pertiwi menggelar kegiatan membatik secara serentak di seluruh nusantara mulai dari Sabang sampai Merauke, dan diikuti pula para istri Atase Pertahanan dari Indonesia yang sedang bertugas di seluruh penjuru dunia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (2/10/2021), usai mengikuti peringatan Hari Batik Nasional 2021 secara virtual yang dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan tema “Batik Bersama Mendunia”.

“Kegiatan membatik juga diikuti oleh Ketum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika perkasa, Ketum Jalasenastri Veronika Yudo Margono, Ketum PIA Ardhya Garini Inong Fadjar Prasetyo dan Ketua Yayasan Batik Indonesia Yanti Erlangga dan para istri Atase Pertahanan negara sahabat,” kata Ibu Ketum Dharma Pertiwi.

Baca juga   GKR Indonesia Gelar Pameran Lukisan Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika

Lebih lanjut disampaikan Nanny Hadi Tjahjanto bahwa dalam rangka Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober, Dharma Pertiwi dan Yayasan Batik Indonesia dibawah binaan Dekranas dan Dekranasda bersama-sama tergerak melaksanakan Gerakan Sadar Batik Nusantara secara serentak di seluruh dunia.

“Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi yang telah ditetapkan pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO,” ungkapnya.

Menurut Nanny, batik telah mendarah daging di masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang dan keragamannya merupakan hasil dari akulturasi beragam budaya yang ada di Indonesia. Corak dan motifnya tak pernah sama, berdasarkan letak geografis dan kearifan lokal masing-masing wilayah.

Baca juga   Paskibraka Kabupaten Magelang Dikukuhkan Bupati

Ketum Dharma Pertiwi juga mengatakan bahwa dimasa Pandemi Covid-19 saat ini, Indonesia bangkit membangun kekuatan UMKM melalui gerakan Sadar Batik Nusantara.

“Untuk itu kami tergerak mengungkapkan kekuatan kebersamaan dan keberagaman Indonesia dengan menyelenggarakan Membatik Nusantara di ikuti oleh seluruh Perwakilan Indonesia di seluruh dunia, di seluruh pelosok nusantara dalam rangka Kebhinekaan Indonesia,” ujarnya.

Diakhir acara, Jaya Suprana selaku ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan atas terselenggaranya acara ini. “Ini layak dimasukan museum MURI, karena telah membatikkan dunia secara serentak,” pujinya. (*)

Share :

Baca Juga

Kapolres Magelang, AKBP Ronald Ardiyanto secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada para nakes. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ratusan Nakes Terima Penghargaan dari Kapolres Magelang
Denty Eka Widi Pratiwi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Kader PKK Didorong Aktif Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19
Selain memberikan teguran secara langsung petugas juga membagikan ribuan masker kepada para pedagang maupun masyarakat yang membutuhkan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Meski Grafik Covid-19 Menurun, Operasi Yustisi Tetap Digelar
Pasien Covid-19 asal Kudus sudah dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kudus)

Peristiwa

Sudah Negatif, Semua Pasien Covid-19 Asal Kudus Dipulangkan
Selain melantik pengurus baru KUB Bener, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi MA juga meresmikan mobil ambulans milik KUB Bener. (Foto: Dokumentasi KUB Bener)

Peristiwa

Wawali Lantik Pengurus Baru Forum Kerukunan Umat Beragama Kelurahan Bener
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Gatak menggelar patroli menyapa warga masyarakat, memberikan imbauan, edukasi dan sosialisasi Prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Aparat Gabungan Gatak Tak Henti Patroli Prokes
Sapi bantuan Gubernur DIY untuk Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Salurkan Hewan Kurban Bantuan Gubernur
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ngobrol santai dengan anak muda Papua. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Anak Muda Papua Tentang Ganjar, “Casing” Tua tapi Dalamnya Muda Banget