Home / Peristiwa

Selasa, 7 September 2021 - 08:13 WIB

Masuk Sektor Unggulan, Ternak Sapi Jadi Perhatian Bupati

Bupati Bantul saat meninjau Kelompok Ternak Pandan Mulyo. (Foto: Humas Bantul)

Bupati Bantul saat meninjau Kelompok Ternak Pandan Mulyo. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan jika produksi ternak merupakan sebuah aktivitas ekonomi, dan aktivitas ekonomi tersebut harus berjalan dengan efektif dan efisien. Sehingga, ekonomi para peternak bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik.

Hal ini disampaikan Bupati saat mengunjungi Kelompok Ternak Pandan Mulyo yang berada di Kawasan Peternakan Pandan Mulyo, Ngentak, Poncosari, Srandakan, Senin (6/9/2021).

“Ternak di Kabupaten Bantul merupakan salah satu dari sektor pertanian, sementara sektor pertanian adalah sektor unggulan di Kabupaten Bantul. Maka, Pemerintah memiliki rencana jauh kedepan bahwa sektor pertanian yang ada di Kabupaten Bantul akan lebih dikembangkan lagi, ” jelas Bupati.

Baca juga   Kembangkan Varietas Padi Srimulyo, Mahasiswa Turun ke Sawah

Lebih lanjut, Bupati Bantul juga mengatakan kalau Kelompok Ternak Pandan Mulyo sudah berdiri sejak lama dan termasuk kelompok ternak yang besar di Kabupaten Bantul. Dengan demikian diharapkan lebih bisa menjamin kesejahteraan para peternak.

“Dan pada hari ini saya membantu mesin chopper, yang mana mesin tersebut digunakan untuk mencacah rumput agar waktu proses pemberian pakan bagi hewan ternak bisa dilakukan lebih cepat, ” tutur Bupati.

Bupati Bantul berharap dengan adanya mesin chopper tersebut diharapkan produktivitasnya bisa semakin baik dan bisa menekan biaya yang dikeluarkan baik biaya berupa uang maupun berupa waktu.

Baca juga   PPKM Darurat Dinilai Berhasil Tekan Mobilitas Warga

Jumadi, Ketua Kandang Kelompok Ternak Pandan Mulyo sangat senang dengan bantuan alat pemotong tersebut, biasanya untuk mencacah pakan ternak memakan waktu setengah jam satu ikatnya, dengan menggunakan alat Chopper ini cukup lima menit.

Kelompok Ternak Pandan Mulyo berdiri sejak tahun 1994, dengan jumlah kandang saat ini ada 120 kandang dan 160 orang anggota Kelompok Ternak Pandan Mulyo.

“Untuk populasi sapi di Kandang Kelompok Ternak Pandan Mulyo kurang lebih ada 295 ekor. Jumlah sapi tersebut sewaktu-waktu bisa berubah karena ada beberapa sapi yang melahirkan ataupun sapi yang dijual,” kata Jumadi. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat saat melihat vaksinasi siswa di SMP N 1 Boyolali, Jumat (23/07/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Pemkab Boyolali Kebut Vaksinasi 33 Ribu Siswa SMP
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM memantau pelaksanaan vaksinasi di Hartono Mal Solo Baru yang digelar oleh TNI-Polri. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Pantau Vaksinasi di Hartono Mal, Bupati Ingatkan Prokes 5M
Klaten bentuk 5 Pos Aju khusus tim relawan pemulasaran jenazah pasien Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Percepat Pemulasaran Jenazah Covid-19, Pemkab Klaten Bentuk 5 Pos Aju
Suasana Kota Pekalongan selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

PPKM Level 4, Warung Makan Boleh Buka Sampai Pukul 9 Malam
Kegiatan penegakan PPKM Darurat yang digelar Koramil 09/Grogol. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Operasi Yustisi PPKM Darurat di Kecamatan Grogol Makin Ketat
Ketua Dekranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ayo Borong Produk UMKM Jateng di Pameran “Online” Rumah Kriya Asri
Paguyuban Pinsar Petelur Nasional Kabupaten Magelang memberikan bantuan sebanyak 650 kg telur bagi tenaga kesehatan. (Foto: Humas Kab. Magelang)

Peristiwa

Tambah Imun Nakes, PPN Magelang Bantu 650 Kg Telur
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Panen Brambang Musim Tanam ke-2