Home / News

Jumat, 9 Juli 2021 - 22:36 WIB

Masyarakat Diimbau Hindari Borong Obat dan Vitamin Berlebihan

Terjadi peningkatan permintaan obat tertentu dan multivitamin di Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Terjadi peningkatan permintaan obat tertentu dan multivitamin di Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Melonjaknya kasus positif Covid-19, mempengaruhi perilaku masyarakat, salah satunya memborong obat dan vitamin, tak terkecuali masyarakat di Kabupaten Magelang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengimbau masyarakat agar tidak panik dan memborong obat serta vitamin secara berlebihan.

“Imbauan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan prokes dengan sangat ketat, dan tidak membeli obat-obatan atau vitamin secara berlebihan namun secukupnya saja,” pesan Nanda, Jumat (9/7/2021).

Apoteker Apotek Karunia Santan Mertoyudan Magelang, Iin Muslikhah mengatakan, sejak Mei 2021 mulai terjadi kenaikan permintaan obat dan vitamin. Puncaknya pada Juni-Juli ini.

“Obat generik Azithromycin 500mg berbentuk kaplet, yang mempunyai sifat antibiotik. Dan obat Oseltamivir 75mg berbentuk kapsul, mempunyai sifat anti virus, sehingga banyak yang mencari. Kedua obat itu harus pakai resep dokter, karena tergolong obat keras.

Baca juga   Ketua Uji Klinis Vaksin Sinovac Bio Farma Dr Novilia Sjafri Meninggal Dunia

Hal tersebut membuat keberadaan obat di apotek menjadi kosong, Harus inden dulu, distributor kosong, karena diutamakan rumah sakit dahulu,” ucap Iin.

Harganya tergantung merek pabrik, harga jual dengan resep Rp6.000-an. Harga sekarang harga eceran terendah Rp1.700. Menurut peraturan dari Kemenkes harga untuk obat virus turun, namun saat ini barang kosong atau langka.

“Sudah dari beberapa bulan obat tersebut tidak ada. Pada awal Covid-19 tahun lalu masih ada,” terang Iin.

Selain obat resep dokter tersebut, hal yang sama juga dialami produk multivitamin terutama merek terkenal mulai sulit dicari. Namun masih bisa dicarikan multivitamin lain, meskipun merknya tidak terkenal, tapi mempunyai komposisi sama, yang mengandung vitamin B, C, D, E dan mineral Zink.

Baca juga   Libatkan Gereja, Pemkot Yogya Terus Genjot Vaksinasi Covid-19

“Ada pembeli yang mau ditawari multivitamin merek lain, karena yang merek terkenal juga kosong barangnya, tapi juga ada yang tidak mau merek tidak terkenal, padahal komposisinya sama.

Harapannya masyarakat tidak perlu memborong obat dan vitamin merek tertentu, karena asal komposisi sama, khasiatnya juga sama,” pesan Iin.

Iin menambahkan, peningkatan permintaan juga dialami oleh obat batuk flu, parasetamol, serta masker dan hand sanitizer. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Istimewa/@simditlantasdiy

News

Saatnya Perpanjangan SIM? Berikut Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Polda DIY
Masyarakat bisa melaporkan kerusakan jalan dan jembatan melalui aplikasi Jalan Cantik. Penanganan akan dilakukan setidaknya kurang dari 24 jam. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Jalan Rusak? Laporkan Aja Pakai Aplikasi Jalan Cantik, Ditangani Kurang dari 24 Jam
Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Undaan Tengah. (Foto: Diskominfo Kudus)

News

Kejar Herd Immunity, Kudus Targetkan Vaksinasi 50 Persen
Ilustrasi. Warga membawa minyak goreng yang dibeli dengan harga murah saat pasar murah Ramadan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/4/2022). Pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin menggunakan Banjarmasin Corporate Social Responsibility (BCSR) tersebut untuk stabilisasi harga pasaran karena beberapa komoditas mengalami kenaikan harga serta untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan harga distributor. (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa)

News

Presiden Minta BLT Minyak Goreng Secepatnya, Sebelum Tiba Lebaran
Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq saat meninjau vaksinasi anak-anak di Puskesmas Jumo, Kecamatan Jumo, Selasa (8/2/2022). (Foto: MC TMG)

News

Temanggung Masuk PPKM Level 1, Bupati Minta Masyarakat Tetap Patuh Prokes
Ditjen Hubud Kemenhub memastikan operasional penerbangan di Bandar Udara Abdulrachman Saleh di Malang dan Bandar Udara Internasional Juanda di Surabaya tetap beroperasi normal, pasca-erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021) yang terjadi sekitar pukul 15.32 WIB. (Foto: Istimewa)

News

Gunung Semeru Erupsi, AirNav Indonesia Antisipasi Operasional Penerbangan
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Di 13 Provinsi Ini Covid-19 Varian Omicron Melampaui Puncak Kasus Delta
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. (Foto: InfoPublik)

News

Mendikbudristek Luncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar