Home / News

Sabtu, 30 Maret 2024 - 16:21 WIB

Matangkan Rekrutmen Calon Anggota KPID Jateng, Tim Seleksi Konsultasi dengan KPI Pusat

Timsel calon anggota KPID Jawa Tengah bertandang ke Kantor KPI Pusat di Jakarta, Kamis 28 Maret 2023. (Istimewa)

Timsel calon anggota KPID Jawa Tengah bertandang ke Kantor KPI Pusat di Jakarta, Kamis 28 Maret 2023. (Istimewa)

NYATANYA.COM, Jakarta – Tim seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah bertandang ke Kantor KPI Pusat di Jakarta, Kamis 28 Maret 2023.

Kedatangan mereka untuk berkonsultasi kepada KPI Pusat, terkait rekrutmen calon anggota KPID Jateng masa jabatan 2024-2027.

Anggota Timsel KPID Jateng, Prof Budi Setiyono mengatakan, tim yang telah terbentuk pada 5 Februari 2024 lalu, dan ditetapkan oleh Komisi A DPRD Jateng, terdiri dari lima orang anggota, dengan memperhatikan keterwakilan unsur tokoh masyarakat, akademisi, pemerintah provinsi, dan KPI daerah.

Mereka adalah Prof Budi Setiyono, Muhammad Adnan, Turtiantoro, Mulyo Hadi Purnomo, dan Riena Retnaningrum.

Sejak terbentuk kurang lebih dua bulan lalu, kata Budi, pihaknya telah melakukan persiapan dan penjadwalan pelaksanaan penjaringan calon anggota KPID Jateng.

Baca juga   Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Jateng Petakan Wilayah Rawan Bencana Alam

“Kami telah melakukan audiensi dengan Komisi A (DPRD), dan juga mendapat arahan dari Pj Gubernur Jateng. Kami berharap kunjungan ke KPI Pusat ini dapat memberikan gambaran konkret terkait proses seleksi anggota KPID Jateng periode 2024-2027, untuk dapat memilih anggota yang kompeten,” tuturnya.

Ketua KPI Pusat, Ubaidillah mengatakan, proses seleksi calon anggota KPID harus sesuai dengan aturan yang berlaku, dan melengkapi semua persyaratan yang ditentukan.

Menurutnya, setiap pendaftar calon anggota KPID, harus melengkapi semua persyaratan administrasi dan tes yang telah ditentukan.

Termasuk, menyertakan surat keterangan tidak terkait dengan kepemilikan media, bekerja di media, atau partai politik.

“Calon incumbent (petahana) yang lolos seleksi administrasi, tidak mengikuti proses uji kompetensi, tetapi mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh DPRD,” jelas Ubaidillah.

Baca juga   Dekranasda Gelar "Fashion Show UMKM Batik Blora On The Street" di Grand Maerakaca

Hal senada juga diungkapkan Koordinator Bidang kelembagaan KPI Pusat, I Made Sunarsa.

Ia menjelaskan, dalam pemilihan anggota KPI Pusat maupun KPID, berpedoman pada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran, dan Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 1 tahun 2014 tentang Kelembagaan Komisi Penyiaran.

“Ada banyak pertanyaan mengenai tata kelola kelembagaan KPI, termasuk dalam tata cara pemilihan anggota. Dalam hal ini kita berpedoman pada aturan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Sunarsa mengungkapkan, pada 2023 lalu, KPI juga telah mengusulkan Rancangan PKPI terkait kelembagaan yang saat ini masih di Sekretariat Kabinet.

“Harapannya, nantinya baik di KPI Pusat maupun di KPI Daerah tercipta sinergitas yang lebih baik, sehingga kita dapat bekerja dengan lebih baik pula,” pungkasnya. (N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 1.123 Orang
Sebanyak 170 CPNS dan 350 PPPK Guru yang lulus seleksi formasi 2021 di Kulon Progo akhirnya terima SK pengangkatan CPNS dan PPPK Guru. (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

News

170 CPNS dan 350 PPPK Formasi 2022 Kulon Progo Terima SK
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H.Laoly dan Menteri Kehakiman Swiss Karin Keller-Sutter di Bern, Swiss setelah menandatangani Perjanjian MLA, 4 Februari 2019. (Foto:Dokumentasi Kemenhukham)

News

Catat! Swiss Kini Tak Lagi Menjadi Surga bagi Koruptor
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Masih Banyak Perusahaan Tak Sepenuhnya Jalani Ketentuan PPKM Darurat
Plt Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Thobib Al-Asyhar. (Foto Istimewa/Biro Humas Kemenag)

News

Kemenag: Pelaku Tindak Asusila Santriwati Sudah Ditahan, Lembaganya Ditutup
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi Gereja Katedral Semarang bertepatan pada malam Misa Natal, Jumat (24/12/2021) malam. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Pantau Misa Natal di Gereja Katedral, Ganjar Beberkan Indahnya Toleransi
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Covid-19 DIY Hari Ini: Sembuh 1079 Orang, Meninggal 18, Kasus Baru 353
Petugas BPBD Kota Yogyakarta mengecek EWS yang dipasang di bantaran Sungai Winongo. (Foto: Dok.BPBD Kota Jogja)

News

Pemkot Yogya akan Tambah EWS di Kali Buntung, Widuri dan Tekik