Home / Peristiwa

Rabu, 6 April 2022 - 20:48 WIB

Mbah Dasromi Bungah, Ganjar Datang Bawa Bantuan Rehab Rumah

Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan rehab rumah kepada Mbah Dasromi, warga Desa Tegal Arum Kecamatan Borobudur Magelang. (Foto: Humas Jateng)

Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan rehab rumah kepada Mbah Dasromi, warga Desa Tegal Arum Kecamatan Borobudur Magelang. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Magelang – Rumah berdinding kayu itu nampak paling sederhana diantara rumah lain yang ada di Desa Tegal Arum Kecamatan Borobudur Magelang.

Lantainya tanah, atap genting tersusun tak beraturan. Beberapa lubang terlihat menganga di genting itu, siap menumpahkan air saat hujan. Di rumah sederhana itulah, Mbah Dasromi dan istrinya, Mbah Kotiyah tinggal.

Pasangan suami istri yang sudah berusia lebih dari 90 tahun itu merupakan salah satu warga kurang mampu di desa tersebut. Sehari-hari, keduanya tinggal di rumah yang masih jauh dari layak itu.

Foto: Humas Jateng

Hari ini, sepasang kakek nenek itu mendapat kejutan. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo datang, sambil membawa bantuan. Begitu bungahnya Mbah Dasromi dan Mbah Kotiyah, karena Ganjar memberikan bantuan yang sudah lama mereka idamkan, yakni pembangunan rumah yang semula tidak layak huni (RTLH).

Maturnuwun, alhamdulillah sampun diparingi napa-napa (diberi banyak bantuan). Seneng alhamdulillah, mboten gadhah sampun diparingi werni-werni (orang tidak punya, diberi berbagai jenis bantuan),” kata Mbah Dasromi.

Baca juga   Pemkab Sukoharjo Kembali Salurkan Santunan Uang Duka untuk Ahli Waris Gakin, Segini Total Anggarannya

Mbah Dasromi mengatakan tidak pernah bermimpi mendapat bantuan itu. Usia yang menua membuat keduanya tak mampu bekerja. Uang yang dihasilkan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Foto: Humas Jateng

Berkali-kali ia mengucapkan terima kasih dan mendoakan Ganjar sehat selalu.

Mugi-mugi Pak Ganjar diparingi sehat, wilujeng lan panjang umur,” ucapnya sambil berkaca.

Rehabilitasi rumah tidak layak huni memang menjadi program yang terus digenjot Ganjar Pranowo. Selain program yang telah dilakukan sejak lama, selama ramadan kali ini, ia rajin berkeliling ke sejumlah tempat untuk memberikan bantuan rehab RTLH itu.

“Hari ini kita dengan Baznas menyalurkan bantuan, ada sembako, dan bantuan rehab RTLH. Mudah-mudahan, cara ini bisa mengurangi angka kemiskinan,” katanya.

Ada dua pola yang digunakan dalam menyelesaikan persoalan perumahan warga miskin itu. Pertama anggaran dari provinsi, dan kedua dari kabupaten/ kota.

Foto: Humas Jateng

“Namun kami yakin anggaran dari negara itu tidak mungkin cukup, makanya kami gerakkan sektor lain yakni Baznas, CSR, dan para filantropi. Dengan begitu, kami optimis lebih banyak rumah yang dibangun menjadi lebih layak huni dan lebih sehat,” terangnya.

Baca juga   Covid-19 di Jateng Meningkat, Ganjar Pranowo Minta Bupati/ Wali Kota Ingatkan Prokes

Ganjar menerangkan, program RTLH akan terus digenjot karena menjadi salah satu indikator penurunan kemiskinan ekstrem. Sistem gotong royong yang dilakukan menjadi contoh baik untuk dilanjutkan.

Ditambahkan, program bantuan RTLH tahun 2022 di Provinsi Jawa Tengah hingga saat ini sudah hampir mencapai 6.600 unit, dari target 11.417 unit rumah.

“Ini target penurunan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. Polanya dengan gotong royong. Setelah tiga bulan lalu kita belajar, sekarang partisipasi masyarakat tinggi untuk membantu menyelesaikan persoalan ini,” pungkasnya.

Selain RTLH, ngabuburit Ganjar di Magelang juga digunakan untuk kunjungan ke sejumlah tempat. Di antaranya di Panti Asuhan Arrohman Magelang dan sidak minyak goreng di Pasar Muntilan.

(N1)

Share :

Baca Juga

Sekretaris BPBD Provinsi Jawa Timur (Memegang Mic) memberikan arahan bagi peserta Peringatan Hari Kesadaran Tsunami Dunia di kawasan Pantai Mbah Drajid, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021). (Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/M. Arfari Dwiatmodjo)

Peristiwa

Hari Kesadaran Tsunami Sedunia, Karena Selamat Adalah Hak Kita Semua
Kebakaran rumah di Kampung Notoyudan, Pringgokusuman, Gedongtengen Yogyakarta, Minggu (3/7/2022). Foto: @damkarjogjaistimewa

Peristiwa

6 Kebakaran Terjadi di Yogya Sepekan Ini, Salah Satunya Unit Mobil di Jalan Paris
Para pelaku perjudian yang ditangkap petugas dihadirkan saat press release di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Senin (29/8/2022). Foto: Tribratanews

Peristiwa

Polda Kaltim Amankan 57 Tersangka Kasus Perjudian Selama Dua Pekan Terakhir
Sebanyak 31 tersangka yang terlibat peredaran Narkoba dari 26 kasus diamankan Satresnarkoba Polres Mojokerto. Foto: Dok.Polres Mojokerto

Peristiwa

Operasi Tumpas Narkoba Semeru, Polres Mojokerto Amankan 31 Tersangka
Rakor pengecekan kesiapan penerbangan perdana di Bandara Ngloram, di ruang rapat Bupati Rembang, Senin (22/11/2021). (Foto: MC Kab Blora)

Peristiwa

Bandara Ngloram Blora Layani Penerbangan Perdana 26 November 2021
Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Bersama Sri Sultah HB X, Ganjar Semangati Generasi Berencana Nasional
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat memantau jalannya vaksinasi. (Foto: Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Buruh Pabrik Jadi Sasaran Vaksin Pemkab Sragen
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di Gereja Katolik Paroki ST Yoseph Medari. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Paroki ST Yoseph Medari Gelar Vaksinasi Massal