Home / Olga

Sabtu, 6 November 2021 - 20:50 WIB

Medali Emas, Target Leani Ratri Oktila di Peparnas Papua

Leani Ratri Oktila. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/ InfoPublik)

Leani Ratri Oktila. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/ InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jayapura – Pebulutangkis berprestasi Leani Ratri Oktila menargetkan meraih medali emas untuk cabor Badminton dalam perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang diselenggarakan di Kota Jayapura pada 2-15 November 2021.

“Sama dengan atlet yang lain dalam Peparnas pasti mentargetkan medali emas,” kata Atlet Badminton Leani Ratri Oktila ketika di wawancarai secara khusus oleh Media Center Kominfo Peparnas Papua, Sabtu (6/11/2021).

Persiapan khusus yang dilakukan olehnya, kata dia, adalah melakukan latihan keras, untuk mempersiapkan diri menjadi yang terbaik dalam ajang pesta olahraga tiap empat tahunan bagi penyandang disabilitas di seluruh pelosok tanah air.

Setiap harinya latihan badminton dilakukan dengan disiplin, agar meningkatkan kemampuannya dalam memainkan raket.

Dengan persiapan yang matang, tentunya peluang mendapatkan medali emas dalam ajang Peparnas dapat terbuka dengan lebar.

“Perjuangan saya hanya latihan, perjuangannya rindu keluarga, karena saya jarang pulang,” katanya.

Pada saat ini, kata dia, dukungan pemerintah yang menerapkan prinsip kesetaraan menjadi hal yang sangat penting dalam mendorong atlet penyandang disabilitas menorehkan prestasi di berbagai kancah.

Baca juga   DIY Targetkan 11 Medali di PON XX 2021 Papua

Jadi, seharusnya menjadi alasan yang utama yang membuat para atlet di atas dapat senatiasa meningkatkan keterampilannya dalam hal olahraga.

“Tetap semangat, sekarang sudah tidak ada perbedaan antara yang disabilitas dengan non disabilitas. Pada umumnya kita semua sama,” imbuhnya.

Ratri berharap, ajang Peparnas saat ini menjadi ajang regenerasi atlet disabilitas, khususnya dalam cabor Badminton. Dengan begitu, di masa mendatang akan muncul berbagai atlet-atlet berbakat dari berbagai pelosok tanah air yang mengharumkan nama bangsa Indonesia baik di banyak kancah regional maupun internasional.

Melalui, pelatihan-pelatihan yang digelar saat ini, akan mempercepat regenerasi atlet dari cabor Badminton. “Mempercepat regenerasi, karena kita tahu hal ini sangat susah,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Sekeretaris Jenderal (Wasekjen) National Paralympic Comitee Indonesia (NPCI), Rima Ferdianto, berharap Peparnas merupakan ajang yang dapat menyukseskan regenerasi atlet penyandang disabilitas di tanah air.

Karena, banyak bibit muda atlet penyandang disabilitas potensial yang diprediksi akan bermunculan pada berbagai cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada dua pekan ke depan.

“Target Peparnas kali ini adalah, sukses regenerasi atlet penyandang disabilitas,” kata Rima Ferdianto, kepada Media Center Kominfo Peparnas Papua, Rabu (3/11/2021).

Baca juga   Kalahkan Jawa Barat, Tenis Kursi Roda Ganda Putri DIY Sabet Emas Peparnas

Peparnas kali ini, lanjut dia, lebih fokus kepada wilayah yang telah melakukan pembinaan yang optimal kepada atlet penyandang disabilitas yang berlaga pada pesta olahraga tiap empat tahunan ini.

Pembinaan serius pemerintah daerah akan sangat terlihat jelas yang ditunjukkan dalam performa atlet yang tampil pada ajang tersebut selama dua pekan itu.

Secara konkret, sistem pertandingan yang diatur dalam laga perlombaan membatasi atlet yang masuk dalam kategori sebagai atlet elit yang kriterianya sudah memiliki pengalaman juara internasional.

Olahragawan dengan kategori ini, hanya diperbolehkan turun pada satu nomor cabor pertandingan yang digelar pada ajang olahraga ini.

“Kemudian, bagi atlet yang masuk dalam kategori atlet nasional dapat mengikuti nomor pertandingan melebihi dua kali dalam perhelatan olahraga yang digelar pada saat ini. Dengan melakukan hal ini, akan membuat kualitas atlet terkait menjadi terasah dengan pertandingan yang dilakukan berkali-kali di lain nomor,” imbuhnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menpora RI Zainudin Amali mengungkapkan bahwa dirinya melakukan Rapat Kabinet Terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) di Istana Negara, Jumat (22/10/2021) siang.(Foto:Egan/kemenpora.go.id)

Olga

Presiden Minta Kasus WADA Diinvestigasi dan Hasilnya Diumumkan Secara Terbuka
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold R. Ubra. (Foto: Jimmy/MC Kominfo PON Papua Klaster Mimika)

Olga

Satu Atlet PON Papua Klater Mimika Positif Covid-19
Ganjar Pranowo melepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020 secara daring. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Ganjar Lepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020
Perenang Kalbar Simson Abraham raih medali emas cabor renang 100 meter gaya dada putra (S-5) Peparnas Papua XVI di Akuatik Center Lukas Enembe Jayapura, Selasa (9/11/2021). (Foto: Jhon/InfoPublik)

Olga

Debut Simson Abraham Pecahkan Rekornas dan Sabet 2 Medali
Windy Cantika Aisah. (Foto:nyatanya.com/Kemepora RI)

Olga

Viral! Windy Cantika Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade 2020
Jalannya pertandingan cabor menembak di ajang Peparnas 2021 Papua.(Foto: InfoPublik.id/Yudi Rahmat)

Olga

Jateng Raih Emas Pertama Cabor Menembak Peparnas Papua
Presiden Joko Widodo. (Foto:Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden/kemenpora.go.id)

Olga

Sumbang 3 Medali di Paralimpiade, Presiden Jokowi: Tak Ada yang Bisa Hentikan Leani Ratri Oktila
Menpora Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Kapolri Keluarkan Izin Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2