Home / Panggung

Selasa, 8 November 2022 - 08:18 WIB

Membangun Ekosistem Sastra Lewat Bincang Sastra Jawa

Bincang Sastra Jawa mewarnai acara Festival Sastra Yogyakarta, dengan mengangkat topik Sastra Jawa, Mistisme Jawa, Horoskop Jawa (Primbon dan Astrologi Jawa), dan Bincang Kurator Pameran. Foto: Humas Pemkot Yogya

Bincang Sastra Jawa mewarnai acara Festival Sastra Yogyakarta, dengan mengangkat topik Sastra Jawa, Mistisme Jawa, Horoskop Jawa (Primbon dan Astrologi Jawa), dan Bincang Kurator Pameran. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogyakarta tak kehabisan ide untuk menyajikan sebuah program edukasi dan promosi sastra bagi masyakarat khususnya generasi muda.

Di rangkaian Festival Sastra Yogyakarta kali ini, Disbud Kota Yogyakarta menyelenggarakan wadah dialog sastra Jawa yang dikemas dalam program Bincang Sastra Jawa.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Disbud Kota Yogyakarta dengan Gramedia dalam upaya membangun ekosistem sastra di Yogyakarta.

Acara yang digelar mulai tanggal 7 hingga 10 November 2022 ini digelar di Gramedia lantai tiga dan diikuti berbagai komunitas anak muda seperti dari Dimas Diajeng, Duta Museum, dan beberapa Komunitas Sastra di beberapa universitas di Yogyakarta.

Baca juga   Grup Qosidah Kanjeng Sunan, Tak Cuma Piawai Lantunkan Lagu Religi Tapi Juga Campursari

Kepala Disbud Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, menyampaikan bincang sastra merupakan suatu dialog antara sastrawan dan komunitas sastrawan yang bertujuan untuk membangun ekosistem sastra di Yogyakarta.

“Selama empat hari mereka akan diajak berdialog beberapa tema terkait sastra Jawa dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan baik sastrawan, filolog, praktisi sastra Jawa, dan pejabat Kota Yogyakarta,” ujarnya dikutip dari laman warta.jogjakota.go.id

Topik yang akan diangkat dalam dialog ini diantaranya Sastra Jawa, Mistisme Jawa, Horoskop Jawa (Primbon dan Astrologi Jawa), dan Bincang Kurator Pameran.

Baca juga   Rilis Lagu "Terang", Kukuh Kudamai Bakal Konsisten Garap Lagu Tematik

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyambut baik acara tersebut, menurutnya Sastra Jawa bukan hanya sebuah rangkaian kata Bahasa Jawa yang disusun secara indah melainkan mengandung nilai-nilai falsafah hidup jika mampu mencermatinya.

“Pemkot Yogya terus berusaha untuk memberikan ruang bagi seluruh warga masyarakat Kota Yogyakarta untuk memajukan sastra di Yogyakarta,” bebernya.

Aman pun berharap seluruh lapisan masyarakat dapat melebur menjadi satu dalam upaya pemajuan sastra Jawa di Kota Yogyakarta.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ahat Band debut mini album "Hari". (Foto: Dokumentasi Ahat)

Panggung

Ahat Debut Mini Album “Hari”
Kegiatan pementasan wayang kulit ringkes dimulai dengan penyerahan gunungan wayang oleh Heroe Poerwadi dengan didampingi Anton Prabu Semerndawei, Haryanto dan Mantri Pamong Praja Tegalrejo. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Penguatan Seni Budaya Dukung Destinasi Kampung Wisata
Karya Mella Jaarsma. (Foto:Biennale Jogja XVI)

Panggung

Digelar Hybrid, Biennale Jogja XVI Equator #6 Resmi Dibuka
Shaggydog menyerahlan buku biografi 'Angkat Sekali Lagi Gelasmu Kawan' kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Dok.Shaggydog)

Panggung

Tandai 24 Tahun Bermusik, Shaggydog Rilis Buku ‘Angkat Sekali Lagi Gelasmu Kawan’
Jumpa Pers Gelar Karya Sang Maestro, di Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta, Jumat 7 Juni 2024. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

TBY Gelar Karya Maestro Bondan Nusantara, Pentaskan Ketoprak Lakon Rembulan Wungu
Gelaran Gamelan Kolosal dalam rangka HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah berlangsung semarak, Minggu (14/8/2022) di Simpang Lima Semarang. Foto: Humas Jateng

Panggung

Di Balik Gelaran Gamelan Kolosal, Dua Pekan Ciptakan Notasi Iringan dan Koreografi Baru
Azwar AN. (Foto: istimewa)

Panggung

Lebih 100 Seniman Terlibat dalam “100 Mantra Teater Alam untuk Azwar AN”
Aksi panggung PRONTAXAN sukses melongsorkan penonton dalam memungkasi hajatan seni cahaya SUMONAR 2022, Rabu (12/10/2022) di JNM. Foto: Agoes Jumianto

Panggung

SUMONAR 2022 Metamorpholux Rampung Digelar, Diapresiasi Puluhan Ribu Pengunjung