Home / Gayahidup

Minggu, 22 Agustus 2021 - 06:16 WIB

Mencari Tahu Penyebab Bau di Mobil dari Jenisnya

Mengecek kondisi mobil apakah bermasalah atau tidak dari bau yang dikeluarkan. (Foto:wuling.id)

Mengecek kondisi mobil apakah bermasalah atau tidak dari bau yang dikeluarkan. (Foto:wuling.id)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kondisi mobil yang sedang tidak beres dapat kita rasakan ketika sedang berkendara. Kita juga bisa mengecek kondisi mobil apakah bermasalah dari bau yang dikeluarkan.

Bila kita sedang menyetir kemudian muncul bau yang tak biasa, maka harus wajib waspada. Berikut bau mobil yang bisa kita identifikasi sebagai tanda bila mobil mengalami masalah.

Bau Bensin
Bau bensin umumnya tercium ketika kita sedang berada di SPBU. Nah, patut diwaspadai bila bau bensin masih tercium beberapa jam setelahnya. Jika ini terjadi kemungkinan adalah kebocoran pada tangki atau injektornya.

Kalau sudah begini sarannya adalah segera bawa ke bengkel terdekat. Kebocoran pada tangki bensin juga bisa berpengaruh terhadap borosnya penggunaan bahan bakar.

Bau Asap Knalpot
Pernahkah Anda mencium bau asap knalpot tapi di dalam mobil? Adanya bau asap knalpot ini merupakan indikasi mobil mengalami masalah pada kebocoran sistem pembuangan atau bisa juga pintu dan jendela mobil memiliki lapisan yang kuat.

Bau asap knalpot yang terjebak di dalam mobil ini sangat berbahaya bagi pengendara maupun penumpang, karena bisa mengakibatkan kematian. Segeralah bawa mobil ke bengkel agar teknisi bisa melakukan analisis dan juga perbaikan secepatnya.

Baca juga   Capricorn, Jangan Longgarkan Semangatmu dan Lakukan yang Terbaik

Bau Telur Busuk
Bau telur busuk bisa muncul bila meninggalkan sisa makanan dalam mobil. Tapi jika tidak membawa makanan kemudian bau telur busuk muncul, maka kemungkinan ada malfungsi pada sistem bensin.

Apabila katalis converter, filter bensin, atau sensor tekanan bensin rusak, gas sulfur bisa bocor dan baunya akan menyeruak ke dalam kabin seperti telur busuk.

Selain menjengkelkan, bau ini juga sangat berbahaya jika tak segera ditangani. Tapi terkadang bau telur busuk bisa diselesaikan dengan mengganti oli transmisi. Oli transmisi yang sudah lama tak diganti rupanya juga memiliki bau seperti telur busuk.

Bau Terbakar
Bau terbakar merupakan tanda ada sesuatu terbakar di balik kap mobil. Munculnya bau ini di mobil bisa disebabkan beberapa hal seperti kabel listrik, AC overheating, atau pedal rem yang sudah aus.

Nah bila bau yang muncul menyerupai plastik terbakar, mintalah teknisi untuk segera mengecek kondisi mobil Anda. Bisa jadi ada yang harus diperbaiki dari mesin mobil.

Baca juga   Jangan Main Ancam, Begini Cara Penagihan Utang Pinjol

Berbeda hal pula dengan bau karet terbakar. Bau ini mengindikasikan selang karet atau belt di balik kap mobil kendur. Bila ini terjadi, maka ada beberapa komponen yang bisa berpindah tempat dan kontak langsung dengan mesin panas. Itulah sebabnya bau karet terbakar bisa muncul. Bau karet terbakar juga bisa disebabkan oli atau cairan bocor atau belt yang sudah aus.

Bau Apek/Asam
Bau asam atau apek kerap muncul dari AC mobil Anda. Ini merupakan tanda bahwa ventilasi di filter udara di sistem AC mobil sangatlah lembab. Akibatnya, di dalam filter udara muncul jamur yang mengeluarkan bau tak sedap. Bila terlalu lama didiamkan akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Bila AC Anda mengeluarkan bau seperti apek ataupun asam, segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Anda juga bisa meminta perawatan agar sistem ventilasi AC terhindar dari jamur. (*)

Share :

Baca Juga

Gayahidup

Capricorn, Hari Ini Adalah Hari Baik untuk Membuat Rencana Masa Depan
Melalui produk SUV-nya, Wuling meraih kepopuleran di ranah digital Tanah Air. (Foto:nyatanya.com/wuling.id)

Gayahidup

Wuling Almaz Dianugerahi Indonesia Digital Popular Brand Award 2021

Gayahidup

Leo, Hari Ini Keberuntunganmu Bakal Meningkat

Gayahidup

Pisces, Kuncimu Hari ini Memperkaya Hati Akan Membawa Keberuntungan
(Foto: Humas Jateng)

Gayahidup

Yoghurt ‘Yompimpah’, Jamu Peningkat Imun Buatan Mahasiswa Unsoed

Gayahidup

Taurus, Hari Ini Kamu Akan Merasakan Pressure yang Cukup Kuat
Headlight High Beam alias lampu jauh. (Foto: wuling.id)

Gayahidup

Kenali Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

Gayahidup

Aquarius, Selain Peruntungan, Hari Ini Semangatmu Juga Akan Meningkat