Home / News

Selasa, 4 Januari 2022 - 15:55 WIB

Mendagri Keluarkan Instruksi Perpanjangan PPKM 4 – 17 Januari 2022

Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian telah menerbitkan dua Instruksi Mendagri (Inmendagri) tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (4/1/2022).

Safrizal menyebutkan, dua Inmendagri itu yakni, Inmendagri 01/2022 dan Inmendagri 02/2022.

“Inmendagri 01/2022 tentang PPKM tingkat III, II dan I di Pulau Jawa dan Pulau Bali,” kata Syafrizal.

Inmendagri itu mulai berlaku pada 4 Januari hingga 17 Januari 2022.

Kemudian, Inmendagri 02/2022 merupakan instruksi tentang pemberlakuan PPKM tingkat III, II dan I di Pulau Sumatera, Nusa Tenggara, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Maluku dan Papua, yang juga berlaku pada 4 hingga 17 Januari 2022.

Baca juga   Dua Hari Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Bencana Landa Kabupaten Magelang

Penetapan tingkatan wilayah pada instruksi itu berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat, dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan menteri kesehatan.

Penetapan itu juga ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi dosis 1 dimana tingkatan PPKM kabupaten/kota dinaikkan satu tingkat apabila capaian total vaksinasi dosis 1 kurang dari 50 persen untuk wilayah luar Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Baca juga   Kemenkes: Kasus Turun Signifikan, BOR Nasional Terkendali

Ketentuannya, untuk Pulau Jawa dan Pulau Bali, penurunan tingkatan kabupaten/kota dari tingkat III menjadi tingkat II, dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 50 persen dan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40 persen.

Penurunan tingkatan kabupaten/kota dari tingkat II menjadi tingkat I, dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 70 persen dan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 60 persen.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Sekelompok orang menggelar aksi teatrikal dengan mengenakan topeng kepala tikus di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). Aksi tersebut digelar dalam rangka mendukung pemberantasan korupsi pada Hari Anti Korupsi Sedunia. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa)

News

Pemerintah Kembali Ajukan RUU Perampasan Aset Koruptor ke DPR
Presiden Jokowi. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Jokowi: Pengganti Lili Pintauli Masih dalam Proses
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat kargo asal Tiongkok mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tanpa adanya izin Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: AP II)

News

Waduh! Pesawat Kargo Asal Tiongkok Mendarat Tanpa Izin di Bandara Soetta
Imigrasi Ngurah Rai, Bali, mencatat pada hari pertama penerapan "Visa on Arrival" (VoA) atau Visa Kunjungan Saat Kedatangan khusus wisatawan, terdapat tujuh warga negara asing (WNA) yang menggunakannya. (Foto: ANTARA)

News

Kemenkumham Bali: Tujuh WNA Gunakan VoA di Hari Pertama
Direktur Eksekutif Walhi Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin. Foto: Humas Kominfo Makassar

News

Ini Alasan WALHI Sulsel Tolak Pembangunan Rel Kereta Api Makassar – Maros
Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksin yang digunakan untuk anak-anak usia 6-11 tahun adalah jenis Sinovac dan sudah punya Emergency Use Autorization (EUA). (Foto: Kemenkes)

News

Sinovac Jadi Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun
Danramil Tegalrejo bersama anggota prajurit berkunjung ke Polsek Tegalrejo dan disambut Kapolsek dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77. (Foto: istimewa)

News

Wujud Nyata Sinergitas, Danramil Tegalrejo Beri Ucapan HUT Bhayangkara Kepada Kapolsek
Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa Bali Kemendagri, Tiyar Cahya Kusuma dan Simon Makarios Aruan, serta tim Balai Pemdes di Yogya, melakukan verifikasi lapangan, Selasa (1/11/2022). Foto: MC Pemkot Surakarta

News

Masuk Nominasi Lomba Kelurahan Tingkat Nasional, Tim Lakukan Verifikasi di Jebres Surakarta