Home / News

Jumat, 16 September 2022 - 18:17 WIB

Mendes PDTT Minta Evaluasi Kondisi Gedung Kemendes PDTT yang Terbakar

Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT

Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, meminta dilakukan evaluasi menyeluruh kondisi gedung Kemendes PDTT usai mengalami kebakaran pada Rabu (14/9/2022) malam. Insiden tersebut ditaksir mengakibatkan kerugian hingga Rp1,5 miliar.

“Alhamdulillah selamat, kalau bahasa Jawanya belahi selamat. Cuma kita ingin tahu betul apa penyebab kebakaran itu supaya menjadi bagian dari introspeksi kita, kalau misalnya listrik kenapa, nanti kita akan ada evaluasi kondisinya,” ujar Mendes PDTT dalam keterangannya terkait peninjuan langsung ke lokasi kebakaran di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, pada Jumat (16/9/2022).

Kebakaran tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 21.36 WIB dan menghanguskan ruangan lantai IV seluas 35 Meter persegi di Gedung Utama Kemendesa PDTT.

Menteri Abdul Halim menyatakan, musibah kebakaran pada malam hari tersebut tidak menelan korban jiwa.

Baca juga   Wawali Yogya Dorong Pemberdayaan Zakat untuk Entaskan Kemiskinan

Dua orang pegawai Kemendes PDTT yang sempat terjebak di dalam gedung berhasil menyelamatkan diri dengan naik ke atap (Rooftop) dan kemudian diselamatkan oleh Petugas Pemadam Kebakaran.

“Tadi sempat ada dua pegawai yang sempat terjebak di lantai tujuh, Alhamdulillah bisa diselamatkan dengan kondisi baik oleh teman-teman pemadam kebakaran,” katanya.

Dia mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran di kantornya tersebut.

Bahkan dia mengaku heran, karena ruangan yang mengalami kebakaran tersebut dalam kondisi kosong atau sedang tidak ada pengawai yang menempati.

“Karena kita juga kurang tahu persis apa sih penyebab (kebakarannya). Yang pasti, ruangan yang terbakar itu kebetulan kosong. Nah itu, sehingga kita juga pengen tahu betul ruangan kosong kok bisa ada kebakaran kira-kira apa penyebabnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Menteri Abdul Halim mengatakan, kebakaran itu awalnya diketahui oleh petugas patroli dan segera melakukan upaya pemadaman dengan peralatan yang tersedia.

Baca juga   Indonesia Bawa Isu Kapal Selam Bertenaga Nuklir ke Rapat di Markas PBB

Namun karena api tak kunjung padam, bahkan terus membesar, petugas patroli langsung bergegas menyelamatkan diri untuk menghubungi pemadam kebakaran (Damkar) dan petugas kepolisian.

“Alhamdulillah, bisa tertangani dengan cepat, meskipun di lantai empat sudah kena dan saya terima kasih banget kepada Tim Damkar yang luar biasa. Cekatan, tepat bahkan dengan kondisi api begitu 12 Damkar yang datang, itu kan berarti ke siap-siagaannya sangat luar biasa. PMI (Palang Merah Indonesia) juga, tadi malam sempat saya temui semua, saya ucapkan terima kasih,” katanya.

Saat ini, kepolisian sedang melakukan peyelidikan kejadian kebakaran ini dan ruangan yang mengalami kebakaran tersebut sudah dipasang garis polisi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan apresiasi desa mandiri sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah kepada Desa Bugisan, Prambanan, Klaten. Foto: Kominfo-Klt

News

Desa Bugisan Prambanan Klaten Raih Penghargaan Desa Mandiri Sampah
Penampakan awan panas guguran Gunung Merapi pada Selasa (9/11/2021) pukul 23:45 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Waspada Bahaya Lahar, Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kemenkes: Kasus Turun Signifikan, BOR Nasional Terkendali
Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Mopah, Merauke. (Foto:MC.Merauke)

News

Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah
Ganjar Pranowo mengatakan, selain percepatan vaksinasi, Ganjar juga tak lelah mengingatkan semua kepala daerah untuk mengecek betul masa kedaluwarsa vaksin. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Capaian Masih Rendah, Jateng Dorong Percepatan Vaksinasi di 7 Daerah Ini
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww

News

Foto: Persemayaman Api Dharma Waisak 2566 BE
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Tangani Covid-19, Anggaran Reguler DIY Capai Rp242 Miliar
Foto: BPMI Setpres 

News

Akses Jalur Darat Pascagempa Cianjur Sudah Bisa Dilewati Semua Kendaraan