Home / Peristiwa

Senin, 6 Desember 2021 - 19:36 WIB

Menhan Luncurkan Kapal Cepat Rudal 60 Meter Karya Anak Bangsa

Menhan Prabowo Subianto meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter yang kelima hasil karya anak bangsa produksi galangan kapal industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Minggu (5/12/2021). (Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

Menhan Prabowo Subianto meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter yang kelima hasil karya anak bangsa produksi galangan kapal industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Minggu (5/12/2021). (Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

NYATANYA.COM, Surabaya – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 Meter yang kelima hasil karya anak bangsa produksi galangan kapal industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Minggu (5/12/2021).

Peluncuran KCR 60 digelelar di Ship Lift Divisi Kapal Perang PT PAL, Surabaya, Jawa Timur ini turut hadir Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Kaharuddin Djenod.

“Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Dengan juga ditopang dengan industri pertahanan yang kuat agar kita menjadi negara yang mandiri,” ucap Menhan Prabowo.

Menurutnya, pembangunan kapal ini adalah guna memperkuat dan memodernisasi kebutuhan alutsista di jajaran TNI Angkatan Laut (AL) sekaligus merupakan bagian dari kemandirian pemenuhan alutsista sesuai dengan amanah Undang-Undang No 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan.

Baca juga   Pelanggan KA Jarak Jauh yang Sudah Vaksin Kedua Tak Perlu Screening Covid-19

Kapal KCR masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV) yang memiliki kemampuan manuver yang lincah, mampu bergerak secara cepat, serta sesuai fungsinya, pengamanan wilayah maritim dan melakukan pengejaran terhadap kapal asing yang melanggar wilayah teritorial laut RI.

“Kita punya cita-cita besar, harus jadi tuan di laut, darat, dan udara kita sendiri. Kita bersahabat dengan semua negara tapi kita akan mempertahankan kedaulatan dengan segala cara,” ujar Menhan Prabowo.

Peluncuran kapal KCR kelima ini kembali menjadi bukti atas kemampuan dan kompetensi yang dimiliki anak bangsa di PT PAL sebagai industri pertahanan dalam negeri.

“KCR ini diharapkan menjadi armada laut yang tangguh untuk menjaga kedaulatan Indonesia,” kata Dirut PT PAL Kaharuddin Djenod.

Pembangunan kapal KCR kelima yang rencananya diberi nama KRI Kapak ini tidak hanya meliputi pembangunan platform, tetapi juga termasuk pada instalasi sistem sensor dan senjata.

Kapal KCR 60 Meter kelima ini memiliki panjang 60 meter, lebar 8,10 meter. Kapal tersebut mampu mengakomodasi kru sebanyak 55 orang, memiliki berat 500 ton, dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 28 knot pada kondisi full load serta endurance 5 hari. Kapal ini memiliki jarak jelajah 2400 Nm pada kecepatan 20 knot.

Baca juga   Penuhi Kebutuhan Air Saat Kemarau, Pemkab Sukoharjo Andalkan Pamsimas

Sebelumnya PT PAL Indonesia (Persero) telah membangun empat unit platform KCR 60 Meter, yaitu KRI Sampari-628, KRI Tombak-629, KRI Halasan-630, dan KRI Kerambit-627.

Setelah diluncurkan, KCR 60 Meter kelima ini selanjutnya akan menjalani berbagai serangkaian proses pengujian dari para ahli dan teknisi, sebelum diserahterimakan kepada TNI AL sebagai pengguna.

Dalam kunjungannya ke Surabaya ini, Menhan Prabowo juga mengungkapkan duka mendalam dan perhatiannya kepada warga yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.

Kemhan senantiasa mendukung TNI dan kementerian dan lembaga lainnya yang berupaya menangani bencana ini.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: Ist

Peristiwa

Bapak Bejat Cabuli Anak Sendiri di Sentolo, Dilakukan Bertahun-tahun sejak Masih SMP
Pelaku curanmor RB digelandang petugas. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP juncto Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (Foto: Dok.Polres Kulon Progo)

Peristiwa

Curi Motor di Kulon Progo, Warga Temanggung Ditangkap di Banjarnegara
Penghargaan JDIH Awards diserahkan langsung oleh Menkumham RI, Yasonna Laoly kepada Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa pada acara JDIHN Awards Tahun 2021 yang dilaksanakan pada hari Kamis (2/12/2021) di Hotel Grand Marcure, Jakarta Pusat. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Raih Penghargaan Pengelolaan JDIHN 2021
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat launching Program 'Kita Jaga Usaha' yang diinisiasi Baznas. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

‘Kita Jaga Usaha’, Stimulus Bagi UMKM dari Baznas
Forum group discussion (FGD) Kelompok Terpumpum Penetapan Warisan Geologi Dieng yang digelar Bappeda Wonosobo di Pendopo Taman Syailendra, Senin (22/11/2021). (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Peristiwa

Selangkah Lagi, Dieng Segera Ditetapkan sebagai Warisan Geologi
Bupati Kudus HM Hartopo saat melepas distribusi minyak di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (7/3/2022). (Foto: MC Kab.Kudus)

Peristiwa

Pemkab Distribusikan 1,4 Ton Minyak Goreng ke Sepuluh Desa di Kudus
PT Pertamina menyiapkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Mobile untuk mengatasi antrean kendaraan di stasiun pengisian Kota Jambi, Provinsi Jambi, dalam beberapa pekan terakhir. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Atasi Antrean, Pertamina Siapkan SPBU Mobile
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat penyaluran bantuan air bersih di Desa Kedungjambal Kecamatan Tawangsari. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Banyak Sumur Kering, Bupati Sukoharjo Kirim Bantuan Air Bersih