Home / News

Jumat, 5 April 2024 - 11:05 WIB

Menhub: Pelayanan Angkutan Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk Berjalan Lancar

Pemudik bersepeda motor memasuki kapal pada H-6 Idul Fitri 1445 H di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Kamis (4/4/2024). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan 56 armada kapal pada saat arus mudik Idul Fitri 1445 H untuk mengantisipasi kepadatan pemudik. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom)

Pemudik bersepeda motor memasuki kapal pada H-6 Idul Fitri 1445 H di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Kamis (4/4/2024). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan 56 armada kapal pada saat arus mudik Idul Fitri 1445 H untuk mengantisipasi kepadatan pemudik. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan persiapan untuk menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di pelabuhan Gilimanuk, Bali sudah cukup baik dan lancar.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (4/4/2024) bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Namun, kata Menhub Budi tidak boleh lengah karena Pelabuhan Gilimanuk merupakan lokasi rawan saat arus mudik, setelah Tol Cipali dan Pelabuhan Merak.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan PT ASDP berkaitan dengan cara bertindak baru, yakni penambahan kapal, penambahan dermaga, pengerukan, dan pengaplikasian pembelian tiket Ferizy,” kata Menhub Budi.

Baca juga   Indonesia Akan Tampilkan Pagelaran Seni dan Budaya Termegah di National Day Expo 2020 Dubai

Terkait tiket Ferizy, pihak ASDP menyampaikan bahwa sudah tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan. Karena itu, sebisa mungkin masyarakat sudah memiliki tiket pada H-1.

Kemudian, hal lain yang juga menjadi perhatian Menhub Budi adalah terkait cuaca ekstrem di Selat Bali. Ia meminta apabila ada suatu berita yang kurang baik, agar segera menginformasikan kepada masyarakat sehingga mereka bisa menunda perjalanan.

Terkait Volume to capacity ratio atau V/C ratio di Pelabuhan Gilimanuk, Menhub Budi meminta agar skalanya dapat terjaga di bawah 0,7 persen. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan fungsi pelabuhan yang tersedia.

V/C ratio merupakan perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas. Apabila nilai V/C ratio telah mencapai nilai 0,8 persen atau lebih besar, maka dapat dikategorikan arus kendaraan telah mendekati kapasitas, sehingga perlu dilakukan tindakan manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Baca juga   Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran, Bandara YIA Tambah Jam Operasional

“Selain Ketapang yang sudah difungsikan, agar Bulusan difungsikan secara maksimal dan Jangkar untuk mengurangi load dari kapal-kapal yang besar,” kata Menhub Budi.

Ia juga mengapresiasi langkah Panglima TNI, Kapolri, dan Forkompinda di wilayah Bali dan Jawa Timur, atas kesiapannya menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Tolong diinformasikan apabila ada kebutuhan-kebutuhan untuk melakukan kegiatan,” kata Menhub Budi. (N1)

Sumber: infopublik.id

Share :

Baca Juga

Banjir yang terjadi di Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat mengakibatkan satu warga meninggal dunia dan merendam 2.541 rumah. (Foto: BPBD Kabupaten Sekadau)

News

2.541 Rumah Terendam Banjir di Sekadau KalBar, Satu Warga Meninggal Dunia
Foto: Humas Kominfo

News

Kominfo dan Operator Telekomunikasi Segera Lakukan Pemulihan Dampak Gempa Bumi Cianjur

News

Jokowi: Minimalkan Kontak akan Mencegah Penyebaran Omicron
Pelepasan sebanyak 43 orang Jaksa untuk dikaryakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Puspenkum

News

Sebanyak 43 Jaksa Dikaryakan di KPK
Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menetapkan status tanggap darurat bencana dampak awan panas dan guguran Gunung Semeru selama 30 hari terhitung mulai 4 Desember 2021 sampai dengan 3 Januari 2022. (Foto: dok. Diskominfo Lumajang)

News

Bupati Lumajang Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Semeru
Sampai Rabu (22/6/2022), untuk di Rembang yang masih sakit (PMK) sekitar 2.700-an, untuk yang sudah sembuh sekitar 1.300-an (ekor). Foto: Kominfo Rembang

News

Sebanyak 1.300 Ekor Sapi di Rembang Sembuh dari PMK, 2.700 Masih Terjangkit
Presiden dalam acara Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2023 yang diselenggarakan di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/1/2023). Foto: InfoPublik 

News

Buka Perdagangan Bursa Efek, Presiden Berharap Kinerja Pasar Modal Indonesia Semakin Baik di 2023
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021, yang diikuti Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring, Senin (22/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Belanja APBD Tertinggi Nasional, DIY Tetap Upayakan Raihan Pendapatan dan Serapan