Home / Militer

Jumat, 5 Agustus 2022 - 21:30 WIB

Menjaga dan Meningkatkan Kemampuan Militer, Prajurit Yonmek 403/WP Latihan RCWS

Prajurit Yonif Mekanis 403/WP tampak serius dan bersemangat melaksanakan latihan RCWS. (Foto: Istimewa)

Prajurit Yonif Mekanis 403/WP tampak serius dan bersemangat melaksanakan latihan RCWS. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Sleman – Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP, Jumat (5/8/2022) melaksanakan kegiatan latihan militer dengan program latihan Remote Control Weapon System atau Remote Control Weapon Station (RCWS). RCWS adalah sebuah sistem senjata yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, dan pada umumnya dilengkapi dengan alat kendali tembak Fire Control System (FCS).

Danyonif Mekanis 403/WP Letkol Inf Helmy yang memimpin langsung kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa istilah RCWS pada umumnya merujuk kepada penggunaan senjata kaliber ringan dan sedang dengan pemasangan di kendaraan darat atau laut. Sering juga RCWS ditempatkan untuk pertahanan titik (pangkalan).

Baca juga   Beragam Hambatan Tak Kendorkan Semangat Satgas TMMD Reg Kodim Sleman

“Latihan ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit sekaligus menjaga tingtkat kesiapan tempur,” tegas Letkol Helmy.

Ditambahkan Danyonif Mekanis 403/WP, bahwa keuntungan penggunaan RCWS diantaranya meliputi petembak dapat melakukan penembakan secara terlindung dari dalam kendaraan atau bangunan. Dengan menggunakan FCS, perkenaan tembakan menggunakan RCWS lebih akurat dibandingkan penembakan manual.

“Dengan adanya sensor kamera dan thermal, RCWS dapat membantu pengamatan (surveillance) dan dioperasikan pada siang maupun malam hari,” sambungnya.

Baca juga   TMMD Reguler Kodim Sleman Resmi Ditutup

Pada kesempatan latihan dengan menggunakan kendaraan tempur (Ranpur) Anoa, selain menggunakan persenjataan, prajurit juga meningkatkan pola perawatan pada kendaraan tempur tersebut. Tampak sejumlah prajurit berlatih dengan semangat, konsentrasi serta penuh dengan ketelitian.

“Diharapkan dengan adanya RCWS dilanjutkan dengan latihan secara bertahap dan berkelanjutan dapat memberi manfaat kepada para prajurit Yonif Mekanis 403/WP lebih profesional dan mahir sekaligus profesional,” tandas Letkol Helmy.  (N2)

Share :

Baca Juga

TNI Angkatan Laut memastikan kebakaran MV Abu Samah berhasil dipadamkan Selasa (1/11/2022), meskipun masih terjadi kepulan asap kecil dari cerobong. Namun demikian penyemprotan telah dihentikan. Foto: Dispenal

Militer

TNI AL Jamin Keamanan Alur Pelayaran Selat Sunda Pasca Terbakarnya MV Abu Samah
Foto: Dispenad

Militer

Kodam III/Siliwangi Batalkan Baiat 50 Anggota NII
Personel TNI Kodim 0821 Lumajang melibatkan relawan untuk memberikan pengobatan pada korban Erupsi Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Senin (20/12/2021). (Foto:MC Kab. Lumajang/Pendim 0821)

Militer

Berikan Layanan Kesehatan, TNI Pastikan Korban Erupsi Gunung Semeru dalam Kondisi Sehat
Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Afianto membagikan bingkisan lebaran kepada seluruh anggota Milter dan PNS Makorem 072/Pamungkas, Senin (25/4/2022). Foto: Penrem072/Pmk

Militer

Jelang Idulfitri 1443 H, Danrem 072/Pamungkas Berbagi Kebahagiaan
Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Ajak Anak-anak Pegunungan Tengah Papua Belajar dan Bermain
Foto: Pendim 1710/Mimika

Militer

Pangdam XVII/Cenderawasih Tinjau Langsung Pelaksanaan TMMD Reg ke-114 di Kokonao
Foto: Penrem072/Pmk

Militer

Danrem 072/Pamungkas Tutup TMMD Reguler ke-115 Kodim 0730/Gunungkidul
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Satgas Yonif 126/KC Kembali Gelar Pengobatan Massal “Untukmu Papuaku”