Home / Militer

Jumat, 5 Agustus 2022 - 21:30 WIB

Menjaga dan Meningkatkan Kemampuan Militer, Prajurit Yonmek 403/WP Latihan RCWS

Prajurit Yonif Mekanis 403/WP tampak serius dan bersemangat melaksanakan latihan RCWS. (Foto: Istimewa)

Prajurit Yonif Mekanis 403/WP tampak serius dan bersemangat melaksanakan latihan RCWS. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Sleman – Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 403/WP, Jumat (5/8/2022) melaksanakan kegiatan latihan militer dengan program latihan Remote Control Weapon System atau Remote Control Weapon Station (RCWS). RCWS adalah sebuah sistem senjata yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, dan pada umumnya dilengkapi dengan alat kendali tembak Fire Control System (FCS).

Danyonif Mekanis 403/WP Letkol Inf Helmy yang memimpin langsung kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa istilah RCWS pada umumnya merujuk kepada penggunaan senjata kaliber ringan dan sedang dengan pemasangan di kendaraan darat atau laut. Sering juga RCWS ditempatkan untuk pertahanan titik (pangkalan).

Baca juga   Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Berikan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Perbatasan RI-PNG

“Latihan ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit sekaligus menjaga tingtkat kesiapan tempur,” tegas Letkol Helmy.

Ditambahkan Danyonif Mekanis 403/WP, bahwa keuntungan penggunaan RCWS diantaranya meliputi petembak dapat melakukan penembakan secara terlindung dari dalam kendaraan atau bangunan. Dengan menggunakan FCS, perkenaan tembakan menggunakan RCWS lebih akurat dibandingkan penembakan manual.

“Dengan adanya sensor kamera dan thermal, RCWS dapat membantu pengamatan (surveillance) dan dioperasikan pada siang maupun malam hari,” sambungnya.

Baca juga   Beragam Hambatan Tak Kendorkan Semangat Satgas TMMD Reg Kodim Sleman

Pada kesempatan latihan dengan menggunakan kendaraan tempur (Ranpur) Anoa, selain menggunakan persenjataan, prajurit juga meningkatkan pola perawatan pada kendaraan tempur tersebut. Tampak sejumlah prajurit berlatih dengan semangat, konsentrasi serta penuh dengan ketelitian.

“Diharapkan dengan adanya RCWS dilanjutkan dengan latihan secara bertahap dan berkelanjutan dapat memberi manfaat kepada para prajurit Yonif Mekanis 403/WP lebih profesional dan mahir sekaligus profesional,” tandas Letkol Helmy.  (N2)

Share :

Baca Juga

Para BKO tenaga kesehatan TNI telah tiba di Yogyakarta guna membantu penanganan covid-19. (Foto: dokumentasi Kodim Yogya)

Militer

Bantu Penanganan Covid-19, Tenaga Kesehatan BKO TNI Tiba di Yogyakarta
Bakamla RI Bersama United Nation On Drugs And Crime (UNODC) Kembali menggelar Latihan Terkoordinasi Visit Board Search and Seizure (VBSS) gelombang ke-2 di Pusat Pelatihan Maritim Bakamla RI, Jembatan 2 Barelang, Kota Batam, Senin (1/8/2022). Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Bakamla RI dan UNODC Kembali Gelar Latihan VBSS Training Course
Danrem 072/Pmk Ibnu Bintang Setiawan,, S.I.P,. M.M. dalam sambutannya. Foto:nyatanya.com/Dok Penrem 072/Pmk

Militer

Korem 072/Pamungkas Laksanakan Komsos dengan Masyarakat, Jalin Kekompakan dan Kebersamaan
(Foto: Penrem 072/Pmk)

Militer

Kenali Sejarah dan Budaya, Korem 072/Pamungkas Gowes ke Candi Prambanan
Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom S.I.P memimpin upacara kenaikan pangkat 24 Prajurit Kodim 1006/Banjar. (Foto: Humas Kodim 1006 Banjar)

Militer

24 Prajurit Babinsa Kodim Banjar Naik Pangkat
Dandim 0706 Temanggung, Letkol CZi Kurniawan Hartanto memberi semangat dan motivasi pada siswa SD Santa Maria Temanggung dalam mengikuti vaksinasi Covid-19, Kamis (6/1/2022). (Foto: MC.TMG)

Militer

Dandim 0706 Temanggung Semangati Siswa SD Jalani Vaksinasi Covid-19
Dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) produksi Industri Pertahanan dalam negeri menambah kekuatan Armada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. (Foto: Dispenal)

Militer

Dua KRI Baru Perkuat Power Support dan Striking Force Armada TNI AL
Prajurit Satgas mulai memasang genteng rumah milik Kasio. (Foto: Pendim 0732/Sleman)

Militer

RTLH TMMD Kodim Sleman Masuki Tahap Memasang Genteng