Home / News

Selasa, 22 Februari 2022 - 19:08 WIB

Menkeu Sri Mulyani: Januari 2022 APBN Surplus Rp28,9 Triliun

Menkeu Sri Mulyani. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menkeu Sri Mulyani. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menjadi sebuah kabar gembira, setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada Januari 2022 mengalami surplus sebesar Rp28,9 triliun, setara dengan 0,16 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Hal itu, terjadi seiring dengan kenaikan penerimaan negara dibandingkan dengan belanja.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengatakan total penerimaan negara per Januari 2022 sebesar Rp156 triliun atau naik 54 persen dari Januari 2022 yang sebesar Rp100,7 triliun.

Penerimaan perpajakan sebesar Rp134 triliun atau naik 65 persen secara tahunan dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp22 triliun atau naik 11 persen secara tahunan.

Sementara, belanja negara tercatat sebesar Rp127 triliun atau turun 13 persen secara tahunan per Januari 2022. Angka itu setara dengan 6 persen dari target belanja yang sebesar Rp2.714 triliun.

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan defisit sebesar Rp868 triliun atau 4,85 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dalam APBN 2022.

Baca juga   Beberapa Jam Lagi Harga BBM Naik! Pertamina Mengimbau Masyarakat Tak Perlu Panik

Sementara, realisasi defisit APBN sepanjang tahun lalu sebesar Rp783,7 triliun. Angka itu setara dengan 4,65 persen terhadap PDB.

Realisasi defisit APBN 2021 turun jika dibandingkan dengan 2020 yang mencapai Rp947 triliun atau 5,14 persen terhadap PDB.

Menkeu memaparkan, realisasi pembayaran subsidi energi per akhir Januari 2022 mencapai Rp10,2 triliun yang jauh lebih tinggi dibanding Januari tahun lalu sebesar Rp2,3 triliun.

“APBN sangat nyata dalam melindungi masyarakat yaitu dari kenaikan harga energi yang sangat tinggi,” kata Menkeu.

Sri Mulyani menjelaskan peningkatan terjadi karena adanya percepatan pencairan kurang bayar di awal tahun ini yakni subsidi BBM dan LPG 3 kilogram 2020 di 2022.

Ia mengatakan harga minyak yang sempat sangat tinggi, turut berimplikasi pada pembayaran subsidi energi yang juga menjadi lebih besar.

Pemberian subsidi itum dilakukan dalam rangka membantu masyarakat di tengah krisis ekonomi akibat Covid-19 dan berbagai gejolak global.

Baca juga   Di Hari Ulang Tahunnya, Jokowi Dapat Kejutan dari Megawati

“Itu APBN menjadi garda atau sarana yang melindungi masyarakat namun ini juga menjadi beban cukup nyata bagi APBN,” ungkap Menkeu.

Sementara untuk subsidi nonenergi meliputi subsidi pupuk, bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) dan Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP).

Realisasi dari penyaluran subsidi pupuk per Januari 2022 adalah 0,7 juta ton yang sama dengan penyaluran Januari tahun kemarin.

Untuk subsidi bunga KUR per Januari 2022 telah diberikan kepada 0,58 juta debitur atau meningkat dari Januari 2021 yaitu 0,35 juta debitur sedangkan kredit KUR per Januari 2022 disalurkan sebesar Rp23,16 triliun naik dari periode sama tahun lalu Rp13,42 triliun.

“Anggaran subsidi ini langsung dinikmati masyarakat yang dilihat dari stabilitas harga BBM, LPG, pupuk dan KUR yang suku bunganya di subsidi,” ujar Menkeu.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Mahfud MD. Foto: Jhon/ InfoPublik

News

Berlaku Tiga Tahun Lagi, Menko Polhukam: KUHP Bukan untuk Lindungi Presiden
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari ke-9 PPKM Darurat, Covid-19 di DIY Bertambah 1.895 Kasus
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: Tangkapan Layar Youtube Kemenkes

News

Pemerintah Kejar Lima Terget Konkret dalam Pertemuan Menteri Kesehatan G20
Masyarakat bisa melaporkan kerusakan jalan dan jembatan melalui aplikasi Jalan Cantik. Penanganan akan dilakukan setidaknya kurang dari 24 jam. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Jalan Rusak? Laporkan Aja Pakai Aplikasi Jalan Cantik, Ditangani Kurang dari 24 Jam
Sekitar 30 perwakilan dari berbagai kelompok suporter klub sepak bola Indonesia bertemu dengan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kamis (6/10/2022). Foto: Humas Kemenko Polhukam

News

Puluhan Perwakilan Suporter se-Indonesia Beri Masukan Ini ke TGIPF Kanjuruhan
Ilustrasi: nyatanya.com

News

60 Warga Mertoyudan Sembuh dari Covid-19
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Terkonfirmasi Covid-19 di Magelang Tinggal 98 Orang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima silaturahmi dari Keuskupan Agung Semarang, di Kantor Gubernur, Selasa (17/5/2022). Foto: Humas Jateng

News

Terima Silaturahmi Keuskupan Agung Semarang, Ganjar: Ini Tradisi yang Harus Kita Rawat