Home / Peristiwa

Jumat, 3 September 2021 - 13:25 WIB

Menko PMK Dukung Pembangunan Ulang Rusunawa Semanggi

Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi, Rabu (2/9/2021).

Menko PMK menilai kebijakan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming ini sangat bagus, mengingat kondisi bangunan tersebut dinilai sudah tidak layak huni. “Kebijakannya sangat bagus, wong bangunannya tidak layak ini,” terangnya.

Menurut Muhajir rusunawa dua tower empat lantai itu memang sudah dalam kondisi tidak layak huni. Melihat banyaknya kerusakan seperti korosi dan kerusakan lain membuat Muhadjir memberi dorongan Pemkot untuk pembangunan ulang rusunawa Semanggi.

Baca juga   Korem 072/Pamungkas Gelar Komsos dengan Pemda DIY

“Ini sangat berbahaya karena banyak korosinya, besi-besinya juga sudah keluar. Saya dukung,” tandas Menko PMK.

Dalam kunjungan kerjanya di Surakarta, Menko PMK juga mengunjungi lokasi daerah alokasi khusus 4 terintegrasi di Kelurahan Mojo.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK memberikan apresiasi bahwa warga terdampak justru mendapatkan kenaikan keterampilan dengan menjadi tukang besi dan membantu pengecoran.

Ia menjelaskan ini sebagai wujud pemberdayaan masyarakat tidak hanya diberi bantuan namun juga mendapatkan keterampilan.

Baca juga   Pemkab Blora Berikan Bantuan pada Korban Kebakaran

“Untuk pembangunan perumahan skala kecil seperti ini dibutuhkan keterampilan dari masyarakat. Tadi yang bekerja adalah semua warga yang punya rumah yang harus dipindah itu. Dan mereka semula kernet, sopir, sekarang mendapat kenaikan keterampilan,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada calon penghuni agar merawat rumah. Ia mewanti-wanti meskipun bangunan bagus namun jika tidak dirawat akan beresiko kerusakan rumah pada jangka pendek. (*)

Share :

Baca Juga

Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya meninjau progres pembangunan sarana pelengkap terminal di lantai 2 berupa convention hall. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Tirtonadi Jadi Percontohan Nasional Revitalisasi Terminal Tipe A di Tanah Air
Api berhasil dipadamkan, dan dijumpai seluruh perangkat komputer hangus. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Laboratorium Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Dilalap Jago Merah, 30 Komputer Gosong
Pasar Beringharjo Barat sudah mulai dibuka dengan pembatasan. Foto diambil pada hari pertama PPKM Darurat Jawa Bali, Sabtu (3/7/2021).(Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

Peristiwa

Pasar Non Esensial di Yogya Kembali Buka dengan Prokes Ketat
Pemulasaran jenazah mulai libatkan tim KTB. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

KTB Mulai Dilibatkan dalam Pemulasaran Jenazah
GPH Wijoyo Kusumo ngidung ngusir bencana. (Foto: Rakhmat Supriyono)

Peristiwa

Kenduren Tutup Suro Doa untuk Negeri
Walikota Surakarta, Gibran Rakabumining saat menyerahkan bantuan oxygen concentrator kepada Pemkab Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Giliran Klaten Dapat Bantuan Oxygen Concentrator dari Pemkot Surakarta
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 1 Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Terus Gencarkan Vaksinasi Bagi Pelajar
Menjalani isolasi terpusat, lebih terkontrol pasien daripada isoman di rumah. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pengin Cepat Sembuh, Dwi Astuti Akui Nyaman di Isolasi Terpusat