Home / Peristiwa

Jumat, 3 September 2021 - 13:25 WIB

Menko PMK Dukung Pembangunan Ulang Rusunawa Semanggi

Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi, Rabu (2/9/2021).

Menko PMK menilai kebijakan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming ini sangat bagus, mengingat kondisi bangunan tersebut dinilai sudah tidak layak huni. “Kebijakannya sangat bagus, wong bangunannya tidak layak ini,” terangnya.

Menurut Muhajir rusunawa dua tower empat lantai itu memang sudah dalam kondisi tidak layak huni. Melihat banyaknya kerusakan seperti korosi dan kerusakan lain membuat Muhadjir memberi dorongan Pemkot untuk pembangunan ulang rusunawa Semanggi.

Baca juga   Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sukoharjo Dapat Motor Baru dari Pemkab

“Ini sangat berbahaya karena banyak korosinya, besi-besinya juga sudah keluar. Saya dukung,” tandas Menko PMK.

Dalam kunjungan kerjanya di Surakarta, Menko PMK juga mengunjungi lokasi daerah alokasi khusus 4 terintegrasi di Kelurahan Mojo.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK memberikan apresiasi bahwa warga terdampak justru mendapatkan kenaikan keterampilan dengan menjadi tukang besi dan membantu pengecoran.

Ia menjelaskan ini sebagai wujud pemberdayaan masyarakat tidak hanya diberi bantuan namun juga mendapatkan keterampilan.

Baca juga   Tiga Daerah Ini Diminta Genjot Vaksinasi dalam Dua Minggu

“Untuk pembangunan perumahan skala kecil seperti ini dibutuhkan keterampilan dari masyarakat. Tadi yang bekerja adalah semua warga yang punya rumah yang harus dipindah itu. Dan mereka semula kernet, sopir, sekarang mendapat kenaikan keterampilan,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada calon penghuni agar merawat rumah. Ia mewanti-wanti meskipun bangunan bagus namun jika tidak dirawat akan beresiko kerusakan rumah pada jangka pendek. (*)

Share :

Baca Juga

Sarasehan Bank Sampah Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, Senin (28/11/2022) di Pendopo Kelurahan Panembahan Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Mulai Januari 2023 Warga Kota Yogya Wajib Pilah Sampah Mandiri
Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Peristiwa

Polda Jateng Kembali Bongkar Peredaran Sabu Jaringan Internasional dari Malaysia
Bupati Kulon Progo Sutedjo saat memantau vaksinasi anak di wilayahnya. (Foto: MC. Kab Kulon Progo)

Peristiwa

Ribuan Anak di Kulon Progo Sudah Divaksin Covid-19
Salah satu rumah warga yang mengalami keretakan di bagian dinding akibat fenomena gerakan tanah di Kabupaten Tegal pada Selasa (7/6/2022). Foto: BPBD Kabutapen Tegal

Peristiwa

Belasan Rumah Retak Terdampak Fenomena Gerakan Tanah di Tegal
Rumah rusak akibat tanah longsor di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara , Jumat (12/11). (Foto: BPBD Kabupaten Deli Serdang)

Peristiwa

Tanah Longsor di Deli Serdang, Satu Orang Meninggal Dunia
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang Yulies Nuraya. (Foto: MC Kab Pemalang)

Peristiwa

Masyarakat Diminta Sadar Vaksinasi Booster, Jangan Tunggu Petugas “Door to Door”
Pameran Fashion Show dan Craft 2021 ini ditujukan untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM dan sebagai sarana promosi produk-produk unggulan dari masing-masing UMKM. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Geliat UMKM Kota Yogya di Pameran Fashion Show dan Craft 2021
Sekolah di Kota Yogyakarta siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Berbagai kesiapan telah dimatangkan, antara lain penegakan protokol kesehatan (prokes) serta memaksimalkan peran Satgas Covid-19 di sekolah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Sekolah di Kota Yogya Mantapkan Kesiapan PTM 100 Persen