Home / News

Kamis, 21 Maret 2024 - 20:05 WIB

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Siap Bantu Terealisasinya Pembangunan Grha Pers Pancasila di Yogyakarta

Direktur Pers Pancasila Sihono HT dan Pengurus PWI Pusat saat beraudiensi dengan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto di kantornya, Jakarta, Kamis 21 Maret 2024. (Foto: Dok.PWI Pusat)

Direktur Pers Pancasila Sihono HT dan Pengurus PWI Pusat saat beraudiensi dengan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto di kantornya, Jakarta, Kamis 21 Maret 2024. (Foto: Dok.PWI Pusat)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mendukung dan siap membantu terealisasinya pembangunan Grha Pers Pancasila di Yogyakarta.

“Selain membangun fisiknya, gedung Grha Pers Pancasila, pembangunan nonfisiknya, yakni Pusat Studi Pers Pancasila juga harus disiapkan. Dan yang tidak kalah penting sdmnya, pengelolanya juga harus disiapkan,” ujar Hadi Tjahjanto, saat menerima audiensi pengurus PWI Pusat di kantornya, Jakarta, Kamis 21 Maret 2024.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengaku senang dengan gagasan Pers Pancasila yang muncul dari wartawan, khususnya dari PWI. Karena, menurutnya, membangun wawasan kebangsaan bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga dari wartawan.

Diharapkan dari wartawan, nantinya akan tersiarkan informasi atau berita, yang mendidik, menghibur, dan mengontrol, tetapi juga memiliki nilai nasionalisme.

Pada audiensi tersebut Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, mengemukakan bahwa Grha Pers Pancasila rencananya dibangun empat lantai dengan fasilitas multimedia dan pusat studi pers yang bisa dijadikan tempat untuk studi Pers Pancasila di indonesia.

Baca juga   Danramil Gamping Hadiri Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika

Bahkan nantinya juga bisa untuk studi bagi wartawan dari negara-negara lain. Rencananya saat peletakan batu pertama akan dilaksanakan seminar pers Pancasila.

Ketum PWI Pusat juga menyampaikan rencana terkait masalah pendidikan PWI. Nantinya wartawan anggota PWI akan memperoleh pelatihan tentang wawasan kebangsaan dan nilai-nilai filosofinya.

Direktur Pers Pancasila PWI Pusat, Sihono HT, mengemukakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengumpulkan berkas yang diperlukan untuk pembangunan Grha Pers Pancasila (GPP) di Yogyakarta.

Tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY dan Direktorat Bina Penataan Bangunan (BPB) Kementerian PUPR telah mengecek langsung ke lokasi yang rencananya untuk pembangunan GPP.

Saat mengecek lokasi di Kantor PWI DIY di Jalan Gambiran 45 Yogyakarta, pada Kamis 22 Februari 2024, tim dari BPPW DIY dan Direktorat BPB melakukan pengukuran lahan dan foto lokasi dengan drone.

Mereka juga sudah mendapatkan berkas legalitas, antara lain fotokopi sertifikat bahwa tanah yang akan dibangun GPP merupakan Hak Pakai Pemprov DIY dan dipergunakan untuk PWI DIY.

Baca juga   Banjir Bandang Kota Batu, 2 Meninggal Dunia 6 Orang Dilaporkan Hilang

Hal ini berdasarkan Sertifikat Hak: Pakai No. 00071. Sedangkan bangunan atau Gedung PWI DIY milik PWI DIY. Keterangan ini berdasarkan Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Yogyakarta Nomor: 786/R tentang Pemberian Ijin Membangun Bangun Bangunan.

“Pemprov DIY melalui Sekda DIY tidak keberatan atau mengijinkan tanah yang dipakai sebagai Kantor PWI DIY untuk pembangunan Grha Pers Pancasila,” jelas Sihono HT.

Selain itu Tim dari Kementerian PUPR juga mendapatkan analisis perkiraan kebutuhan biaya bangunan gedung GPP. “Analisis biaya ini dari rekomendasi Dinas PU, Perumahan dan ESDM DIY,” ungkap Sihono HT.

Dalam audensi tersebut juga hadir Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Wakil Sekjen Raja Parlindungan Pane, Direktur Pers Pancasila Sihono HT, dan Humas PWI Pusat Riza Awaluddin.

Sedangkan dari jajaran Kemenko Polhukam hadir Deputi Bidang Kordinasi, Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenko Polhukam Republik Indonesia, Marsda TNI, Dr. Arif Mustofa, M.M. (N1)

Share :

Baca Juga

Kapolri Listyo Sigit Prabowo usai menutup Rakernis Logistik Polri di Alana Hotel Yogyakarta, Jumat (3/3/2023). Foto: Ist/Polda DIY

News

Kapolri Tutup Rakernis Logistik Polri Ditandai dengan Penerimaan Keris dari Aslog Kapolri
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

1.038 Kasus Positif Covid-19 di DIY, Sembuh Hari Ini
Foto: ANTARA

News

BNI Optimis Pertumbuhan Kredit 7 Persen di Kuartal I – 2022
Dislutkannak Kabupaten Batang melakukan pemeriksaan intensif sapi yang terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Menguneng Kecamatan Warungasem. (Foto: MC Batang)

News

13 Ekor Sapi di Kabupaten Batang Terindikasi PMK
Jaksa Agung Burhanuddin. (Foto: Dok.Puspenkum Kejagung)

News

Lantik 18 Kajati Baru, Jaksa Agung Minta Kedepankan Hati Nurani
BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali dipercaya sebagai partner untuk menyediakan data pekerja sebagai dasar penentuan calon penerima BSU. Foto: Kemenaker

News

Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan Siap Terima Subsidi Upah Akibat Kenaikan BBM
Danrem 072/Pamungkas memberikan cinderamata usai prajurit menerima pembekalan (Foto” Istimewa)

Militer

Prajurit dan PNS Korem Pamungkas Terima Pembekalan Keterampilan dari PT. Asabri dan BSI Yogyakarta
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang