Home / News

Jumat, 17 Juni 2022 - 18:06 WIB

Menkominfo Dorong Pers Ikut Jaga Solidaritas Nasional Selama Kontestasi Demokrasi

Menkominfo, Johnny G. Plate. Foto: AYH/Humas Kominfo

Menkominfo, Johnny G. Plate. Foto: AYH/Humas Kominfo

NYATANYA.COM, Jakarta – Dalam waktu dekat, Indonesia akan menjalani masa pemilihan umum (Pemilu) atau kontestasi demokrasi, untuk memilih wakil rakyat dan pemimpin daerah hingga presiden.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mendorong pers untuk mentransmisikan berita dan informasi yang mampu menjaga soliditas nasional selama masa pemilu, agar kontestasi dan sirkulasi demokrasi berjalan dengan baik.

“Sehingga memungkinkan output kontestasi demokrasi itu menghasilkan para pemimpin secara hirarkis. Berjenjang. Daerah dan pusat, pemimpin nasional dan kepala pemerintahan sekaligus negara yang berkualitas sesuai tantangan dan kebutuhan zaman 2024-2029,” ujar Menkominfo dalam Seminar Kebangsaan: Pers, Partai Politik, dan Pemilu, di Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022),

“Kita butuh butuh konsolidasi dan kegotong-royongan memperjumpakan titik-titik kekuatan-kekuatan yang terdistribusi bisa bersimpul menjadi sesuatu kekuatan yang dahsyat,” katanya.

Baca juga   Jelang Akhir Tahun, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Magelang Capai 70 Persen

Seminar kebangsaan itu juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar; Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo; Menteri Perdagangan periode Juli 2016 – Oktober 2019, Enggartiasto Lukita; serta tokoh-tokoh prominen industri media.

Menurut Menkominfo Johnny, pers dan penyiaran yang menjadi pilar demokrasi memiliki peran penting sehingga pekerjaannya bukan hal yang mudah karena ada harapan untuk menjadi safe guard.

Dia mengharapkan situasi kontestasi demokrasi di Indonesia tetap terkendali dengan baik, seperti yang terjadi selama ini, agar menjadi pesta yang menggembirakan melalui kontestasi demokrasi yang harmonis.

“Di situlah peran pers dan media penting. Di situlah peran pers dan media dalam seleksi informasi agar yang ditransmisikan pada masyarakat tidak saja akurat dan tepat waktu. Tetapi juga berdampak bagi kehidupan bersama kita sebagai Indonesia yang satu,” katanya.

Baca juga   Sudah Makan Korban, Indonesia Posisi Teratas Kasus Omicron di Asia Tenggara

Menteri Johnny menegaskan, Indonesia perlu meletakkan dan menempatkan pers di tempat yang tepat untuk menjadi penyalur dan transmitter informasi yang akurat kepada masyarakat.

Sebab, pers juga mempunyai peran di sisi lain, yakni untuk menjaga keberlanjutannya sebagai industri.

“Pers tidak saja berada pada sisi koin transmisi informasi, tetapi juga sebagai manifestasi ekspresi demokrasi dan saluran atau kebebasan berpendapat dan berserikat. Di sisi yang lain, harus menjadi industri yang bisa bertumbuh sehat,” tandasnya.

(Was/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Kominfo Sragen)

News

Perketat PPKM, Pemkab Sragen Larang Hajatan dan Arisan
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan sejumlah 120 dari 165 warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina telah kembali ke Tanah Air. (Foto: Kemlu RI)

News

Kemlu Berhasil Evakuasi 120 WNI dari Ukraina, Belasan Lainnya Masih Terkendala Jalur Pertempuran
Presiden RI Joko Widodo melantik duta besar (Dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) untuk sejumlah negara sahabat, Rabu (12/1/2022). (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Lantik 3 Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pemerintah Revisi Aturan PPKM Darurat: Tempat Ibadah Tak Lagi Ditutup, Resepsi Dilarang!
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau daerah terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, di Dusun Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/21) malam. (Foto: MC Kab. Lumajang)

News

Bupati Lumajang: Kami Butuh Tambahan Personil untuk Evakuasi Korban
Pekerja mendirikan wahana permainan saat persiapan Pasar Rakyat UMKM Soloraya di Alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/5/2022). Acara yang akan berlangsung selama sebulan tersebut digelar sebagai upaya pemulihan ekonomi pelaku UMKM dan pengusaha wahana hiburan pasca pandemi Covid-19. ANTARAFOTO/Maulana Surya/foc.

News

Terkendalinya Penanganan Covid-19 Jadi Faktor Pendorong Pemulihan Ekonomi
Tarian Roro Jonggrang ditampilkan pada Gala Dinner delegasi DEWG G20 di kawasan Candi Prambanan, Rabu (18/5/2022). Foto: InfoPublik/Amiriyandi

News

Tari Roro Jonggrang Pukau Delegasi 2nd DEWG G20 Meeting di Yogyakarta
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

Cegah Klaster Baru, Bubarkan PTM yang Digelar Tanpa Izin