Home / Peristiwa

Selasa, 30 November 2021 - 11:26 WIB

Menkominfo: Gotong Royong dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia Luar Biasa


Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: AYH/Humas Kominfo)

Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: AYH/Humas Kominfo)

NYATANYA.COM, Jakarta – Gotong royong masyarakat dalam penanganan Covid-19 di Indonesia dinilai luar biasa.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan, sikap saling membantu sesama ini tak lepas adanya kepemimpinan (leadership) yang memberikan arahan (direktif) yang jelas.

“Nah itu kemampuan kita, kemampuan Presiden (Joko Widodo) jelas, melakukan direktif yang jelas dengan mengambil keputusan atas adaptasi dan agilitas,” ujar Menkominfo dalam acara Indonesia Town Hall “Sambatan Dalam Menghadapi Pandemi” di MetroTV pada Senin malam (29/11/2021).

Acara ini juga turut dihadiri Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menko Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polkam) Mahfud MD, CEO Kita Bisa.com M.Alfatih Timur, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Fadil Imran.

Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Muthi, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Sasmita, Pendiri Rumah Perubahan Reynald Khasali, Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih dan Inisiator Sambatan Yogyakarta Himawan Pradityo.

Baca juga   Operasi Tumpas Narkoba Semeru, Polres Mojokerto Amankan 31 Tersangka

Menurut Menkominfo, pada awal kemunculannya, pandemi Covid-19 merupakan tantangan bersama yang tidak pernah diantisipasi sebelumnya.

Hal ini terbukti dengan ketidaksiapan masyarakat di seluruh dunia dalam menghadapinya sehingga menimbulkan banyak sekali korban.

Namun, seiring dengan perkembangan pandemi, masyarakat Indonesia dinilai telah mampu melakukan adaptasi dan upaya kerjasama yang luar biasa dengan segenap lapisan.

“Kemampuan Indonesia dalam melakukan adaptasi dan agilitas dalam melakukan kebijakan itu jelas. Termasuk menjadi benchmark ketika diskusi dengan pimpinan negara lain terhadap masalah baru. Covid-19 ini masalah baru belum ada negara didunia berpengalaman,” imbuh dia.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, pada awal terjadi pandemi, terjadi kepanikan di dunia fisik maupun maya atau digital.

Situasi ini menurutnya, membuat pemerintah tidak siap untuk memenuhi dan mengontrol anak-anak selama masa pendemi.

”Kita beruntung punya pemimpin tegas yang cepat ambil keputusan,” tutur dia.

Sementara itu, Menko PMK mengatakan, gotong royong adalah salah satu bentuk pengamalan falsafah Pancasila, nilai kemanusiaan tinggi, persatuan, musyawarah dan perikeadilan.

Baca juga   Pemkab Demak Fokus Tangani Kemiskinan Ekstrim di 25 Desa

Konsep gotong royong dinilai juga diterapkan pemerintah melalui kosep pentahelix yang merupakan sinergi antara pemerintah, swasta, perguruan tinggi, kelompok masyarakat madani dan media.

“Peranan negara bukan satu-satunya dalam pengendalian Covid-19, bahkan kalau dihitung mungkin hanya 20 persen, sedangkan sisanya merupakan peran kelompok masyarakat,” kata dia.

Sedangkan Menko Polkam menegaskan sikap gotong royong telah ditunjukkan oleh masyarakat di berbagai daerah dalam mengatasi dampak pengendalian kegiatan untuk mencegah penularan lebih luas.

Dia mencontohkan, masyarakat di Yogyakarta yang saling menolong dengan memberikan makanan atau sayur mayur gratis untuk tetangga mereka yang membutuhkan.

Selain itu Menko Polkam juga menyatakan, gambaran masyarakat yang tidak kompak diciptakan oleh segelintir kelompok yang memiliki kepentingan tertentu dengan menciptakan situasi mencekam.

“Ramai yang tidak kompak itu hanya di medsos. Saya datangi ormas, MUI (Majelis Ulama Indonesia), dan majelis agama lain ternyata mereka sangat kompak menghadapi ini bersama,” kata dia.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Bantul saat meninjau Kelompok Ternak Pandan Mulyo. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Masuk Sektor Unggulan, Ternak Sapi Jadi Perhatian Bupati
Presiden Joko Widodo membuka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lapangan Pondok Pesantren Darussaadah, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung pada Rabu (22/12/2021). (Foto: BPMI SETPRES)

Peristiwa

Presiden: Terima Kasih NU Sudah Turut Menyukseskan Vaksinasi Covid-19
Kirab Budaya Ruwat Bumi Parakan, 1.000 Tumpeng dan Serah Terima Songsong Djojonegoro dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung. Foto: MC Kab.TMG

Peristiwa

Ribuan Orang Saksikan Kirab Budaya Ruwat Bumi Parakan HUT ke-188 Kabupaten Temanggung
Foto: Polda Sumut/Tribratanews

Peristiwa

Kurir Sabu Bandara KNIA Dicokok Polisi, Sebanyak 2.049 Gram Sabu Diamankan
Boyke Frans Katopo terpilih menjadi Ketua baru BPPKB periode 2021 - 2025. (Foto: istimewa/iwan setiawan)

Peristiwa

Boyke Frans Katopo Ketua BPPKB DPC Sukabumi Periode 2021 – 2025
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Peristiwa

Luar Biasa, HPN 2022 di Kendari Dimeriahkan Puluhan Event
Detik-detik Marc Marquez mengalami crash di sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Indonesia 2022. (Foto: Twitter @MotoGP)

Peristiwa

Payah Lur! Ketua BPPD Lombok Tengah Jadi Tersangka Penipuan Tiket MotoGP
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Rebutan Lahan, Sekelompok Massa Ngamuk dan Bakar Bangunan Milik GAJ Padang Ratu