Home / News

Kamis, 3 Februari 2022 - 18:30 WIB

Menkominfo Minta Industri Hiburan Ngebut Migrasi ke Teknologi Digital

Menkominfo, Johnny Gerard Plate. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Menkominfo, Johnny Gerard Plate. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pelaku industri hiburan di Indonesia, diminta segera migrasi dari sistem yang digunakan saat ini ke teknologi digital untuk mengembangkan usahanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, menyatakan migrasi itu penting karena disrupsi teknologi di bidang hiburan semakin cepat, terutama pada masa pandemi Covid-19.

“Kita melihat bagaimana perubahan yang begitu tinggi terhadap film televisi, film serial di televisi, terhadap film-film teatrikal, dampaknya begitu luar biasa sehingga dibutuhkan adaptasi yang cepat dan dibutuhkan agility yang tepat,” ujar Menkominfo dalam acara Peluncuran Eventori Super Apps, yang berlangsung secara hibrida di JCC Senayan, Jakarta, pada Rabu (2/2/2022).

Menurut Menkominfo, disrupsi teknologi juga memberikan dampak besar terhadap peleburan di industri hiburan, khususnya peleburan di industri perfilman.

Baca juga   Pembatasan Mobilitas Nataru untuk Menghindari Lonjakan Covid-19

Oleh karenanya, katanya, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) bidang hiburan yang memiliki kecakapan digital mumpuni agar bisa mampu bersaing dan mengikuti perkembangan industri hiburan yang dinamis.

“(Disrupsi teknologi) Harus direspons oleh para talenta industri hiburan dengan mengembangkan diri agar makin cakap digital,” imbuh Menkominfo.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, migrasi ke teknologi digital juga menjadi upaya agar industri hiburan nasional mendapat keuntungan dari perkembangan industry hiburan global.

Hal itu didasarkan data valuasi industri hiburan global pada 2021 lalu tidak kurang dari US$2 triliun (sekitar Rp28,7 kuadraliun) dan tumbuh compound and world growth rate-nya sebesar 6,7 persen.

Baca juga   Menkominfo: Peran Strategis Pers akan Terus Berkelanjutan

“Tinggi sekali. Di Indonesia pun demikian, tadi datanya disampaikan kepada saya bahwa di 2021 yang lalu valuasinya sekitar US$10,7 Miliar (sekitar Rp15,3 triliun). Dan diproyeksikan pada tahun 2025 prognosisnya mencapai US$15 Miliar (sekitar Rp21,5 triliun) atau compound annual growth rate sekitar 8,7 persen,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Johnny, disrupsi teknologi juga ikut berdampak terhadap produksi, pemasaran, dan distribusi sektor industri hiburan.

Bahkan menurutnya saat ini, preferensi konsumen juga telah berubah, sehingga harus diikuti oleh perubahan pola dan gaya marketingnya.

“Di dunia, industri hiburan bertumbuh dan berkembang luar biasa besarnya akibat disrupsi teknologi ini,” pungkasnya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: KemenkoPMK

News

Pencairan Dana Stimulan Terdampak Gempa Cianjur Dipercepat, Rusak Berat dari Rp50 Juta Naik Jadi Rp60 Juta
Foto: Dok KPK

News

KPK Tahan Hakim Agung Tersangka Suap Pengurusan Perkara di MA
Kepala BMKG, Dwikorita menerangkan ada tiga titik rawan bencana terutama banjir di Tol Cipali saat libur Nataru. Foto: Ist

News

BMKG: Ini Tiga Titik Rawan Banjir di Tol Cipali yang Perlu Diwaspadai Saat Libur Nataru
Foto: MC.TMG

News

Temanggung Masuk 12 Besar Innovation Government Award 2022
Jaksa Agung Muda tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah, dalam konferensi pers, Jumat (14/1/2022). (Foto: Tangkapan Layar Kejagung)

News

Naik ke Penyidikan, Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Korupsi Proyek Satelit Kemhan
Rumah warga yang mengalami kerusakan akibat tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. (Foto: BPBD Kabupaten Banjarnegara)

News

Longsor di Kabupaten Banjarnegara, 4 Warga Meninggal Dunia
Bupati Kustini Sri Purnomo mengukuhkan jaringan Petani Milenial dan Kelompok Tani. (Foto: Humas Sleman)

News

Bupati Sleman Kembali Kukuhkan Jaringan Petani Milenial, Kali Ini di Sendangtirto
Seorang WNI memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di World Trade Center, Kuala Lumpur, Minggu (10/3/2024). ANTARA FOTO/Virna Puspa Setyorini/tom

News

Catatan dari Penyelenggaraan PSU Kuala Lumpur, Pemilih Minim Informasi