Home / News

Sabtu, 9 April 2022 - 00:10 WIB

Menkominfo: Spanyol akan Ikut Biayai Proyek Infrastruktur TIK di Indonesia

Menkominfo usai menerima kunjungan Dubes Spanyol Francisco De Asis Aguilera Aranda di kantornya, Jumat (8/4/2022). Foto: Wahyu Sudoyo/InfoPublik

Menkominfo usai menerima kunjungan Dubes Spanyol Francisco De Asis Aguilera Aranda di kantornya, Jumat (8/4/2022). Foto: Wahyu Sudoyo/InfoPublik

NYATANYA.COM, Jakarta – Spanyol dipastikan akan ambil bagian dalam pembiayaan proyek pembangunan infrastruktur di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, mengungkapkan keikutsertaan tersebut akan diawali dengan penyampaian dokumen penawaran pembiayaan (financing offer) dari pemerintah Kerajaan Spayol dalam dua minggu kedepan.

“Jadi Bapak Duta Besar (Dubes Spanyol Francisco De Asis Aguilera Aranda ) menyampaikan pada saya bahwa dalam waktu dekat, dia satu hingga dua minggu kedepan akan menyampaikan financing offer dari pemerintah Spanyol untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur TIK di Indonesia,” ujar Menkominfo usai menerima kunjungan Dubes Spanyol Francisco De Asis Aguilera Aranda di kantornya, Jumat (8/4/2022).

Lebih lanjut Menteri Johnny menjelaskan saat ini ada beberapa proyek yang telah masuk dalam daftar proyek (project list) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang rencananya akan dibiayai oleh pemerintah Spanyol.

Baca juga   Menkominfo: Vendor Perangkat Komunikasi Wajib Penuhi TKDN 35 Persen

Pemerintah Spanyol, katanya, ingin mengambil bagian dalam proyek pembangunan infrastruktur digital upstream dan infrastruktur digital downstream.

“Kami dari Kementerian Kominfo membuka ruang kerja sama yang luas (dengan Spanyol). Tentu dengan batasan-batasan bahwa itu kompetitif dan teknologi yang dibutuhkan juga yang modern yang sesuai dan cocok untuk ke di implementasikan di Indonesia,” jelasnya.

Menteri Johhny juga menyambut baik kerja sama bilateral itu karena hubungan antara pemerintah Indonesia dan Spanyol sudah berlangsung lama.

Hal itu, termasuk kerjasama dukungan pembiayaan antara pemerintah atau government to government (G2G) dan business to business (B2) antara Spanyol dan Indonesia.

“Saya tentu menunggunya dan berharap ini tentu mengacu kepada common praktis ya yang sudah biasa di international financing yaitu mengacu OECD terms and conditions (syarat dan ketentuan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau Organisation for Economic Co-operation and Development) dan syarat-syarat dari pembiayaan keuangan Indonesia,” katanya.

Baca juga   Waspada Ancaman Stagflasi! Apa Itu?

Sementara itu, Dubes Spanyol mengatakan, pihaknya menawarkan dukungan kerjasama yang lebih luas dengan pemerintah Republik Indonesia, kususnya Kementerian Kominfo.

Kerja sama tersebut akan menyasar sektor infrastuktur TIK Indonesia karena dinilai memiliki prospek yang sangat bagus kedepan, sering gencarnya pembangunan di sektor itu dalam beberapa tahun kedepan.

“Kami telah lama memiliki kerja sama, baik antara pemerintah maupun antara perusahaan kedua negara dan berencana mengembangkan sektor TIK yang memiliki prospek sangat menjanjikan kedepan,” tuturnya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Rp1,2 M Pagu Anggaran 9 Parpol di Purbalingga Diserahkan
Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Istimewa/InfoPublik)

News

Ditemukan Penyimpangan 78 Ton Minyak Goreng Curah Bersubsidi
Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit bersama Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi saat pengecekan Satgas Penanganan Karhutla. (Foto: Dokumen Polres Sukoharjo)

News

Polres Sukoharjo Laksanakan Apel Gelar Pasukan Satgas Penanganan Karhutla
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Papua, Khairul Lie menegaskan penanganan atlet dan official kontingen PON XX Papua yang terkonfirmasi positif Covid-19, dengan cepat dan tanggap. (Foto: MC Kominfo PON XX Papua Klaster Jayapura)

News

17 Kasus Covid-19 PON XX di Jayapura Tertangani dengan Cepat
Foto: Humas Jateng

News

Terungkap! Pembebasan Lahan Jadi Kendala, Ganjar Bentuk Timsus Percepatan Pembanguan Tol Semarang-Demak
Presiden Jokowi beserta rombongan terbatas meninjau langsung Persemaian Mentawir, di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022). (Foto:BPMI Setpres/Laily Rachev)

News

Presiden: Mengawali Pembangunan IKN dengan Merehabilitasi Hutan
Pemerintah berencana membatasi penjualan Pertalite melalui aplikasi MyPertamina imbas kenaikan harga minyak dunia. Foto: Ist

News

Mobil dan Motor Ini Dilarang Isi Pertalite, Daftar MyPertamina Sudah Pasti Ditolak
Danrem 072/Pamungkas memberikan cinderamata usai prajurit menerima pembekalan (Foto” Istimewa)

Militer

Prajurit dan PNS Korem Pamungkas Terima Pembekalan Keterampilan dari PT. Asabri dan BSI Yogyakarta