Home / News

Jumat, 19 Januari 2024 - 10:16 WIB

Menkominfo Tegaskan Segera Takedown Konten Hoaks Maksimal 1×24 Jam

NYATANYA.COM, Jakarta – Konten hoaks yang muncul di berbagai platform digital dipastikan akan segera diputus aksesnya atau takedown dalam 1x 24 jam, untuk menjaga kedamaian ruang digital nasional dan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

“Kami dari Kominfo punya posisi bahwa hoaks 1 x 24 jam pasti akan kita selesaikan secara adat digital alias di-takedown. Hampir ratusan kita sudah take down,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi dalam keterangannya terkait Diskusi #DemiIndonesia Memilih di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis (18/1/2024).

Menkominfo Budi Arie mengatakan, fenomena kekacauan informasi di ruang digital berupa misinformasi, disinformasi maupun malinformasi dan hoaks didorong oleh tiga elemen utama.

Pertama adalah aktor yang secara aktif terlibat dalam tiga fase kekacauan informasi.

Kedua, pesan yang dapat dikomunikasikan secara langsung melalui teks maupun dalam format audio visual.

Ketiga, penerjemah atau khlayak yang menginterpretasi informasi berdasarkan latar belakang sosio politik dan kultural masing-masing.

Baca juga   2.541 Rumah Terendam Banjir di Sekadau KalBar, Satu Warga Meninggal Dunia

“Ketiganya disebar dengan tiga tahapan dalam proses produksi hingga penyebaran yakni penciptaan narasi pembuatan produk media dan distribusi informasi,” jelasnya.

Menurut Menkominfo, pemerintah memiliki tanggung jawab dalam menjaga Pemilu agar bisa berjalan dengan damai.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo terus berupaya mengantisipasi dan menangani persebaran hoaks.

“Karena itu tanggung jawab pemerintah untuk menghadirkan Pemilu Damai di 2024, Pemilu yang aman dan Pemilu yang berkualitas,” ungkap Menteri Budi Arie.

Kendati demikian, kewaspadaan terhadap berbagai bentuk gangguan informasi dinilai perlu ditingkatkan di berbagai kalangan masyarakat.

Misalnya melalui Kampanye Pemilu Damai 2024 untuk meningkatkan partisipasi pemilih, antisipasi SARA, dan menjaga ruang digital agar tetap sehat dan kondusif.

“Pemilu Damai 2024 merupakan upaya bersama untuk mewujudkan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Oleh karena itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan cerdas dan bijak, menolak narasi yang berkaitan dengan isu polarisasi terutama SARA dan perpecahan bangsa serta menjaga ruang digital agar tetap aman, bijaksana dan kondusif,” kata Budi Arie Setiadi.

Baca juga   Pelopori Perda Pendidikan Pancasila, DIY Tuai Pujian dari Wantimpres RI

Dia juga mengingatkan generasi muda agar meningkatkan peran mereka dalam menentukan nasib demokrasi Indonesia ke depan.

Sebab, kualitas demokrasi ditentukan kualitas narasi, ide dan juga partisipasi kaum muda dan mereka memiliki peran penting dalam perkembangan pembangunan bangsa, terutama dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

“Karena seluruh perubahan di dunia itu selalu anak muda penentunya. Dari literatur sejarah, baik sosial maupun politik perubahan besar selalu dimulai oleh anak muda. Anak muda yang menentukan perjalanan bangsa ini ke depan karena Indonesia maju 2045 itu di tangan kalian semua. Karena itu kita titipkan nasib bangsa ini kepada kaum muda di Indonesia,” jelasnya. (N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

News

629 Orang Lolos Seleksi Administrasi Calon Anggota KPU dan Bawaslu
Rakor mengantisipasi adanya lonjakan mobilitas jelang malam pergantian tahun dan arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. (Foto: Kemenhub)

News

Pemerintah Siapkan Skenario Antisipasi Arus Balik Nataru, Inilah Titik Krusialnya
Foto: ANTARA

News

Kemendagri: Seluruh Daerah Terapkan PPKM Level 1, Kecuali Satu Kabupaten Masih Level 2
Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat menghadiri pencanangan Kampung Pancasila yang diprakarsai oleh Kodim 0706 Temanggung, di Dusun Nglarangan, Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Selasa (5/4/2022). Foto: MC Kab.TMG

News

Desa Getas Jadi Role Model Kampung Pancasila di Kabupaten Temanggung
Sebanyak 51 pengemudi bus mengikuti pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinkes Kota Yogyakarta di Terminal Giwangan, Jumat (23/12/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Puluhan Pengemudi Bus Angkutan Nataru di Terminal Giwangan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti. (Foto: dok. InfoPublik)

News

Dinkes DKI Pastikan Varian Omicron Tidak Ditemukan di Jakarta
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Indonesia Level Satu Transmisi Komunitas Kasus Covid-19, Begini Penjelasan Kemenkes
Ilustrasi, pkerja melakukan bongkar muat Vaksin Covid-19 Moderna setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/10/2021). Indonesia menerima vaksin Moderna sebanyak 819.600 dosis vaksin jadi dan siap pakai. (Foto: Infopublik/Amiriyandi)

News

Indonesia Tambah Pasokan 2 Juta Dosis Vaksin Pfizer